Sponsors Link
     Sponsors Link

8 Penyebab Jerawat Meradang dan Cara Mengatasinya

Advertisement

Dewasa ini, segala sesuatu tentang jerawat memang sangat menyebalkan karena jerawat dapat menghasilkan dampak psikologis akibat jerawat, yaitu stress dan rasa percaya diri yang menurun. Mencegah terjadinya jerawat seakan hampir mustahil mengingat ada banyak penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal. Mungkin jika jerawat yang ‘menghiasi’ kulit kita adalah jerawat yang ringan, kita tidak terlalu ambil pusing. Namun, bagaimana jika jerawat yang menghiasi kulit kita merupakan jerawat meradang? Tentu hal ini akan mengganggu penampilan kita. Lalu, sebenarnya apakah penyebab jerawat meradang bisa muncul? Berikut ini ulasannya untuk anda.

1. Infeksi Bakteri

Tidak dapat dibantah lagi bahwa salah satu penyebab utama penyebab jerawat dapat meradang di kulit anda adalah karena adanya infeksi bakteri. Infeksi bakteri ini dapat terjadi dikarenakan bakteri yang menempel di kulit anda dapat menutup dan menyumbat pori-pori kulit anda, sehingga ketika bercampur dengan sebum, maka akan menyebabkan jerawat akan meradang dan berwarna kemerahan. Tidak menutup kemungkinan juga bahwa jerawat batu dan jerawat bernanah akan muncul, sehingga akan menghadirkan bahaya jerawat bernanah di kulit anda.

Cara mencegah peradangan jerawat karena infeksi bakteri?

Untuk mencegah peradangan jerawat yang disebabkan oleh infeksi bakteri, maka hal yang perlu anda lakukan adalah selalu jaga kebersihan kulit anda dengan cara mencuci dan membersihkan kulit anda secara berkala setiap hari, tidak menyentuh kulit anda dengan menggunakan tangan, dan menggunakan masker saat akan bepergian dengan kendaraan bermotor atau sepeda.

Baca Juga: Manfaat Obat Jerawat Cindala dan Manfaat Amoxicillin Untuk Jerawat

2. Memencet Jerawat

Pasti anda semua sudah mengetahui bukan bahwa salah satu faktor utama mengapa jerawat bisa meradang adalah memencet jerawat? Memencet jerawat memanglah hal yang harus dihindari, namun masih banyak orang yang melakukan hal ini, baik itu disengaja atau tidak, karena memang rasa ‘gemas’ akibat timbulnya jerawat di kulit tidak dapat dihindari. Berikut ini penjelasan mengapa memencet jerawat dapat menyebabkan peradangan jerawat:

  • Memencet jerawat justru akan menghasilkan efek akibat jerawat dipencet, yaitu akan membuat kulit anda menjadi luka dan berwarna kemerahan, serta kulit anda akan mengalami pembengkakan.
  • Selain itu, ketika anda memencet jerawat, maka bahaya memencet jerawat akan menghampiri kulit anda, dimana segala bakteri dan kotoran di tangan anda akan berpindah ke jerawat anda, sehingga jerawat tersebut akan semakin meradang.

Cara mencegah peradangan jerawat karena memencet jerawat?

Cara terbaik untuk mencegah peradangan jerawat adalah dengan menahan keinginan anda untuk memencet jerawat, atau bahkan sekedar menyentuhnya dengan menggunakan tangan anda. Tanamkan pemahaman bahwa dengan menyentuh jerawat, maka hal tersebut justru akan memperparah kondisi jerawat anda. Lakukan perawatan jerawat dengan bahan alami dan bersabarlah dengan proses penyembuhan jerawat.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Akibat Dipencet

3. Memakai Kosmetik Saat Berjerawat

Memakai kosmetik yang salah saat berjerawat juga akan memiliki dampak peradangan pada jerawat. Saat anda berjerawat, maka mungkin anda memilih menggunakan kosmetik untuk menyamarkan jerawat di kulit anda tersebut. Namun, tahukah anda bahwa penggunaan kosmetik justru akan menutup pori-pori kulit berjerawat yang akan memperparah kondisi jerawat anda? Selain itu, beberapa bahan kimia dalam kosmetik justru akan mengiritasi kulit anda dan menyebabkan jerawat meradang.

