Sponsors Link
     Sponsors Link

6 Penyebab Komedo Hitam Di Wajah

Advertisement

Komedo merupakan bintik bintik hitam yang muncul pada wajah. Meskipun berbeda dengan jerawat namun komedo juga cukup mempengaruhi penampilan alami anda di ruang publik. Bagi wanita komedo bisa menjadi suatu hal yang harus dihindari. Komedo disebabkan oleh kelenjar minyak yang tersumbat pada pori – pori. Awalnya komedo ini berwarna putih namun saat teroksidasi dengan debu akhirnya berubah warna menjadi hitam. Sehingga ada sebutan komedo putih dan komedo hitam. Bagian wajah yang umumnya di penuhi dengan komedo adalah hidung, pipi , dahi dan dagu.

Komedo sendiri merupakanawal pertanda terjadinya jerawat pada wajah. Awalnya komedo ini akan timbul di wajah. Dan secara lama kelamaan akan mulai menjadi jerawat. Jika sudah menjadi jerawat baiknya hindari untuk memencet jerawat. Karena memencet jerawat dapat menyebabkan kulit menjadi berlubang.

Baca juga artikel tentang komedo lainnya :

Untuk dapat menghindari wajah dari komedo ada baiknya anda mengetahui penyebab komedo hitam, berikut ini ulasannya :

1. Keturunan

Faktor keturunan masih menjadi penyebab timbulnya komedo pada wajah. Komedo hitam yang teroksidasi dengan debu merupakan komedo yang ada dipermukaan kulit sehingga upaya untuk menghilangkannya lebih mudah di lakukan dibandingkan dengan komedo putih. Meskipun faktor genetik berpengaruh namun pola hidup yang tidak sehat juga dapat meningkatkan kemungkinan munculnya komedo hitam ini pada wajah anda. Pencegahan terhadap komedo hitam dapat dilakukan dengan rajin membersihkan wajah saat berada di luar ruangan. Membersihkan wajah dianjurkan sebanyak 2 sampai 3 kali sehari karena jika lebih justru mengurangi kelembapan pada wajah anda. Rajin membersihkan wajah juga mengaktifkan kelenjar minyak lebih banyak dari batasan normalnya.

Baca juga Cara menghilangkan komedo putih

2. Kosmetik

Untuk kaum hawa umumnya masalah kosmetik menjadi poin penting yang harus diperhatikan. Ini karena kosmetik berguna untuk menunjang penampilan di luar rumah. Hanya jika tidak teliti dalam menggunakan kosmetik yang ada malah sebaliknya. Semakin memperparah kondisi kulit wajah dan dapat menimbulkan jerawat serta komedo hitam. Karena itu dalam pemilihan kosmetik cocokkan dengan tipe jenis kulit anda. Sebelum menggunakannya di wajah oleskan pada tangan bawah dahulu untuk melihat reaksi cocok atau tidak pada kulit wajah. jika dalam beberapa menit tidak ada masalah maka anda dapat mengoleskannya pada wajah anda. Pemilihan kosmetik baiknya memang berasal dari ambasador yang terkenal dan sudah banyak dipakai oleh masyarakat pada umumnya. Kosmetik yang berasal dari bahan alami juga lebih aman dan tanpa efek samping. Untuk jenis kulit anda yang berminyak pilihlah kosmetik yang tertulis oil free karena ini akan menghindari kulit anda dari minyak yang berlebih.

Baca juga :

ads

3. Hormon

Selama masa pertumbuhan hormon juga mempengaruhi kemunculan komedo hitam pada wajah. Hormon ini membuat beberapa kelenjar pada bagian lapisan kulit menjadi lebih aktif. Kemunculan komedo pada saat – saat ini tergolong normal dan biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah hormon kembali menjadi seimbang. Meskipun dalam pengobatannya komedo akibat hormon ini akan lebih sulit hilang. Hal ini karena menunggu normalnya kembali kesimbangan hormon dari dalam tubuh. Hormon yang menjadi penyebab komedo ini terjadi pada rentang usia 17 tahun sampai dengan 25 tahun baik bagi laki – laki dan perempuan.

Baca juga :

4. Obat

Menggunakan obat – obatan secara kimia juga mempengaruhi kesehatan kulit. Contoh obat nya adalah pil kb dan obat penghilang rasa sakit. Mengonsumsi obat – obatan juga membutuhkan resep dari dokter untuk mengetahui jumlah takarannya yang pas untuk tubuh beserta cara pemakaiannya. Namun penggunaan obat – obatan tidak selamanya aman untuk di konsumsi apalagi dalam jangka waktu yang panjang. Oleh sebab itu banyak yang berahli e obat yang berasal dari tanaman – tanaman alami karena efek sampingnya yang tidak menimbulkan komplikasi dalam jangka waktu yang panjang.

