Sponsors Link
     Sponsors Link

Segala Sesuatu Tentang Jerawat : Penyebab, Jenis, Cara Mencegah

Advertisement

Jerawat menjadi salah satu tanda kedewasaan seseorang. Pasalnya jerawat bisa terjadi karena adanya kerja hormone reproduksi yang berlebihan. Seiring perkembangan seksualitas, hormone yang bekerja lebih keras akan menghasilkan jerawat pula. Banyak remaja yang mengeluhkan masalah ini. Memang sepele, namun sejatinya sangat mengganggu penampilan kita di depan orang orang.

Biasanya jerawat mulai banyak mengganggu kulit yang berminyak. Sebab adanya pori pori kulit tersumbat yang menyebabkan minyak, sel kulit mati serta bakteri tidak bisa keluar. Hal inilah yang menyebabkan iritasi pada kulit, lalu muncullah peradangan. Seperti yang sudah banyak tertulis di dalam jurnal Europan Academy of Dermatology and Venereology  pada beberapa edisi di tahun 2011.

Jenis Jenis Jerawat

Jerawat sendiri menurut tipe bentuknya ada bermacam macam. Misalnya :

  • Komedo

Macamnya ada dua, yakni putih dan hitam. Biasanya komedo putih terjadi karena pori pori tertutup sehingga sel kulit mati dan minyak tidak bisa keluar. Hal inilah yang membuat munculnya komedo bintik putih. Sedangkan komedo yang berwarna hitam muncul akibat adanya kotoran. Setelah itu pigmen kulit yang terletak di bagian atas bereaksi dengan oksigen dalam air. Blackhead inilah yang cenderung lama pembersihannya.

  • Jerawat biasa

Jenis jerawat seperti ini di tandai dengan tonjolan berwarna pink kemerahan. Terjadi dengan alasan adanya pori ori yang tersumbat akibat infeksi oleh bakteri  jenis jerawat inilah yang sering di pencet pencet dan berusaha mengeluarkan isinya.

Jerawat jenis batu ini bentuknya besar dan sering terjadi peradangan hebat. Biasanya pelebarannya berada di seluruh muka. Terjadi selama beberapa waktu selama berminggu minggu bahkan sampai berbulan bulan. Mereka yang terkena jerawat batu sama sekali tidak bisa mengeluarkan isinya. Sebab isi yang sangat kecil, bahkan kadang juga tidak ada isinya. Menurut jenisnya, jerawat batu terbagi menjadi dua, yakni : nodul dan kista. Jenis nodul ini berupa jerawat dengan tonjolan keras di bawah kulit. Sedangkan jerawat kista adalah jerawat yang muncul seperti nodul bentuknya, namun berisi nanah. Inilah yang di sebut jerawat tanpa mata.

Penderita jerawat batu biasanya memang sudah keturunan dari keluarganya memiliki riwayat pernah menderita jerawat yang serupa. Biasanya ia juga memiliki kelenjar minyak yang cukup banyak atau over protective. Selain itu terjadi pertumbuhan sel sel kulit yang tidak normal seperti keluhan regenerasi sel kulitnya lama. Hampir semua orang dewasa pernah merasakan jerawat ini.

Sponsors Link

Penyebab jerawat

Salah satu factor utama yang menyebabkan jerawat adalah karena adanya pola makan yang salah, kurang menjaga kebersihan, dan lain sebagainya yang akan di ulas disini. Berikut adalah tipe makanan yang mampu meningkatkan resiko jerawat :

  • Makan makanan yang memacu alergi

Makanan makanan yang bisa menimbulkan alergi juga bisa menjadi alasan munculnya jerawat ini. Misalnya anda mengalami alergi makan makanan amis, seperti telor. Nah telur ini juga berpotensi menimbulkan jerawat,

  • Makanan yang berminyak

Minyak menjadi salah satu pemicu munculnya jerawat di wajah. Apalagi jika asal dari kulit anda adalah tipe kulit wajah berminyak, resikonya semakin besar. Sedangkan untuk kulit wajah anda yang cenderung kering, makan makanan yang berminyak malah justru meningkatkan kelembaban.

