Sponsors Link
     Sponsors Link

8 Penyebab Komedo Putih Yang Berbahaya – Pencegahan dan Pengobatan

Advertisement

Dewasa ini, segala sesuatu tentang jerawat seolah sangat tidak terhindarkan karena ada banyak faktor penyebab jerawat. Tak pelak jerawat yang menghiasi kulit kita akan membuat kita mengalami dampak psikologis akibat jerawat, yaitu rasa minder dan kurang percaya diri ketika kita bertemu orang lain. Hal yang cukup mengganggu penampilan adalah timbulnya jerawat mini yang dinamakan komedo di kulit.

Secara umum, komedo dibadi menjadi 2, yaitu komedo blackhead atau komedo hitam dan whitehead atau komedo putih. Komedo putih dicirikan sebagai jerawat kecil yang menghiasi kulit dan biasanya berwarna putih. Nah, komedo putih ini dapat timbul karena akumulasi minyak berlebih dan sel-sel kulit mati pada kulit yang menyumbat pori-pori yang terbuka. Lalu, sebenarnya apa saja faktor penyebab komedo putih? Berikut ulasannya untuk Anda.

1. Perubahan Hormon

Ini merupakan faktor paling utama yang menyebabkan mengapa komedo putih dapat terbentuk di kulit Anda. Memang perubahan hormon ini seakan tidak dapat dihindari karena terjadi sangat alamiah. Perubahan hormon akan terjadi saat Anda memasuki fase pubertas, atau saat fase menstruasi. Nah, mengapa perubahan hormon dapat menyebabkan komedo putih? Berikut ulasannya.

Mengapa Perubahan Hormon Dapat Menyebabkan Komedo Putih?

Seperti yang telah diketahui, jerawat dan komedo putih biasanya terjadi pada remaja. Nah, hal tersebut dikarenakan ketika memasuki fase pubertas atau menstruasi, maka akan terjadi ketidakseimbangan produksi hormon, dimana produksi jenis hormon penyebab jerawat, yaitu hormon androgen, akan meningkat secara drastis.

Meningkatnya produksi hormon androgen akan memaksa kelenjar sebasea untuk memproduksi lebih banyak sebum ke kulit Anda, terutama kulit wajah. Alhasil, kulit akan menjadi sangat berminyak dan minyak berlebih ini akan menutup pori-pori kulit, sehingga timbulah ciri-ciri jerawat hormon, salah satunya adalah komedo putih.

Baca Juga: Cara Mencegah Jerawat Saat Menstruasi

2. Faktor Genetik

Salah satu faktor penyebab utama komedo putih lainnya yang sangat sulit dihindari adalah faktor genetik. Hal tersebut dikarenakan faktor genetik yang melekat pada diri masing-masing memang sudah melekat dan tidak bisa diubah bagaimanapun caranya. Anda yang memiliki warisan tipe kulit berminyak dari orang tua tentu saja akan lebih rentan terkena berbagai penyebab jerawat meradang dan komedo putih.

Mengapa Faktor Genetik Dapat Menyebabkan Komedo Putih?

Seperti yang telah disebutkan diatas, orang dengan tipe kulit berminyak akan lebih mudah terkena komedo putih jika dibandingkan dengan orang bertipe kulit kering. Masalahnya, tipe kulit berminyak ini seringkali kita dapatkan melalui turunan atau warisan dari kedua orang tua kita.

Jika Anda memiliki tipe kulit berminyak, maka tentu saja kulit Anda akan menjadi sangat beresiko mengalami minyak berlebih. Minyak berlebih ini akan sangat beresiko untuk menutup pori dan hasilnya, komedo putih pun akan muncul di kulit Anda. Oleh karena itu jika Anda memiliki tipe kulit berminyak, lakukanlah perawatan wajah berjerawat dan berminyak secara alami.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat Batu di Dahi

ads

3. Salah Kosmetik

Tahukah Anda bahwa ternyata penggunaan kosmetik sehari-hari yang salah akan menyebabkan timbulnya komedo putih di kulit? Kosmetik sebenarnya akan aman-aman saja untuk digunakan, asalkan kosmetik yang Anda gunakan sesuai dengan tipe kulit Anda dan bahan bakunya jelas. Berikut alasan mengapa salah kosmetik dapat menyebabkan komedo putih.

Mengapa Salah Kosmetik Dapat Menyebabkan Komedo Putih?