Cara mencegah peradangan jerawat karena memakai kosmetik?

Untuk mengatasi jerawat meradang, ada baiknya ketika kulit anda sedang ‘dihiasi’ jerawat, anda menghentikan sementara penggunaan kosmetik di kulit anda sehingga kulit anda dapat bernapas dan sirkulasi udara di kulit dapat terjadi secara normal. Namun, jika memang anda benar-benar ingin menggunakan kosmetik, anda tetap bisa menggunakan kosmetik seperti foundation dan bedak. Informasi lengkapnya ada di artikel foundation untuk kulit berjerawat dan bedak yang cocok untuk kulit berjerawat. Jika anda sudah terlanjur mngalami jerawat meradang karena kosmetik, maka lakukan cara menghilangkan jerawat akibat salah kosmetik.

Baca Juga: Daftar Kosmetik untuk Wajah Berjerawat

ads

 4. Mengkonsumsi Makanan Yang Tidak Tepat

Tidak bisa dipungkir jika salah satu faktor yang menyebabkan jerawat adalah karena faktor makanan. Ketika anda memiliki jerawat di kulit anda, maka ada baiknya anda memperhatikan jenis makanan yang anda kosumsi karena ketika anda memilih makanan yang tidak tepat, maka produksi sebum di kulit anda menjadi bertambah dan hasilnya sebum ini jika berinteraksi dengan jerawat yang masih aktif akan menyebabkan peradangan jerawat.

Cara mencegah peradangan jerawat karena makanan?

Ketika anda memiliki jerawat di kulit anda, maka anda sebaiknya menghindari konsumsi makanan penyebab jerawat di wajah muncul terus. Berikut ini merupakan makanan-makanan yang akan meningkatkan produksi sebum di kulit anda yang menyebabkan peradangan jerawat:

  • Makanan berminyak.
  • Makanan siap saji (fast food).
  • Makanan yang telah diolah atau makanan dalam kemasan.
  • Makanan pedas.
  • Mie instan.
  • Makanan yang memiliki kandungan gula yang tinggi
  • Kacang-kacangan.

Oleh karena itu, untuk menghindari jerawat meradang dan untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat, perbanyak konsumsi makanan penghilang jerawat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan yang memiliki banyak nutrisi untuk menghilangkan jerawat.

Baca Juga: Manfaat Daun Seledri untuk Menghilangkan Jerawat

5. Handuk, Pakaian, dan Sarung Bantal Yang Kotor

Selain hal-hal diatas, ada faktor lain yang dapat menyebabkan jerawat meradang, yaitu kurangnya anda memperhatikan kebersihan barang pribadi yang sering bersentuhan dengan kulit anda yang terdapat jerawat, misalnya handuk, pakaian, dan sarung bantal. Jika anda jarang mencuci dan mengganti barang-barang tersebut, maka kuman dan bakteri akan nyaman berkembang biak disana. Ketika kulit anda bersentuhan dengan barang-barang tersebut yang ditumbuhi bakteri, maka bakteri akan berpindah ke kulit anda dan menyebabkan jerawat meradang. Maka tak heran jika hal ini merupakan salah satu Penyebab timbulnya jerawat di wajah.

Cara mencegah peradangan jerawat karena handuk, pakaian, dan sarung bantal?

