Sponsors Link

8 Penyebab Jerawat di Payudara Pada Wanita

Sponsors Link

Jerawat merupakan permasalahan kulit yang seringkali muncul di wajah. Akan tetapi, jerawat juga bisa muncul di bagian tubuh lainnya, seperti misalnya punggung, perut, tangan, kaki, atau bahkan payudara pada wanita. Segala sesuatu tentang jerawat selalu membuat kita jengkel dan kesal, apalagi jika jerawat muncul di tempat yang tidak terduga di saat yang tidak tepat.

Sponsors Link

Jika anda seorang wanita, pernahkah anda menjumpai munculnya jerawat di payudara? Jika ya, tentunya hal ini mengganggu kegiatan anda sehari-hari. Saat kemunculan jerawat di payudara, tentunya anda merasa was-was dan menjadi tidak nyaman. Anda juga perlu mengetahui penyebab jerawat di punggung dan cara mengatasi jerawat di punggung dan dada secara alami.

Munculnya jerawat tentunya akan memberikan dampak psikologis akibat jerawat, yaitu seperti menurunnya rasa percaya diri, kesal, jengkel, dan tidak nyaman. Timbulnya jerawat di payudara tentunya bukan suatu hal yang wajar dialami setiap hari. Akan tetapi, sebenarnya hal ini dialami oleh banyak wanita. Seluruh area payudara dapat tumbuh jerawat, termasuk pada puting susu atau areola.

Penyebab

Sampai saat ini, jerawat yang muncul di payudara belum memiliki cara dan obat untuk perawatan khusus dalam penyembuhannya. Oleh sebab itu, akan lebih baik bila anda mencegah timbulnya jerawat di payudara dan mengetahui apa penyebab timbulnya jerawat di payudara. Penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal sehingga anda perlu mengetahui dengan seksama.

Berikut ini ialah penyebab timbulnya jerawat di payudara:

1. Keringat

Payudara merupakan area yang tertutupi sehingga berpotensi terjadi penumpukan keringat. Pada keringat biasanya terdapat kotoran dan bakteri karena lebih mudah tumbuh. Hal ini tentunya menjadi pemicu timbulnya jerawat di payudara, karena jerawat disebabkan oleh bakteri seperti Propionibacterium acnes, Staphylococcus epidermidis, dan Staphylococcus aureus. 

Untuk mencegah penyebab yang satu ini, maka anda perlu menjaga kebersihan kulit, terutama setelah melakukan aktivitas yang membuat berkeringat. Selain itu, gunakanlah pakaian dan bra yang menyerap keringat, terutama yang terbuat dari katun sehingga tidak terjadi penumpukan keringat di payudara.

Anda juga perlu mengetahui :

2. Pemakaian Bra Terlalu Ketat

Ukuran bra yang sesuai dengan payudara merupakan faktor penting bagi seorang wanita agar tetap nyaman dalam kegiatan sehari-hari serta untuk menjaga kesehatan payudara. Akan tetapi, seringkali ukuran yang tidak pas dan terlalu ketat tetap digunakan oleh para wanita.

Apabila ukuran bra kekecilan atau terlalu ketat, maka akan membuat kulit payudara menjadi sulit bernafas dan menjadi tertekan. Akibatnya, keringat yang dihasilkan akan semakin menumpuk dan terkurung di dalam bra. Pori-pori kulit dapat membuka dan menutup. Apabila keringat yang menumpuk masuk kembali ke dalam kulit, maka dapat membawa kotoran dan bakteri sehingga sangat berpotensi menjadi penyebab jerawat.

Maka dari itu, gunakanlah bra dengan ukuran yang sesuai. Bagi anda pecinta olahraga, gunakanlah sports bra hanya pada saat anda berolahraga karena sports bra cukup ketat bagi kulit anda. Penting bagi anda untuk menggunakan bra yang memiliki cup sehingga memberi ruang bagi payudara untuk pertukaran udara.

Anda juga perlu mengetahui :

Sponsors Link

3. Hormon

Seperti yang kita ketahui, jerawat juga dipicu oleh hormon tubuh, terutama bagi wanita yang setiap bulannya mengalami siklus menstruasi. Perubahan hormon pada wanita juga terjadi saat hamil dan masa pubertas, dimana seringkali menimbulkan jerawat secara tiba-tiba.

