Sponsors Link
     Sponsors Link

6 Penyebab Jerawat Sekitar Mulut dan Cara Mengatasinya

Advertisement

Jerawat umumnya muncul di bagian wajah. Bagian- bagian wajah yang sering terkena munculnya jerawat pun bermacam- macam. Terkadang, ada orang yang mengatakan bahwa jerwata yang muncul di suatu bagian penyebabnya berbeda dengan jerawat yang muncul di bagian lain. Sebagai contoh, jerawat yang muncul di bagian pipi dengan jerawat yang muncul di bagian sekitar bibir/ mulut mempunyai penyebab yang berbeda- beda. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai penyebab kemunculan jerawat di bagian sekitar mulut.

Baca Juga:

Jerawat yang berada di sekitar mulut ini memiliki penyebab tertentu yang terkadang berbeda dengan jerawat yang muncul di bagian lain pada wajah. Terkadang, kemunculan jerawat yang ada di sekitar mulut ini dihubungkan dengan kondisi kesehatan manusia. Padahal, jerawat yang muncul di sekitar mulut ini sama saja dengan jerawat- jerawta lainnya yang tumbuh di bagian daerah lain. Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan dipaparkan mengenai hal- hal apa saja yang menjadi Penyebab Jerawat Sekitar Mulut ini (baik itu penyebab yang tidak dikaitkan dengan kondisi kesehatan, maupun yang dikaitkan dengan kondisi kesehatan). (Baca juga: Cara Mencegah Timbulnya Jerawat , Penyebab Jerawat Bruntusan)

1. Produksi minyak berlebih

Penyebab yang paling utama secara medis mengenai timbulnya jerawat di sekitar mulut ini adalah karena produksi minyak yang berlebihan pada kulit yang bercampur dengan tumpukan sel- sel kulit mati dan juga infeksi dari bakteri. (Baca Juga: Bakteri Penyebab Jerawat , Bahaya Penyedot Komedo)

Tahukah Anda bahwa wajah kita ini memiliki area T-z one, yakni meliputi dahi, hidung, dagu, dan sekitar mulut. Area T- zone ini memiliki kelenjar minyak yang jumlahnya lebih banyak sehingga akan menghasilkan sebum yang lebih banyak juga. Hal seperti inilah yang pada akhirnya menyebabkan jerawat lebih sering muncul di daerah T- zone darpada daerah- daerah lainnya pada wajah. Salah satu daerah T- zone tersebut adalah sekitar mulut. (Baca Juga: Manfaat BB Cream untuk Kulit Berjerawat  , Manfaat Lemon untuk Wajah Berjerawat)

2. Sembelit

Jerawat yang muncul di sekitar bibir ini seringkali dikaitkan dengan adanya penyakit sembelit yang diderita oleh seseorang. Namun, belum ditemukan sebab atau kaitan jerawat di bibir ini dengan sembelit tersebut.

3. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang digoreng atau pedas

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang digeoreng juga merupakan salah satu penyebab dari munculnya jerawat di sekitar mulut ini. Hal ini karena makanan yang di goreng banyak mengandung minyak. Saat mengonsumsi makanan- makanan yag mengandung minyak tersebut maka wajah kita akan ikut menyimpan minyak. Akibatnya wajah akan terasa semakin bertambah minyaknya. Apabila minyak yang ada di wajah meningkat maka akan berpotensi untuk menghasilnya jerawat. Khususnya di bagian kulit yang rentan minyak. (Baca Juga: Makanan Pencegah Jerawa , Makanan Penghilang Jerawat)

ads

4. Pola makan yang tidak teratur

Kemunculan jerawta memang terkadang merupakan dampak dari cara kita merawat diri sendiri. salah satunya adalah cara kita merawat pola makan kita. pola makan yang tidak teratur akan menyebabkan kemunculan jerawat. Salah satunya adalah jerawat yang ada di sekitra mulut. Hal ini bisa saja masuk logika karena jerawat sejatinya merupakan gangguan kesehatan kulit. Ketika pola makan kita tidak teratur, maka asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh kita pun menjadi kurang. Hal ini akan mempengaruhi kesehatan kulit kita. Jika kesehatan kulit terganggu maka akan banyak muncul gangguan, salah satunya adalah jerawat. (Baca Juga:  Pola Hidup Sederhana yang Dapat Atasi Jerawat )

5. Karena iritasi dari pemakaian kosmetik

Jerawat yang mucul di wajah juga bisa disebabkan karena alergi atau keracunan kosmetik tertetu. Apabila kosmetik yang digunakan merupakan kosmetik yang murah atau tidak sengaja menggunakan kosmetik kadaluarsa. Hal ini tentu saja akan menyebabkan kulit menjadi rusak. Dan rusaknya kulit ini ditandai dengan kemunculan berbagai macam gangguan. Salah satu bentuk gangguan tersebut adalah jerawat yang muncul di sekitar mulut. (Baca Juga: Daftar Kosmetik untuk Wajah Berjerawat , Cara Menghilangkan Jerawat Akibat Salah Kosmetik)

6. Salah penggunaan pasta gigi

Jerawat yang tumbuh di bibir mrupakan salah satu jerawat yang dapat disebabkan karena ketidak cocokan pasta gigi yang digunakan dengan bibir orang tersebut. Akibatnya, pasta gigi yang mengenai bibir ini akan menimbulkan gangguan. Gangguan yang timbul pada bibir ini salah satunya berupa jerawat. Sehingga jerawat yang muncul di bibir ini menyerupai sariawan.(Baca Juga: Manfaat Odol untuk Jerawat , Manfaat Pepsodent untuk Jerawat)

Itulah beberapa hal yang menyebabkan timbulnya jerawat di sekitar mulut kita. Sebagian orang mengaitkan dengan adanya penyakit terntu. Namun hal seperti itu belum tentu benar- benar berkaitan dengan kondisi kesehatan manusia. Untuk mengetahuinya secara lebih pasti dan lebih jelas, kita bisa menanyakannya secara langsung  kepada dokter kulit.

