Sponsors Link
     Sponsors Link

10 Penyebab Jerawat di Pipi Paling Berbahaya

Advertisement

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa segala sesuatu tentang jerawat akan menimbulkan bencana pada diri kita. Mengapa bisa dikatakan sebagai bencana? Karena adanya jerawat di kulit akan menimbulkan dampak psikologis akibat jerawat yang cukup parah, dimana kita akan menjadi merasa minder terhadap diri kita sendiri, dan tingkat kepercayaan diri kita pun akan berkurang drastis karenanya.

Mungkin kita sudah mengetahui berbagai penyebab jerawat di hidung, penyebab jerawat di punggung, penyebab jerawat di dagu, dan lain-lain. Namun, bagaimana jika jerawat muncul di pipi Anda? Apakah Anda sudah mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang dapat menyebabkan jerawat di pipi? Jika belum, maka berikut ini ulasan mengenai berbagai penyebab jerawat di pipi Anda, sekaligus bagaimana cara mengatasi jerawat di pipi Anda.

1. Kurang Menjaga Kebersihan Wajah

Faktor utama mengapa jerawat bisa timbul di pipi Anda adalah kurangnya Anda dalam menjaga kebersihan wajah. Ketika Anda jarang untuk membersihkan wajah Anda dengan menggunakan air bersih secara berkala dan secara rutin setiap hari, maka tidak heran jika jerawat di pipi bisa muncul.

Mengapa kurang menjaga kebersihan wajah dapat menimbulkan jerawat di pipi?

Tidak bisa dipungkiri jika dalam melakukan aktivitas sehari-hari, pastilah debu menyebabkan jerawat, kotoran, dan bakteri akan menempel di pipi Anda. Nah, jika Anda tidak membersihkan kulit wajah Anda dengan rutin dalam sehari, maka polutan tersebut akan menempel terus di pipi Anda dan tentu saja pori-pori kulit di pipi akan tersumbat karenanya. Jika pori-pori di kulit pipi tersumbat, maka sebum yang dihasilkan oleh kulit akan berinteraksi dengan polutan tersebut, yang dapat menjadi penyebab jerawat meradang dan timbulnya jerawat batu di pipi.

Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk mencuci wajah Anda sebanyak 2 kali dalam sehari dengan mengaplikasikan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat sehingga segala debu, kotoran, bakteri, dan polusi yang menempel di pipi Anda dapat segera disingkirkan agar tidak menimbulkan jerawat di pipi di kemudian hari.

2. Sarung Bantal Yang Jarang Diganti

Tidak bisa dipungkiri jika sarung bantal merupakan salah satu faktor penyebab jerawat di pipi. Sarung bantal merupakan salah satu sarang bakteri dan kuman jika tidak rutin dicuci dan diganti. Jika Anda malas atau tidak rutin mencuci sarung bantal atau menggantinya dengan yang baru, maka tentu saja jerawat di pipi dapat muncul sewaktu-waktu.

Mengapa jarang mengganti sarung bantal dapat menimbulkan jerawat di pipi?

Ketika kita tidur, pastilah kita sering tidur dengan posisi miring, entah itu miring ke kanan ataukah miring ke kiri. Nah, ketika tidur dalam posisi yang miring, pasti pipi kita akan bersentuhan dengan sarung bantal. Seperti yang telah dijelaskan diatas, jika kita malas mencuci dan mengganti sarung bantal, maka besar kemungkinan sarung bantal tersebut akan ditumbuhi bakteri dan kotoran.

Jika pipi kita menempel pada sarung bantal yang dipenuhi bakteri dan kotoran, maka bakteri dan kotoran pada sarung bantal akan berpindah ke pipi kita, yang nantinya akan menjadi penyebab jerawat batu jika berinteraksi dengan sebum. Oleh karena itu, disarankan untuk mengganti sarung bantal secara rutin 1 minggu sekali.