Untuk menghindari peradangan jerawat karena hal-hal ini, maka ada baiknya anda selalu memperhatikan kebersihan handuk, pakaian, dan sarung bantal anda. Jangan malas untuk mengganti dan mencuci barang-barang pribadi anda tersebut. Khusus untuk pakaian, ganti pakaian anda 1 kali dalam sehari sehingga meminimalkan resiko menempelnya bakteri pada pakaian anda ke kulit yangterkena jerawat. Cara ini juga sangat ampuh sebagai cara mencegah jerawat tumbuh lagi dan cara mengatasi jerawat di punggung dan dada secara alami.

Baca Juga: Bahaya Jerawat di Punggung

6. Terlalu Sering Mencuci Wajah

Nah, mungkin anda bingung ketika salah satu alasan utama mengapa jerawat bisa meradang adalah karena terlalu sering mencuci wajah. Bukankah kita disarankan untuk mencuci wajah secara rutin untuk mencegah peradangan jerawat? Lalu mengapa sering mencuci jerawat justru akan menimbulkan peradangan jerawat?

Memang benar ketika kita memiliki jerawat, maka mencuci wajah secara rutin merupakan salah satu cara untuk mencegah peradangan. Namun, jika anda mencuci wajah terlalu sering dalam sehari, maka yang terjadi justru sebaliknya. Segala hal yang dilakukan secara berlebihan memang justru tidak akan berdampak bagus. Berikut ini kemungkinan yang akan terjadi jika kita terlalu sering mencuci wajah:

  • Mencuci wajah terlalu sering dalam 1 hari akan membuat kulit kehilangan minyak esensial, sehingga hasilnya kulit kita akan menjadi terlalu kering. Bagi anda yang memiliki kulit kering, maka kehilangan sebum akan berdampak pada rentannya kulit anda akan iritasi dari debu menyebabkan jerawat, kotoran, dan bakteri sehingga jerawat anda akan meradang.
  • Mencuci wajah terlalu sering akan memang akan menyingkirkan minyak berlebih bagi anda yang memiliki tipe kulit berminyak. Namun, terlalu sering mencuci jerawat akan membuat kulit menjadi kering, dan hal ini akan memicu kulit wajah memproduksi minyak lebih banyak lagi, sehingga akan membuat jerawat meradang dan menjadi penyebab jerawat gatal.

Cara mencegah jerawat meradang karena mencuci wajah?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mencuci wajah secara rutin sangat disarankan untuk mencegah peradangan jerawat. Namun, anda harus membatasi frekuensinya. Untuk hasil yang aman dan tepat, maka anda disarankan untuk mencuci wajah sebanyak 2 kali dalam sehari secara rutin, terutama sebelum anda tidur. Jangan lupa juga aplikasikan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat.

7. Faktor Hormon

Hormon juga merupakan salah satu faktor yang dapat menimbulkan jerawat meradang, terutama bagi anda yang sedang dalam masa-masa pubertas dan juga wanita yang sedang mengalami fase menstruasi. Biasanya, jenis hormon penyebab jerawat adalah hormon estrogen dan progesteron. Nah, mengapa faktor hormon dapat memperngaruhi peradangan jerawat? Berikut ulasannya.

  • Pada saat anda mengalami pubertas, maka akan terjadi ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh. Ketidakseimbangan hormon ini akan menyebabkan sekresi minyak dan lemak pada kulit wajaha secara berlebihan. ketika minyak ini berinteraksi dengan jerawat yang masih aktif, maka jerawat akan meradang dan akan menimbulkan ciri-ciri jerawat karena hormon.
  • Sama halnya ketika mengalami masa pubertas, wanita yang sedang pada masa menstruasi juga akan mengalami ketidakseimbangan hormon, yang membuat nantinya ciri-ciri jerawat haid akan timbul karena minyak berlebih dan juga hal ini dapat mempengaruhi mood para wanita.

Cara mencegah peradangan jerawat karena hormon?