Cara Mengatasi Jerawat yang Muncul di Sekitar Mulut

Jerawat memang membuat orang menjadi risih. Hal ini karena selain mebuat penampilan menjadi tidak menarik, terkadang jerawat menimbulkan rasa sakit. Oleh karena itu jerawat yang ada di muka baiknya dihilangkan saja. (Baca Juga: Cara Mengatasi Jerawat Merah , Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam)

Cara menghilangkan jerawat yang tumbuh di bagian- bagian muka tertentu ini juga mempunyai teknik yang berbeda- beda. Tumbuhnya jerawat yang timbul di pipi dengan jerawat yang timbul di bibir ini mempunyai solusi yang berbeda. Untuk menghilangkan jerawat atau mengurangi jumlah jerawat yang timbul di daerah sekitar mulut ini dapat dilakukan dengan cara- cara berikut ini:

  1. Mengonsumsi serat dalam jumlah yang lebih banyak. Serat ini bisa diperoleh dari buah- buahan dan juga sayur- sayuran. Makan serat dalam jumlah yang cukup dari yang dibutuhkan oleh tubuh akan membantu mengatasi buang air besar. Jika air besar kita lancara maka kita akan terhindar dari masalah sembelit dan jerawat di sekitar mulut juga akan berkurang jumlahnya. Mengonsumsi sayuran dalam jumlah yang cukup ini akan menjadi solusi yang ampuh ketika yang menyebabkan jerawat pada kulit wajah kita adalah sembelit. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Sayuran)
  2. Kurangi makanan yang pedas dan juga makanan yang digoreng. Makanan yang pedas dan juga makanan yang digoreng akan menimbulkan permasalahan minyak yang serius pada wajah kita. Maka dari itu hal ini perlu dikurangi. Ketika kita mengurangi pengonsumsian makanan pedas dan juga berminyak, maka kita akan terhindar dari berbagai permasalahan kulit, khususnya jerawat. Jerawat yang muncul di sekitar bibir juga akan menjadi berkurang. Hal ini akan menjadi solusi yang sangat ampuh ketika permasalah timbulnya jerawat kita adalah karena terlalu banyak makanan pedas dan berminyak. (Baca Juga: Benarkah Kacang Penyebab Jerawat ?)
  3. Memijat daerah perut dengan gerakan yang searah dengan jarum jam. Terkadang kesehatan kulit kita secara fisik dapat dipengaruhi oleh beberapa pijatan- pijatan di daerah sekitar tubuh kita. misalnya, untuk menjadikan agar kulit kita menjadi halus maka ada teknik pijat khusus yang menyebabkan kulit wajah kita menjadi halus. Demikian pula untuk menghilangkan jerawat yang ada di wajah, khususnya di aderah sekitar mulut. Jerawat tersebut bisa disembuhkan dengan cara melakukan pemijatan di daerah bagian perut dengan arah pijatan searah dengan jarum jam. (Baca Juga: Manfaat Mentimun untuk Jerawat)
  4. Melakukan perawatan pada kulit wajah. Perawatan pada kulit wajah untuk mengatasi jerawat memang perlu dilakukan. Hal ini karena perawatan pada wajah memang sangat penting.

Ads

Cara yang dapat dilakukan untuk merawat wajah yang banyak terdapat jerawat, khususnya jerawat di sekita mulut adalah sebagai berikut:

  • Bersihkan kulit wajah secara teratur (sebanyak 2x sehari)
  • Gunakan air hangat dan juga sabun wajah yang sesuai dengan kondisi atau keadaan kulit wajah (Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Air Hangat)
  • Gunakanlah pelembab yang berbahan dasar air (Baca Juga: Pelembab Dan Pembersih Untuk Kulit Berjerawat Dan Berminyak)
  • Gunakan konsmetik yang mengadung formula bebas minyak
  • Perbanyak mengonsumsi air putih,  Air putih akan membantu kulit wajah kita terhindar dari minyak. Dengan kata lain kadar minyak yang ada di wajah kita akan berkurang ketika kita banyak mengonsumsi air putih. Jika pada keadaan normal kita mengosnumsi air putih sebanyak 8 gelas per hari, maka kali ini kita harus menambahnya menjadi sekitar 10 hingga 12 gelas setiap hari. hal ini akan sangat berguna untuk menghindari diri kita dari dehidrasi dan juga menjaga metabolisme kulit.
  • Hindari stress dan istirahat yang cukup, Stress akan sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan kulit. Kulit yang berjerawat terkadang ditimbulkan karena adanya stress di pikiran. Oleh karena itu,  kita harus lebih bijak dalam mengelola stress. Selain itu kita juga harus banyak istirahat. Kedua hal ini sangat mempengaruhi kesehatan kulit. (Baca Juga: Cara Mencegah Komedo , Cara Menghilangkan Komedo dengan Garam )

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat yang ada dimuka, khususnya di bagian sekitar mulut. Semoga bermanfaat, terutama bagi Anda yang mempunyai masalah jerawat di sekitar mulut.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Monday 02nd, January 2017 / 13:12 Oleh :
Kategori : Penyebab