Baca Juga: Penyebab Jerawat Batu di Dagu dan Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Batu di Hidung

3. Penggunaan Handphone

Menggunakan handphone untuk menelepon secara berlebihan ternyata juga dapat berdampak pada timbulnya jerawat di pipi Anda. Tahukah Anda bahwa ternyata handphone juga merupakan tempat favorit bagi berkembangnya bakteri dan kuman yang dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat di wajah dan juga menyebabkan jerawat di pipi?

ads

Mengapa menggunakan handphone dapat menyebabkan jerawat di pipi?

Ketika Anda rutin menggunakan handphone Anda untuk menelepon seseorang, maka tentu saja Anda akan secara refleks menempelkan handphone Anda ke pipi Anda. Nah, bayangkan jika handphone yang Anda gunakan adalah handphone dengan model touchscreen. Handphone model touchscreen tentu saja membutuhkan sentuhan tangan Anda untuk pengoperasiannya bukan?

Padahal kita tahu bahwa tangan kita merupakan sumber bakteri dan ketika kita menyentuh layar handphone dengan tangan, maka segala bakteri, kotoran, dan minyak pada jari kita akan berpindah ke handphone. Nah, jika Anda menempelkan handphone ke pipi Anda saat menelepon, maka tentu saja bakteri dan kotoran di handphone tersebut akan berpindah ke pipi Anda dan jerawat di pipi pun akan muncul.

Baca Juga: Cara Mengatasi Jerawat Batu

4. Fase Pubertas

Fase pubertas atau peralihan dari masa remaja ke masa dewasa merupakan salah satu faktor yang juga dapat menyebabkan jerawat di pipi Anda bisa muncul. Ketika Anda mengalami masa pubertas, maka akan ada peran faktor internal seperti pertumbuhan hormon yang dapat menyebabkan ciri-ciri jerawat karena hormon di pipi dan hal ini akan terjadi secara alamiah.

Mengapa fase pubertas dapat menyebabkan jerawat di pipi?

Ketika Anda mengalami fase pubertas, maka tentu saja Anda akan mengalami hal yang dinamakan ketidakseimbangan hormon, dimana terjadi peningkatan produksi hormon androgen yang merupakan jenis hormon penyebab jerawat. Nah, ketika terjadi perubahan dan ketidakseimbangan dalam produksi hormon, maka yang terjadi selanjutnya adalah meningkatnya produksi sebum atau minyak alami yang diproduksi oleh kulit kita.

Ketika produksi minyak pada kulit kita meningkat, maka kelebihan minyak ini akan berpotensi menyumbat pori-pori kulit, yang tentu saja akan menimbulkan jerawat di pipi. Jerawat batu pun bisa saja muncul jika minyak pada kulit ini berinteraksi dengan kotoran dan bakteri yang menempel di kulit pipi Anda.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Batu 

5. Fase Menstruasi

Selain dapat dipengaruhi oleh fase pubertas, ternyata jerawat di pipi juga dapat dipengaruhi oleh faktor menstruasi. Ketika Anda mengalami fase menstruasi, maka akan terjadi ciri-ciri jerawat haid, dimana jerawat yang timbul di pipi akan cenderung lebih parah, dimana biasanya jerawat batu akan timbul di pipi Anda. Selain itu, jerawat karena faktor menstruasi ini juga terjadi secara alamiah.

Mengapa fase menstruasi dapat menyebabkan jerawat di pipi?

Ketika Anda mengalami fase menstruasi, maka kejadiannya akan sama persis ketika Anda mengalami fase pubertas, yaitu akan terjadi ketidakseimbangan produksi hormon-hormon seperti androgen dan estrogen di tubuh Anda. Nah, ketidakseimbangan hormon ini akan menyebabkan mood swing atau perubahan mood yang terjadi sangat cepat.