Sayangnya, tidak ada yang bisa kita lakukan ketika memang terjadi peradangan jerawat karena hormon karena memang masa pubertas dan menstruasi terjadi secara alamiah. Namun, khusus pada saat menstruasi, anda dapat melakukan tips-tips yang terdapat pada artikel cara mencegah jerawat saat menstruasi, dan juga bisa menggunakan spironolactone, yaitu obat pengendali hormon.

8. Stress

Selain faktor ketidakseimbangan hormon, faktor stress juga menjadi alasan mengapa jerawat bisa meradang. Mungkin anda penasaran bagaimana bisa faktor stress dapat menyebabkan jerawat meradang? Jadi, ketika kita mengalami stress yang berlebih, tubuh kita akan melepas yang dinamakan hormon stress. Nah, sel-sel di kulit kita memiliki reseptor atas hormon stress, sehingga ketika ada hormon stress, reseptor kulit akan bereaksi dengan membentuk sebu, sehingga tidak heran jika kulit wajah kita akan lebih berminyak daripada biasanya. Minyak yang berlebih ini, jika berinteraksi dengan jerawat aktif, akan membuat jerawat menjadi meradang dan menimbulkan jerawat yang paling berbahaya.

Cara mencegah peradangan jerawat karena stress?

Cara paling mudah jika anda ingin terhindar dari peradangan jerawat karena stress adalah mengelola stress anda. Pastikan anda tidak mengalami stress berlebihan dengan cara melakukan hobi sejenak di sela-sela kesibukan anda. Pastikan anda juga sering berkomunikasi dengan orang lain dan menceritakan kesulitan-kesulitan yang anda alami dengan orang-orang terdekat anda.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Noda Bekas Jerawat dengan Bahan Alami

Sponsors Link

Cara Mengatasi Jerawat Meradang Dengan Obat Medis

Selain dengan menggunakan bahan-bahan herbal, anda dapat juga menggunakan obat-obatan medis untuk mengatasi jerawat meradang. Penasaran apa sajakah obat jerawat meradang yang paling ampuh? Berikut ini ulasannya untuk anda.

  • Antibiotik. Antibiotik merupakan obat yang cocok untuk digunakan jika memang penyebab jerawat meradang anda disebabkan oleh infeksi bakteri. Antibiotik, baik yang topikal maupun dalam bentuk tablet, dapat secara ampuh membunuh bakteri penyebab jerawat, sehingga jerawat meradang dapat disembuhkan secara cepat. Namun, anda juga harus mencermati bahaya antibiotik jerawat, yaitu dapat menyebabkan tanda-tanda iritasi pada kulit seperti kulit kemerahan, gatal-gatal, dan kulit yang mengelupas.
  • Retinoid. Retinoid merupakan turunan dari Vitamin A yang biasanya berbentuk gel, lotion, dan krim. Retinoid ini akan menyingkirkan sel-sel kulit mati dari kulit anda, sehingga jerawat meradang semakin mudah dan cepat untuk dihilangkan dan juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat di badan. Sama seperti antibiotik, obat ini akan menghadirkan efek samping berupa kulit kemerahan, dan kulit yang menjadi lebih sensitif terhadap sinar UVA dan UVB.
  • Isotretinoin. Jika metode penggunaan obat antibiotik dan retinoid tidak menemukan hasil yang sesuai, maka bisa dicoba menggunakan isotretinoin. Isotretinoin memang dikhususkan untuk mengobati jerawat parah dan meradang. Isotretinoin ini akan menghambat pertumbuhan jerawat dan akan membunuh bakteri secara seketika, sehingga jerawat meradang anda akan semakin cepat sembuh dan dapat digunakan sebagai cara mengatasi jerawat batu. Namun, karena memang efeknya yang kuat, maka efek samping yang dihasilkan pun lebih banyak, yaitu tanda-tanda iritasi kulit, kulit yang menjadi lebih sensitif terhadap sinar UVA dan UVB, mulut dan bibir yang terasa kering, hingga kerontokan rambut. Oleh karena itu, sebelum menggunakan obat ini harus ada rekomendasi dokter.
  • Asam Azelat. Asam azelat merupakan obat jerawat batu yang ada di apotik yang tidak terlalu mengiritasi kulit, sehingga cocok untuk anda gunakan. Asam azelat akan membuka pori-pori kulit anda dan akan menyinkirkan sel-sel kulit mati, sehingga jerawat meradang dapat secara cepat diobati. Selain itu, asam azelat juga bermanfaat untuk membunuh bakteri penyebab jerawat, sehingga akan cocok untuk menyembuhkan jerawat meradang. Efek samping asam azelat yang umum terjadi adalah kulit kemerahan dan juga gatal-gatal.