Baca Cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat

5. Psikologis

Keadaan psikologis dalam tubuh juga mempengaruhi kesehatan kulit dari penyebab munculnya komedo hitam pada permukaan wajah. Keadaan psikologis yang paling berpengaruh adalah stres. Stres dapat terjadi karena banyaknya pekerjaan yang harus di lakukan dan diselesaikan dalam kehidupan sehari – hari. Dalam zaman sekarang sudah banyak pekerjaan yang mempengaruhi kesehatan jiwa dan tubuh kita jika tidak dapat di kelola dengan baik. Karena itu penting untuk memperhatikan keadaan tubuh agar kondisi tubuh menjadi lebih baik dan terhindar dari stres. Dampak dari psikologis tidak hanya mempengaruhi kesehatan tubuh namun juga mempengaruhi kesehatan kulit wajah anda.  Penyebab komedo berkaitan erat dengan faktor stres dan tekanan yang harus di atasi dengan banyak melakukan liburan untuk mengurangi stres.

Baca juga Dampak psikologis akibat jerawat

6. Lingkungan sekitar

Lingkungan sekitar juga ikut mempengaruhi penyebab timbulnya komedo di wajah anda. Lingkungan yang tidak bersih karena banyaknya kendaraan – kendaraan yang melintas dapat menjadi faktor timbulnya komedo dan jerawat. Jika anda banyak beraktifitas di luar ruangan ada baiknya menggunakan masker untuk menutupi wajah dari debu yang beterbangan di udara. Berbeda jika anda memiliki lingkungan yang bersih dan sehat tentu sangat menjaga kebersihan kulit anda yang tercukupi kesehatannya dan terhindar dari debu yang merusak kecantikan dari kulit.

Nah, itulah penyebab-penyebab yang menjadi timbulnya komedo hitam pada wajah anda. Ada baiknya menghindari penyebab timbulnya komedo untuk kesehatan kulit dan kecantikan wajah anda.

Cara Mengatasi Komedo Hitam

Kalau komedo hitam sudah terlanjur menempel pada wajah anda ada baiknya anda mengatasi komedo hitam dengan menggunakan bahan – bahan alami yang terdapat pada kulit wajah :

1.Putih telur

Putih telur bermanfaat untuk mengencangkan kulit dan juga menghilangkan penyebab komedo hitam dari wajah. Putih telur yang baik dan mengandung nutrisi yang cukup bagi  kulit adalah putih telur yang berasal dari ayam kampung.

Cara pemakaian masker putih telur :

  • Sediakan satu butir telur ayam kampung
  • Sisihkan antar putih telur dengan kuning telur.
  • Aplikasikan putih telur ke wajah dengan menggunakan kapas.
  • Diamkan di wajah sampai beberapa menit sampai dengan masker terasa kering dan mengencangkan kulit wajah.
  • Bilas dengan air mineral

Dan untuk langkah yang terkahir oleskan es batu pada wajah untuk menutupi pori – pori pada wajah. Lakukan penggunaan dari masker putih teur ini sebanyak dua kali dalam seminggu untuk menghilangkan komedo hitam.

Baca juga :

Ads

2. Pasta gigi

Pasta gigi berfungsi sebagai pembersih gigi sehari – hari. namun dibalik itu semua pasta gigi juga mempunyai manfaat untuk menghilangkan komedo hitam pada wajah. Caranya cukup mudah hanya tinggal mengoleskan pasta gigi ke area wajah yang di tumbuhi oleh komedo. Awal penggunaan pasta gigi ini akan membuat kulit wajah menjadi sedikit perih. Ini tidak akan terlalu berpengaruh karena kandungan yang ada di dalam pasta gigi. Rasa perih ini muncul karena proses penghilangan komedo mulai berjalan pada kulit. Umunya setelah dioleskan pada bagian wajah yang ditumbuhi komedo maka kulit akan mengalami kekeringan karena kelembapan dari kulit jadi berkurang. Anda tidak perlu khawatir dengan kondisi kulit yang kering cukup dengan olsekan pelembap agar kulit kembali menjadi lembap.

Baca juga :

3. Lidah buaya

Lidah buaya juga dapat berperaan untuk menghilangkan komedo hitam penyebab jerawat, berikut ini cara mengoleskannya denga mengambil lidah buaya dari batangnya lalu bersihkan lidah buaya dari getahnya terlebih dahulu. Getah lidah buaya berwarna kuning. Dan getah dari lidah buaya ini dapat menimbulkan rasa gatal jika terkena kulit. Kupas kulit lidah buaya dan ambil isinya yang mengandung gel untuk menghilangkankomedo hitam.

Baca juga :

Jdi itulah cara untuk mengatasi komedo hitam dengan menggunakan bahan alami yang terdapat pada alam – alam Indonesia

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 31st, August 2016 / 04:12 Oleh :
Kategori : Penyebab