Selain dapat menyebabkan mood swing, ketidakseimbangan hormon tersebut akan meningkatkan produksi sebum di kulit wajah Anda, termasuk di pipi. Hasilnya, minyak alami yang berlebih di kulit Anda akan menyumbat pori-pori dan menjadi penyebab jerawat saat menstruasi  di pipi Anda. Jerawat dapat menjadi lebih parah jika minyak pada kulit berinteraksi dengan kotoran atau bakteri di kulit Anda.

Baca Juga: Cara Mencegah Jerawat Saat Menstruasi

6. Stress

Tahukah Anda bahwa ternya stress yang berkepanjangan merupakan salah satu pemicu utama timbulnya jerawat batu di pipi Anda? Ketika Anda memiliki jerawat di pipi, coba dipikirkan apakah Anda dalam beberapa hari terakhir mengalami stress ataukah tidak. Jika jawabannya ‘ya’, maka coba berlatih untuk mengendalikan rasa stress Anda.

Mengapa faktor stress berkepanjangan dapat menyebabkan jerawat di pipi?

Pasti Anda menyadari bukan bahwa jika Anda sedang stress, maka wajah Anda akan cenderung lebih berminyak dari biasanya? Ketika Anda mengalami stress berkepanjangan, maka tentu saja tubuh Anda akan mengeluarkan hormon stress. Nah, hormon stress ini nantinya akan mengaktifkan reseptor pada sel-sel di kulit Anda. Aktifnya reseptor pada sel-sel kulit inilah yang akan mengakibatkan meningkatnya produksi sebum atau minyak alami yang diproduksi oleh kulit di wajah, termasuk di pipi Anda.

Nah, jika sebum ini menyumbat pori-pori kulit dan jika sebum ini berinteraksi dengan bakteri atau kotoran yang menempel di kulit pipi Anda, maka hal tersebut akan memicu timbulnya jerawat yang paling berbahaya, yaitu jerawat batu.

Baca Juga: Obat Jerawat Batu Yang Ada di Apotik

7. Pemakaian Kosmetik

Tidak bisa dipungkiri bahwa kosmetik seakan sudah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian besar kalangan wanita. Kosmetik memang akan sangat penting untuk meningkatkan kecantikan dan kadar kemenarikan Anda dalam berpenampilan. Namun, tahukah Anda bahwa penggunaan kosmetik yang tidak tepat justru akan menyebabkan jerawat di kulit pipi Anda?

Mengapa pemakaian kosmetik yang salah dapat mehyebabkan jerawat di pipi?

Menggunakan produk kosmetik yang salah memang sangat beresiko menyebabkan jerawat di pipi. Hal tersebut dikarenakan kosmetik justru akan menutup pori-pori kulit Anda, yang  menyebabkan pori-pori kulit Anda tidak bisa bernapas. Nah, yang juga sering dilakukan adalah kosmetik digunakan untuk menutupi jerawat, dan hal tersebut justru akan menyumbat jerawat dan membuat jerawat akan semakin meradang di kemudian hari. Oleh karena itu, sesuaikan kosmetik yang Anda gunakan dengan tipe kulit Anda.

Jika Anda memang memiliki tipe kulit yang berminyak dan rentan berjerawat, maka gunakanlah daftar kosmetik untuk wajah berjerawat, seperti bedak yang cocok untuk kulit berjerawat dan foundation untuk kulit berjerawat. Jika Anda memiliki tipe kulit kering, maka gunakanlah kosmetik yang juga berfungsi untuk melembabkan kulit.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat Akibat Salah Kosmetik

 8. Merokok atau Perokok Pasif

Selain faktor-faktor diatas, ternyata menjadi perokok aktif maupun pasif merupakan salah satu penyebab jerawat di pipi dapat timbul. Tahukah Anda bahwa ternyata jerawat di pipi merupakan tanda adanya gangguan pada paru-paru dan sistem pernapasan Anda? Ketika Anda terpapar rokok maupun asapnya secara berlebihan, maka tentu saja jerawat di pipi akan timbul.

Mengapa merokok atau perokok pasif dapat menyebabkan jerawat di pipi?