Baca Juga Artikel tentang Jerawat Lainnya:

Cara Pencegahan Jerawat Meradang

Nah, setelah anda mengetahui berbagai macam penyebab jerawat meradang, maka sekarang saatnya anda untuk mengetahui cara mengatasi jerawat meradang dengan menggunakan bahan alami, jika jerawat meradang sudah terlanjur menghiasi kulit anda. Penasaran bagaimana langkah cara mengatasi jerawat meradang? Berikut ini ulasannya untuk anda.

  • Tomat. Manfaat tomat untuk menghilangkan jerawat tentu tak diragukan lagi. Tomat mengandung berbagai macam vitamin A, C, E, dan K, serta Vitamin B kompleks yang akan sangat bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat meradang dan meningkatkan kesehatan kulit anda secara keseluruhan. Cara membuatnya mudah, dimana anda dapat menghaluskan tomat dengan blender, kemudain oleskan tomat tersebut ke jerawat meradang anda, diamkan selama 20 menit dan cuci kulit anda dengan bersih.
  • Daun Sirih. Cara menghilangkan jerawat dengan daun sirih juga telah dikenal keampuhannya. Daun sirih mengandung senyawa betlephenol yang membuat daun ini sangat bermanfaat sebagai antibakteri dan menyembuhkan jerawat meradang. Cara membuatnya cukup mudah, dimana anda dapat menyiapkan 10 helai daun sirih, kemudian tumbuk halus daun tersebut, campurkan sedikit air, kemudian oleskan daun sirih tersebut ke kulit anda yang terdapat jerawat meradang. Diamkan hingga mengering, kemudian cuci kulit anda dengan menggunakan air bersih.
  • Bawang Putih. Manfaat bawang putih untuk jerawat ada banyak. Bawang putih memiliki senyawa sulfur bernama thiacremono, yang dapat berperan sebagai antibakteri sekaligus agen pengering yang ampuh, sehingga dapat mengeringkan dan mengempiskan jerawat meradang dengan cepat. Cara membuatnya mudah, anda dapat menyiapkan 3 siung bawang putih, tumbuk hingga halus, campurkan dengan sedikit air, kemudian oleskan bawang putih tersebut ke area kulit anda yang terdapat jerawat meradang. Diamkan hingga mengering dan cuci kulit anda dengan air bersih.
  • Kentang. Kentang mengandung Vitamin C yang tinggi, dimana kentang ini dapat memicu produksi kolagen. Manfaat kolagen untuk jerawat adalah untuk menghaluskan kulit dan mempercepat proses penyembuhan jerawat meradang. Cara membuatnya mudah, dimana anda tinggal mengelupas kulit 1 buah kentang, kemudian kentang tersebut anda tumbuk, campurkan dengan sedikit air, dan oleskan di bagian kulit anda yang terdapa jerawat meradang. Diamkan selama 20 menit dan cuci kulit anda dengan menggunakan air bersih.

Nah, sekarang anda sudah mengetahui berbagai penyebab jerawat meradang dan cara mengatasinya dengan menggunakan bahan alami dan juga obat-obatan medis. Jangan lupa aplikasikan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 05th, July 2016 / 05:26 Oleh :
Kategori : Penyebab