  • Makan makanan pedas

Banyak makan makanan bekas memang menjadi salah satu alasan jerawat cepat timbul. Hal ini terjadi karena tubuh kita terangsang dengan makanan pedas yang menimbulkan efek hangat bagi tubuh.

  • Tidak mengganti sarung bantal

Jarang mengganti atau tidak pernah mengganti sarung bantal dalam waktu lama juga bisa menimbulkan jerawat. Sebab bantal yang anda gunakan menjadi sarang dari kuman dan bakteri yang berasal dari udara. Itulah mengapa anda hendaknya mengganti sarung bantal dan guling minimal dua hari sekali.

  • Wajah dalam keadaan kotor

Pada malam hari anda sangat di anjurkan untuk mencuci wajah. sebab kotoran yang sudah menempel di wajah selama jam kerja dari pagi sampai sore, sudah tidak bisa terbayangkan berapa banyaknya kotoran yang menempel. padahal waktu malam hari menjadi titik regenerasi kulit. Jika dalam keadaan kotor, maka kulit baru yang di regenerasi tersebut juga tidak baik.

  • Alergi terhadap kosmetik

Menjadi salah satu alasan kuat ketika anda mengalami alergi terhadap suatu produk kosmetik, lalu muncul jerawat. Pasalnya bahan kimia yang tidak cocok untuk kulit wajah memang berdampak pada jerawat. Untuk itu sebelum membeli produk kosmetik, lihat table komposisinya apakah ada bahan yang tidak cocok untuk kulit anda. Sesuaikan pula dengan kulit wajah anda.

Cara mencegah jerawat

Untuk mencegah jerawat, bisa di lakukan dengan menggunakan bahan bahan alami. Karena bersifat natural, maka efek samping yang di hasilkan juga ringan bahkan cenderung tidak ada. Apa sajakah bahan bahan tersebut?

  1. Jeruk nipis

Untuk menghilangkan jerawat bisa menggunakan jeruk nipis. Caranya dengan jeruk di campur dengan air mawar lalu dioleskannya ke wajah. Kandungan citric acid yang ada di dalam jeruk sangat baik memindahkan sel mati yang mampu menyebabkan jerawat. baca : Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis

Ads

  1. Putih telur

Menggunakan putih telur sebagaia masker juga bisa bekerja untuk menghilangkan jerawat. Sebab kandungan putih telur bisa membantu mengurangi minyak di wajah. Minyak inilah yang bisa memicu jerawat. Cara menghilangkan jerawat dengan masker putih telur

  1. Pasta gigi

Jerawat juga bisa di hilangkan dengan menggunakan pasta gigi. Caranya dengan mengoleskan pasta tersebut ke sekitar jerawat anda sebelum tidur. Hal ini bisa membantu mengurangi peradangan jerawat. Baca juga : Cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi

  1. Tomat

Menggunakan tomat bisa membantu mengurangi jerawat. Caranya dengan mengusap usapkan buah tersebut ke bagian jerawat atau blackhead dan biarkan sampai satu jam. Setelah itu bersihkan muka anda. Baca juga : Cara menghilangkan jerawat dengan tomat

Cara mencegah jerawat

  • Mengganti sarung bantal rutin
  • Membersihkan wajah dengan teratur, terutama sebelum tidur dan pagi hari
  • Bersihkan wajah setelah memakai make up
  • Control makanan anda, usahakan cukup buah dan sayur
  • Tidur cukup, istirahat cukup
  • Jangan menyentuh wajah dengan tangan langsung
  • Cucilah alat make up anda seperti kuas dan lain sebagainya
  • Perbanyak minum air putih
  • Kurangi stress
  • Selesaikan masalah anda
  • Hindari depressi
  • Jangan lupa memakai masker saat berkendaraan umum

Itulah beberapa ulasan mengenai jerawat tidak ada matanya. Semoga bisa membantu ^_^.

Baca juga : Mitos Jerawat

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Thursday 17th, September 2015 / 12:30 Oleh :
Kategori : Jenis