Seperti yang telah dijelaskan, jerawat di pipi merupakan suatu pertanda ada gangguan pada paru-paru ataupun sistem pernapasan Anda. Faktor utama mengapa terdapat gangguan pada sistem pernapasan selain polusi udara adalah asap rokok. Selain itu, merokok tidak diragukan lagi akan memperburuk kondisi paru-paru Anda. Bahkan, penelitian yang dilakukan terhadap 1000 wanita di Roma sudah menunjukkan bahwa 42 persen dari perempuan yang merokok memiliki jerawat, sedangkan wanita yang tidak merokok hanya 10 persen saja yang memiliki jerawat.

Merokok juga diketahui dapat menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah dan dapat merusak permukaan sel-sel kulit yang kemudian akan menjadi sel-sel kulit mati dan dapat menyumbat pori-pori. Hasilnya, jerawat di pipi pun akan timbul. Selain itu, merokok juga dapat menyebabkan kemampuan kulit untuk menyembuhkan diri secara alami menjadi terhambat, sehingga jerawat dan bekasnya akan menempel lebih lama di kulit Anda. Oleh karena itu, berhenti merokok merupakan cara mengatasi jerawat batu yang cukup ampuh.

Baca Juga: Efek Samping Suntik Jerawat Batu dan Manfaat kopi Untuk Wajah Berjerawat

 9. Menyentuh Pipi Dengan Tangan

Kebiasaan menyentuh bagian wajah dengan tangan, terlebih lagi bagian pipi, juga akan menimbulkan jerawat di pipi. Seringkali memang kejadian ini dilakukan secara tidak sadar atau secara refleks, misalkan ketika kita memangku bagian wajah dengan telapak tangan, dan lain sebagainya.

Sponsors Link

Mengapa menyentuh pipi dengan tangan dapat menyebabkan jerawat di pipi?

Tentu Anda sudah mengetahui bukan jika tangan Anda merupakan salah satu sumber bakteri dan kotoran terbesear? Dalam kegiatan sehari-hari, tentu Anda tanpa sadar sudah menyentuh berbagai hal yang tidak Anda sadari mengandung banyak kuman dan bakteri, seperti uang kertas contohnya. Nah, ketika tangan Anda menempel pada pipi Anda, maka bakteri pada telapak tangan Anda akan berpindah ke pipi Anda, yang nantinya akan menimbulkan jerawat parah di pipi karena bakteri atau kotoran tersebut akan menyumbat pori-pori kulit Anda.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Kemerahan pada Jerawat

10. Mengkonsumsi Makanan Yang Mengandung Susu atau Gula

Ini juga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan timbulnya jerawat di pipi. Coba Anda perhatikan apakah setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung susu atau gula, terdapat jerawat di pipi Anda? Jika jawabannya ‘ya’, bisa saja Anda memiliki jerawat di pipi dikarenakan Anda memiliki alergi terhadap makanan yang mengandung banyak susu atau gula.

Mengapa mengkonsumsi makanan yang mengandung susu atau gula dapat menyebabkan jerawat di pipi?

Mengkonsumsi makanan penyebab jerawat di wajah muncul terus  yang mengandung susu dan juga gula seperti kue manis atau tart dapat menimbulkan jerawat karena kandungan glukosa yang terkandung di dalamnya dapat memicu sensitivitas insulin. Nah, sensitivitas insulin ini-lah yang nantinya akan menyebabkan jerawat karena produksi minyak atau sebum di kulit wajah akan semakin meningkat.