Faktor hormon tidak dapat kita kendalikan karena bergantung pada masing-masing pribadi dan berbeda-beda. Ada baiknya saat hormon anda sedang tidak seimbang, hindari makanan yang berlemak, pedas, dingin, atau santan. Sebaliknya, konsumsilah makanan sehat seperti buah dan sayur-sayuran untuk menyeimbangkan hormon tubuh.

Anda juga perlu mengetahui :

4. Kelenjar Minyak

Tahukah anda bahwa pada payudara juga terdapat kelenjar minyak? Seperti yang kita ketahui, kulit yang berminyak lebih rentan timbul jerawat. Produksi minyak yang berlebih bisa saja terjadi tidak hanya pada kulit wajah, tetapi juga pada kulit payudara sehingga turut menjadi penyebab timbulnya jerawat di payudara.

Anda juga perlu mengetahui Pelembab Dan Pembersih Untuk Kulit Berjerawat Dan Berminyak

5. Kebersihan

Kebersihan sangat krusial menjadi penyebab timbulnya jerawat. Dalam hal ini, tidak hanya kebersihan kulit payudara, tetapi juga kebersihan bra yang digunakan sehari-hari. Hindari penggunaan bra berhari-hari dan sebaiknya anda mengganti bra setiap hari atau maksimal dua hari sekali saat mandi sehingga terjamin kebersihannya.

Selain penggunaan bra yang bersih, jangan lupa untuk selalu mandi setelah berkeringat yang berlebih atau setelah melakukan aktivitas yang membuat badan kotor. Kegiatan sehari-hari seperti debu menyebabkan jerawat dan udara yang tercemar akan mengkotori tubuh kita. Apabila kotoran-kotoran melekat pada badan dan tidak dibersihkan, maka sangat besar kemungkinan menjadi pemicu timbulnya jerawat.

Oleh sebab itu, mandi dan bersihkan tubuh setiap hari dengan menggunakan sabun yang bersih. Anda juga dapat mencoba untuk menggunakan sabun antiseptik atau antibakteri sehingga kuman dan bakteri mati. Selain itu, pastikan agar anda mengeringkan badan dengan benar dan menggunakan handuk yang bersih.

Anda juga perlu mengetahui :

Sponsors Link

6. Gangguan pada Liver dan Ginjal

Ternyata penyebab jerawat di payudara juga disebabkan dari faktor internal, tidak hanya karena faktor gangguan eksternal. Gangguan pada hati dan ginjal ternyata juga berpotensi menimbulkan jerawat di payudara.

7. Gangguan Pencernaan

Faktor internal penyebab jerawat di payudara lainnya ialah karena gangguan pencernaan. Salah satu gangguan pencernaan yang mengakibatkan timbulnya jerawat di payudara ialah karena kesalahan metabolisme lemak sehingga terjadi penumpukan lemak di payudara dan memicu jerawat muncul.

Kelebihan lemak ini juga akan berdampak pada penyakit lainnya. Untuk menghindari hal ini, konsumsilah makanan yang sehat dan hindari makanan berlemak seperti fast food yang mudah mengakibatkan penumpukan lemak di berbagai jaringan.

Anda juga perlu mengetahui : Makanan Penyebab Jerawat Di Wajah Muncul Terus dan Makanan Penghilang Jerawat Dengan Cepat

8. Faktor Keturunan

Faktor lainnya yang dapat menjadi penyebab jerawat di payudara ialah karena faktor genetik atau keturunan sehingga rentan mengalami timbulnya jerawat di payudara. Jika hal ini terjadi pada anda, maka ada baiknya anda menjaga kebersihan, makanan, dan lainnya seperti yang telah disebutkan untuk meredam dan mencegah timbulnya jerawat.

Nah, setelah mengetahui penyebab jerawat di payudara, semoga bermanfaat bagi anda dan menambah informasi, terutama untuk menghindari munculnya jerawat di payudara.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 09th, July 2016 / 07:59 Oleh :
Kategori : Penyebab