Sponsors Link

6 Penyebab Jerawat Pasir Di Wajah

Sponsors Link

Jerawat dialami oleh hampir semua orang. Segala sesuatu tentang jerawat merupakan masalah kulit yang ada dalam berbagai jenis dengan penyebab yang berbeda-beda. Penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal perlu diketahui untuk mengatasi jerawat secara ampuh. Dengan demikian, akan mengatasi dampak psikologis akibat jerawat dan menambah rasa percaya diri.Salah satu jenis jerawat ialah jerawat pasir. Jerawat pasir berbeda dengan jerawat batu, dimana ukurannya kecil dan timbul dalam jumlah banyak. Jerawat pasir biasanya muncul di daerah pipi dan akibatnya membuat kulit kasar, tidak lembut, dan tidak halus. Jerawat pasir menyerupai komedo, namun terdapat warna putih menyerupai biji atau nasi pada ujungnya. Jika jerawat pasir terpencet, maka bintik seperti pasir akan keluar. Oleh sebab itu disebut jerawat pasir.

Sponsors Link

Penyebab jerawat berupa bintik pasir berwarna putih ialah karena terjadinya penumpukan lemak yang bercampur dengan kotoran di kulit wajah disertai infeksi bakteri penyebab jerawat, seperti Propionibacterium acnes. Ukuran jerawat pasir kecil-kecil, namun bahaya yang ditimbulkan cukup besar dan cukup luas areanya pada kulit. Jerawat pasir dapat mengakibatkan kulit menjadi berbercak merah dan timbul flek. Selain itu, jerawat pasir juga menimbulkan rasa gatal dan perih sehingga sangat mengganggu kegiatan sehari-hari.

Cara menghilangkan jerawat pasir dengan cepat dapat dilakukan menggunakan bahan alami maupun obat medis. Akan tetapi, akan lebih baik mencegah daripada mengobati. Sebelum mengobati, anda perlu mengetahui penyebab jerawat pasir agar dapat memperoleh cara mencegah jerawat secara alami.

Apa sajakah penyebab jerawat pasir? Simaklah artikel berikut ini!

Penyebab timbulnya jerawat di wajah pada umumnya ialah karena debu penyebab jerawat, kotoran, minyak, keringat, dan pori-pori kulit yang tersumbat. Kondisi demikian dapat memicu bakteri untuk menginfeksi dan menyebabkan jerawat. Berikut ini ialah beberapa penyebab jerawat pasir:

1. Komedo

Anda pasti tidak asing dengan komedo. Penyebab komedo di wajah ialah karena terjadinya penumpukan minyak berlebih yang dikeluarkan oleh kelenjar minyak pada pori-pori kulit. Hal ini akan menimbulkan benjolan kecil yang nampak di wajah, yakni komedo. Komedo dapat menjadi penyebab utama jerawat pasir. Ada banyak cara yang dapat anda lakukan sebagai cara menghilangkan komedo secara alami, seperti misalnya cara menghilangkan komedo dengan lidah buaya.

2. Sel kulit mati

Sel kulit mati merupakan salah satu yang dapat menyebabkan komedo semakin meradang sehingga berubah menjadi jerawat. Sel kulit mati pada wajah dapat diakibatkan karena adanya bekas luka, bekas jerawat, dan paparan sinar matahari. Sel kulit mati yang menumpuk dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori kulit sehingga minyak dan kotoran akan terperangkap di dalam pori-pori. Selanjutnya, kondisi ini sangat mendukung perkembangan bakteri sehingga timbulah jerawat.

Sponsors Link

Untuk menghindari penumpukan sel kulit mati, gunakanlah pembersih wajah alami serta konsumsilah banyak buah-buahan yang dapat meregenasi sel kulit mati, seperti manfaat timun bagi jerawat, manfaat tomat untuk menghilangkan jerawat, dan manfaat jeruk nipis untuk jerawat.

3. Frekuensi mencuci wajah

Mencuci wajah memang baik dan harus dilakukan secara rutin. Akan tetapi, bila terlalu sering mencuci wajah maka juga dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat pasir. Mengapa demikian? Saat mencuci wajah, terjadi gesekan antara tangan dengan kulit. Apabila terdapat komedo, gesekan terlalu sering dapat membuat komedo teriritasi sehingga berpotensi untuk menjadi jerawat.