Sama halnya ketika Anda mengkonsumsi susu sapi. Susu sapi memiliki kandungan hormon yang juga akan berpotensi menyebabkan ketidakseimbangan hormon di tubuh Anda, yang menyebabkan meningkatnya produksi sebum. Ketika produksi sebum meningkat, maka pori-pori kulit akan tersumbat dan hasilnya, jerawat di pipi pun akan timbul. Maka dari itu, lebih baik jika Anda mengkonsumsi makanan penghilang jerawat semacam sayur dan buah-buahan.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Sayuran

Cara Menghilangkan Jerawat di Pipi

Setelah Anda mengetahui berbagai penyebab jerawat di pipi, tentu Anda berniat untuk menghindari segala faktor penyebab yang tertera di informasi diatas bukan? Nah, namun bagaimana jika ternyata jerawat di pipi sudah terlanjur menempel dan menghiasi kulit Anda? Jangan khawatir karena berikut ini akan diinformasikan bagaimana cara menghilangkan jerawat di pipi Anda. Berikut ulasannya.

  • Jeruk Nipis. Jeruk nipis merupakan cara natural yang akan sangat bermanfaat untuk menghilangkan jerawat di pipi karena kandungan Vitamin C-nya yang akan memicu produksi kolagen. Manfaat kolagen untuk jerawat adalah dapat menjadi protein kulit yang akan mempercepat penyembuhan jerawat. Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis sangat mudah, cukup oleskan air perasan jeruk nipis ke pipi Anda, kemudian setelah didiamkan selama 20 menit, segera dibilas dengan menggunakan air bersih.
  • Tomat. Tomat memiliki kemampuan untuk memperbaiki sel-sel kulit wajah yang rusak dengan cepat, sehingga jerawat di pipi Anda akan dapat menghilang dengan cepat. Cara menghilangkan jerawat dengan tomat juga mudah, dimana Anda cukup memotong buah tomat menjadi beberapa iris, kemudian tempelkan irisan buah tomat tersebut ke pipi Anda. Segera cuci kulit Anda dengan menggunakan air bersih setelah membiarkan irisan tomat tersebut menempel selama 30 menit.
  • Es Batu. Jika Anda mendapati jerawat muncul di pipi Anda, segeralah siapkan es batu. Es batu memiliki kemampuan untuk mencegah peradangan jerawat dan dapat mempercepat proses pengempesan jerawat. Cara menghilangkan bekas jerawat dengan es batu juga mudah. Anda cukup menyiapkan kain bersih dan es batu, kemudian bungkus es batu dengan kain bersih tersebut. Nah, setelah itu tempelkan kain berisi es batu tersebut ke pipi Anda.
  • Penguapan. Metode penguapan merupakan cara yang simpel, namun sangat bermanfaat untuk jerawat Anda. Metode uap akan membuka pori-pori kulit wajah Anda, kemudian menyingkirkan segala bakteri penyebab jerawat. Hasilnya, jerawat akan cepat mengempes dan memudar dari kulit wajah Anda, termasuk di pipi. Caranya juga mudah, Anda tinggal menyiapkan panci yang diisi dengan air, kemudian didihkan air tersebut. Setelah air mendidih, maka segera dekatkan wajah Anda ke panci tersebut sehingga uap air tersebut akan mengenai jerawat di pipi Anda. Anda bisa melakukan cara ini beberapa kali dalam sehari.
  • Bawang Putih. Manfaat bawang putih untuk jerawat, terutama jerawat meradang yang Anda di kulit wajah Anda, termasuk di pipi sudah tidak diragukan lagi. Bawang putih memiliki kandungan sulfur bernama thiacremonon yang akan mengempeskan dan mengeringkan jerawat dalam waktu yang sangat cepat. Cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih cukup mudah, Anda tinggal menumbuk bawang putih, kemudian tumbukkan bawang putih tersebut Anda oleskan ke pipi Anda. Diamkan selama 20 menit dan segera cuci kulit Anda dengan air bersih.

Baca Juga Artikel Tentang Jerawat Lainnya:

Nah, itulah tadi segala hal yang menjadi penyebab jerawat di pipi dan juga bagaimana cara mengatasi jerawat di pipi dengan cepat. Untuk menghindari jerawat, jangan lupa untuk selalu mengaplikasikan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat dan semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 06th, August 2016 / 19:01 Oleh :
Kategori : Penyebab