Ketika Anda menggunakan kosmetik yang tidak sesuai dengan tipe kulit, maka kosmetik yang Anda gunakan justru akan membuat pori-pori Anda tertutup dan membuat kulit Anda tidak bisa bernapas. Apalagi jika Anda menggunakan kosmetik yang mengandung minyak, maka tentu saja kombinasi antara minyak dan tersumbatnya pori-pori kulit akan memunculkan komedo putih secara seketika.

Untuk itu, lebih baik gunakan kosmetik yang memang sesuai dengan tipe kulit Anda. Jika Anda memiliki tipe kulit yang berminyak, maka gunakan daftar kosmetik untuk wajah berjerawat, seperti kosmetik yang memiliki oil-free dan memiliki kandungan air. Selain itu, hindari untuk menggunakan kosmetik yang mengandung petrolatum karena akan menyebabkan komedo putih. Jika sudah terlanjur terkena jerawat akibat salah kosmeti, maka lakukan cara menghilangkan jerawat akibat salah kosmetik.

Baca Juga: Cara Alami Menghilangkan Jerawat Karena Alergi

4. Menggunakan Pil KB

Mungkin Anda sering bertanya-tanya mengapa komedo putih bisa terjadi pada wanita yang sudah melewati masa remaja. Selain dipengaruhi oleh faktor genetik dan perubahan hormon, maka menggunakan obat-obatan tertentu yang dikonsumsi secara oral seperti pil KB juga akan menambah resiko kulit Anda dihiasi oleh komedo putih.

Mengapa Menggunakan Pil KB Dapat Menyebabkan Komedo Putih?

Ketika Anda mengkonsumsi pil KB secara oral, maka obat ini ketika sudah berada di dalam tubuh Anda akan memicu timbulnya ketidakseimbangan hormon, dimana pil ini akan meningkatkan produksi berbagai jenis hormon penyebab jerawat. Nah, akibatnya adalah kelenjar sebasea akan memproduksi lebih banyak sebum di kulit, yang tentu saja akan membuat kulit menjadi sangat berminyak, dan minyak tersebut akan menutup pori-pori. Hasilnya, jerawat parah dan komedo putih pun akan muncul dengan seketika.

Baca Juga: Penyebab Jerawat Saat Menstruasi dan Cara Mengatasinya

5. Kehamilan

Mungkin Anda juga bertanya-tanya apakah kaitan antara kehamilan dengan munculnya komedo putih di kulit. Namun kenyataannya memang masa-masa kehamilan dapat meningkatkan resiko munculnya komedo putih di kulit Anda. Penasaran mengapa masa kehamilan dapat berpotensi menyebabkan komedo putih? Berikut ulasannya untuk Anda.

Mengapa Kehamilan Dapat Menyebabkan Komedo Putih?

Ketika masa-masa kehamilan, maka tidak bisa dipungkiri jika produksi hormon estrogen akan meningkat pesat. Nah, kejadian ini tentu saja juga akan membuat kelenjar sebasea mengeluarkan sebum yang lebih banyak dibanding biasanya. Hasilnya, kulit menjadi lebih berminyak dan peristiwa tersumbatnya pori oleh minyak akan meningkat. Hasilnya, kulit Anda akan ditumbuhi oleh komedo putih dan hal ini juga dapat menjadi penyebab jerawat batu di dagu.

Selain itu, apda saat masa kehamilan, kulit Anda akan mengalami kekurangan cairan. padahal, cairan di kulit tersebut akan sangat bermanfaat untuk mengeluarkan sebum yang terperangkap di pori-pori. Akibat dari kurangnya cairan pada kulit, maka tentu saja minyak akan sangat sulit dikeluarkan dari pori-pori, yang menyebabkan komedo putih menjadi timbul secara seketika. Untuk mengatasi hal tersebut, maka lakukan cara mengatasi jerawat saat hamil.

Baca Juga: Penyebab Jerawat di Pipi

6. Makanan

Salah satu faktor pemicu munculnya komedo putih yang juga sangat sering menjadi penyebab adalah faktor makanan. Ya, makanan yang kita konsumsi sehari-hari akan menentukan apakah komedo putih akan muncul di kulit ataukah tidak. Berikut penjelasan mengapa makanan dapat memicu timbulnya komedo putih.

Mengapa Makanan Dapat Menyebabkan Komedo Putih?

Makanan yang kita konsumsi akan menentukan apakah kulit kita akan ditumbuhi komedo putih atau tidak. Jika Anda mengkonsumsi makanan penyebab jerawat di wajah muncul terus seperti makanan berbahan dasar susu, makanan manis, makanan beralkohol, atau makanan berminyak dan digoreng, maka komedo putih akan muncul di kulit Anda.