Selain itu, sabun pencuci wajah dapat membuat wajah kehilangan kelembaban sehingga kulit menjadi kering, tipis, dan mudah terjadi iritasi. Kulit yang sensitif ini menjadi rawan apabila terdapat kotoran dan terinfeksi bakteri penyebab jerawat. Bekas kulit yang teriritasi juga akan menutupi pori-pori kulit dan membuat minyak serta kotoran di dalamnya mejadi jerawat pasir.

Untuk itu, perhatikan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat dan pilihlah pelembab dan pembersih untuk kulit berjerawat dan berminyak.

4. Memencet Komedo

Bila terdapat komedo di wajah, biasanya kita akan merasa gemas sehingga terbiasa untuk memencet komedo yang ada di wajah. Kebiasaan ini dapat berpotensi menimbulkan jerawat pasir. Mengapa demikian? Komedo yang terpencet oleh tangan akan terkontaminasi dari yang berupa tumpukan lemak menjadi tercampur dengan bakteri di tangan. Bila terperangkap pada pori-pori, maka komedo akan berubah menjadi jerawat pasir. Oleh sebab itu, hindarilah kebiasaan buruk menyentuh wajah, apalagi memencet-mencet komedo.

5. Kosmetik Berminyak

Kosmetik merupakan salah satu kebutuhan bagi para wanita. Apabila anda menggunakan kosmetik, pilihlah dari jenis kosmetik untuk wajah berjerawat. Mengapa demikian? Kosmetik yang berminyak dapat memicu penyumbatan pori-pori kulit di wajah. Bekas sisa kosmetik pun dapat terperangkap di dalamnya bersama kotoran, minyak, dan bakteri. Alhasil timbulah jerawat-jerawat pasir yang agak lengket. Cara menghilangkan jerawat akibat salah kosmetik cukup rumit, oleh sebab itu berhati-hatilah dalam memilih dan menggunakan kosmetik.

Sponsors Link

6. Konsumsi makanan berlemak dan gula tinggi

Makanan yang kita makan dapat berpengaruh pada kesehatan kulit wajah. Makanan yang berlemak dan dengan kandungan gula tinggi berpotensi meninggalkan sisa minyak dan gula yang tidak tercerna. Apabila sisa ini tidak berhasil dibuang, maka dapat mengakibatkan penumpukan yang berpotensi menimbulkan jerawat pasir.

Makanan penyebab jerawat di wajah memang perlu dihindari. Sebagai gantinya, konsumsilah makanan penghilang jerawat. Selain itu, banyak-banyaklah minum air putih dan konsumsi buah serta sayuran agar dapat menetralisir racun dalam tubuh.

7. Kurang Tidur

Tidur merupakan aktivitas yang penting dalam menutup kegiatan sehari-hari. Kurang tidur dapat menjadi salah satu penyebab jerawat pasir. Mengapa demikian? Saat tidur, kulit akan teregenerasi dan digantikan dengan yang baru. Bila kurang tidur, kulit akan menjadi stress dan berpotensi menimbulkan jerawat pasir. Pastikan anda cukup istirahat, yakni minimal selama 7 jam supaya kulit anda tetap sehat dan tubuh anda juga menjadi fit.

Selain kurang tidur, kebiasaan yang sering dilakukan ialah begadang. Sangat tidak disarankan bagi anda untuk tidak tidur sama sekali. Mengapa? Saat anda melakukan aktivitas berlebih, tubuh dipaksa memproduksi hormon insulin agar anda tetap dapat beraktivitas. Hal ini mengganggu metabolisme tubuh dan berpotensi membuat stress.

Stress memang awal dari segala penyakit, termasuk jerawat. Oleh sebab itu, hindarilah aktivitas berlebih di malam hari.

Nah, sekarang anda telah mengetahui berbagai macam penyebab jerawat pasir. Setelah mengetahui penyebabnya, anda dapat mencegah kemunculannya dan mengatasinya dengan cara sebagai berikut:

  • scrub wajah secara rutin
  • mengurangi frekuensi mencuci muka
  • tidak memencet-mencet komedo
  • memilih kosmetik yang tidak berminyak
  • konsumsi makanan tidak terlalu berlemak dan kandungan gula tidak tinggi

Selain itu, berbagai bahan alami seperti teh hijau, jeruk nipis, asam jawa, yoghurt, dan lidah buaya juga berpotensi dalam mengatasi jerawat pasir.

Nah, semoga artikel ini menambah pengetahuan anda, dan dapat membantu anda mencegah kemunculan jerawat pasir!

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 08th, August 2016 / 04:55 Oleh :
Kategori : Penyebab