Hal tersebut dikarenakan makanan-makanan tersebut mengandung lemak yang akan tersimpan di dalam tubuh setelah kita mengkonsumsinya. Untuk melepaskan lemak berlebih dalam tubuh, maka kelenjar sebasea akan memproduksi minyak ke kulit Anda, sehingga tidak heran jika kulit Anda akan menjadi lebih berminyak dan berpotensi menyumbat pori yang akan menyebabkan komedo putih. Lebih baik konsumsi makanan pencegah jerawat dan makanan penghilang jerawat seperti buah-buahan dan sayuran.

Baca Juga: Manfaat Garam untuk Jerawat

7. Merokok dan Minum Minuman Beralkohol

Bagi Anda para perokok berat atau yang gemar mengkonsumsi minuman beralkohol, maka jangan heran jika komedo putih akan dengan gemarnya menempel di kulit Anda. Bahkan, sejumlah penelitian sudah membuktikan bahwa ternyata gaya hidup tidak sehat seperti merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol dapat menjadi penyebab komedo di wajah dan juga penyebab timbulnya jerawat di wajah.

Mengapa Merokok dan Minum Minuman Beralkohol Dapat Menyebabkan Komedo Putih?

Merokok dan minuman beralkohol memang tidak akan secara langsung menyebabkan komedo, namun tetap saja merokok dan minuman beralkohol akan menyebabkan munculnya komedo putih. Ketika Anda terlalu sering merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol, maka hal tersebut akan mengganggu sistem peredaran darah Anda.

Nah, jika sistem peredaran darah terganggu, maka kulit Anda tidak akan mampu mendapatkan berbagai macam nutrisi yang seharusnya didapatkan. Hasilnya, kulit Anda akan cepat kusam dan kekurangan nutrisi, sehingga segala kontaminan akan sangat mudah menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan komedo putih. Selain hal tersebut, Anda juga akan terancam mengalami penuaan dini.

Baca Juga: Mitos Tentang Timbulnya Jerawat di Wajah

8. Jarang Membersihkan Kulit

Faktor yang juga sering menjadi penyebab timbulnya komedo adalah jarangnya Anda dalam membersihkan kulit. Padahal, membersihkan kulit secara rutin merupakan suatu kebiasaan simpel yang dapat mencegah timbulnya komedo putih di kulit. Berikut alasan mengapa jarang membersihkan kulit dapat menyebabkan komedo putih.

Mengapa Jarang Membersihkan Kulit Dapat Menyebabkan Komedo Putih?

Ketika Anda jarang membersihkan kulit dengan rutin dalam sehari, maka tidak bisa dipungkiri jika sebum di kulit Anda akan semakin berpotensi menyumbat pori-pori kulit. Rutin mencuci kulit setidaknya 2 kali sehari dengan mengaplikasikan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat tentu saja akan menyingkirkan sebum berlebih di kulit Anda, sehingga komedo putih tidak akan muncul di kulit Anda.

Akan lebih baik jika saat mencuci kulit, Anda mengkombinasikannya dengan sabun khusus yang mengandung asam salisilat, dimana senyawa ini akan bermanfaat sebagai agen pencegah jerawat. Asam salisilat akan mengangkat sel-sel kulit mati yang akan menyebabkan jerawat dan komedo putih di kulit.

Baca Juga: Cara Merawat Wajah Agar Tidak Berjerawat

Ads

Tips Mencegah Komedo Putih

Setelah Anda mengetahui berbagai penyebab munculnya komedo putih, maka sekarang saatnya Anda mengetahui berbagai macam cara yang sangat bermanfaat untuk mencegah timbulnya komedo putih di kulit Anda. Penasaran bagaimanakah caranya? Berikut ulasannya untuk Anda.

  • Jangan Melakukan Scrub. Ketika Anda tidak ingin mendapati komedo putih menghiasi kulit Anda, maka jangan sekali-kali melakukan scrubbing dengan spons, karena hal tersebut justru akan membuat kulit mengalami iritasi dan memunculkan komedo putih di kemudian hari. Lebih baik Anda mencuci kulit Anda dengan mengusapkan jari Anda ke kulit secara lembut.
  • Belilah Kertas Minyak. Bagi Anda yang memiliki tipe kulit berjerawat, maka sudah bukan rahasia lagi jika kulit Anda menjadi sangat beresiko untuk dihiasi komedo putih. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, jangan ragu untuk membeli kertas minyak, sehingga Anda dapat menyingkirkan produksi minyak berlebih di selasela aktivitas Anda sehari-hari. Kertas minyak ini dapat Anda temukan di berbagai macam apotik. (Baca: Scrub Alami Untuk Wajah Berjerawat dan Berminyak Serta Cara Penggunaannya)
  • Gunakan Kosmetik Yang Sesuai. Seperti yang telah dijelaskan diatas, salah kosmetik merupakan salah satu faktor penyebab komedo putih. Untuk menanggulanginya, sebaiknya pilihlah kosmetik yang memiliki label oil-free atau noncomedogenic. Pilihlah kosmetik yang memiliki bahan dasar air ketimbang minyak, seperti misalnya bedak yang cocok untuk kulit berjerawat dan foundation untuk kulit berjerawat.
  • Hindari Penggunaan Beberapa Produk Perawatan Kulit. Tidak semua produk perawatan kulit akan melindungi kulit Anda dari munculnya komedo putih. Justru, beberapa produk perawatan kulit akan memicu timbulnya komedo putih di kulit Anda. Produk perawatan kulit yang mengandung astringent, toner, alkohol, atau sabun yang memiliki kemampuan eksfoliating justru akan membuat kulit Anda mengalami iritasi dan sangat rentan untuk terkena komedo putih. (Baca: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Caladine dan Manfaat Tje Fuk untuk Wajah Berjerawat)
  • Rutin Mencuci Kulit Secara Rutin. Seperti yang telah disebutkan diatas, malas mencuci kulit secara rutin dapat menyebabkan munculnya komedo putih. Oleh karena itu, jangan malas untuk mencuci kulit setidaknya 2 kali sehari sehingga minyak berlebih di kulit dapat disingkirkan secara berkala dan komedo putih tidak akan menghiasi kulit Anda.

Baca Juga: Cara Mencegah Jerawat Secara Alami

Tips Mengobati Komedo Putih

Mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimanakah cara yang tepat untuk mengobati komedo putih, jika Anda sudah memiliki komedo putih di kulit Anda. Pengobatan komedo putih bisa dilakukan dengan cara herbal atau cara medis, tergantung Anda ingin memilih yang mana. Berikut berbagai cara menghilangkan komedo putih.

  • Minyak Pohon Teh. Bahan herbal satu ini sangat ampuh untuk mengatasi komedo karena bahan herbal ini memiliki kemampuan untuk masuk hingga ke pori-pori untuk menekan produksi sebum di kelenjar sebasea, sehingga kulit menjadi tidak berminyak dan kulit Anda akan semakin cepat terbebas dari komedo putih.
  • Lemon. Bahan herbal satu ini memiliki kemampuan yang luar biasa untuk mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk jerawat dan juga komedo. Manfaat lemon untuk jerawat adalah lemon memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi, sehingga akan memicu produksi kolagen di kulit. Manfaat kolagen untuk jerawat adalah dapat menghaluskan kulit secara keseluruhan dan mempercepat proses penyembuhan komedo putih di kulit.
  • Benzoil Peroksida. Ini merupakan salah satu obat penghilang jerawat di apotik tanpa memerlukan resep dari dokter. Para ahli dermatologi menyarankan penggunaan benzoil peroksida untuk mengatasi komedo putih karena kemampuannya membunuh bakteri dan juga benzoil peroksida ini tidak akan mengiritasi kulitdan efek smapingnya tidak berbahaya.
  • Retinoid. Obat topikal retinoid merupakan obat jerawat parah yang sangat luar biasa dalam menghilangkan jerawat, namun tentu saja Anda perlu mendapatkan rekomendasi dari dokter terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Obat ini merupakan turunan vitamin A, sehingga obat ini memiliki kemampuan untuk mengangkat sel kulit mati maupun kontaminan yang menyebabkan komedo putih dan juga dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.
  • Ekstraksi Komedo. Ekstraksi komedo merupakan cara medis yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan komedo putih. Ahli dermatologis akan menekan pori-pori kulit, sehingga komedo putih akan naik ke pori-pori. Jika sudah begitu, komedo kemudian akan diambil dengan menggunakan ekstraktor komedo yang steril, sehingga komedo putih akan menghilang secara seketika. Anda tidak disarankan untuk melakukan hal ini tanpa bantuan dari ahli dermatologi.

Baca Juga:

Nah, itulah tadi berbagai penyebab komedo putih dapat muncul di kulit Anda lengkap dengan cara menghilangkan komedo putih dan cara mencegahnya. Jangan lupa aplikasikan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat dan semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 27th, August 2016 / 12:59 Oleh :
Kategori : Penyebab