Sponsors Link

Serum Wajah Jerawat – Jenis, Manfaat dan Bahaya

Sponsors Link

Serum jerawat memang memberikan kemudahan dalam mengatasi jerawat. Selain mengatasi masalah jerawat, serum juga merupakan cara menghindari jerawat di wajah berkembang. Bagi sebagian kalangan, serum jerawat dianggap efektif karena menawarkan hasil yang instan dalam mengobati jerawat. Serum untuk jerawat bisa berbentuk berbagai macam, ada yang berbentuk suntikan dan ada juga berbentuk topical. Serum yang berbentuk suntikan penggunaannya biasa melalui suntikan pada daerah jerawat. Sedangkan serum berbentuk topical penggunaanya lebih sederhana, yaitu dengan cara di oles.

Sponsors Link

Jenis serum wajah jerawat

Ada berbagai jenis serum wajah jerawat yang biasa digunakan. Berbagai jenis serum wajah jerawat pemakaiannya tergantung kondisi jerawat tersebut. Misalnya, serum berbahan vitamin C cocok digunakan untuk jenis jerawat yang meradang. Sedangkan serum berbahan vitamin E cocok digunakan untuk jerawat yang masih kecil.

  1. Serum vitamin C

Ada beberapa fakta tentang jerawat yang wajib diketahui. Diantaranya, jerawat akan meradang jika terkena sumber iritan. Salah satu serum yang paling banyak digunakan adalah yang berjenis vitamin C. Serum vitamin C akan membuat jerawat menjadi kering. Alangkah lebih baiknya jika ingin menggunakan vitamin C untuk mengatasi jerawat, cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis yang merupakan sumber vitamin C alami.

  1. Serum vitamin E

Manfaat dari vitamin E adalah menjaga kesehatan kulit. Vitamin E mampu mengembalikan berbagai fungsi kulit yang rusak. Jenis vitamin ini dapat berperan aktif dalam mencegah penuaan dini. Penuaan dini biasanya disebabkan oleh sejenis enzim bernama lipofuscin. Selain berbentuk serum, vitamin E acap kali dijumpai dalam berbagai bentuk, salah satunya natur E. Kandungan utama natur E adalah dari vitamin E. Manfaat natur E untuk menghilangkan bekas jerawat sudah digunakan sejak dulu. Salah satu solusi untuk jerawat yang tidak kunjung sembuh adalah dengan menggunakan natur E.

  1. Kolagen

Serum jerawat yang juga paling banyak digunakan adalah kolagen. Sejatinya, kolagen hanya diperuntukkan memperbaiki kondisi kulit dan bukan untuk jerawat. Suntikan kolagen akan mengembalikan fungsi kulit yang rusak, terutama pada jaringan sel kulit. Jadi, manfaat kolagen untuk jerawat tidak secara langsung akan terasa. Kolagen akan menstimulasi pertumbuhan jaringan kulit yang sehat. Namun ada bahaya injeksi jerawat berbahan kolagen, karena dapat menambah jumlah kolagen secara berlebihan.

Manfaat serum wajah jerawat

Banyak manfaat yang bisa didapat dari penggunaan serum wajah jerawat. Jika ingin menyembuhkan jerawat dengan hasil yang instan, maka serum wajah jerawat adalah solusinya. Penggunaan serum wajah jerawat biarpun lumayan mahal, namun hasil yang ditawarkan sangat sebanding. Ada baiknya mengkonsultasikan terlebih dahulu sebelum mengambil langkah ini.

  1. Mengeringkan jerawat

Serum wajah jerawat dengan berbahan dasar vitamin C dapat memberikan manfaat dalam mengeringkan jerawat. Vitamin C dapat membuat jerawat kering hanya dalam waktu semalam. Oleh karenanya, penggunaan jenis serum ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena dapat mengakibatkan efek samping tertentu. Bahaya antibiotik jerawat berupa serum dapat terjadi kepada siapa saja.

Sponsors Link

  1. Menyusutkan ukuran jerawat

Pada jerawat dengan ukuran yang lebih besar, penggunaan serum jerawat dapat menyusutkan ukuran jerawat hingga menjadi lebih kecil. Baru setelah itu, jerawat akan sendirinya mengering. Jenis serum yang biasanya digunakan untuk jerawat yang paling berbahaya seperti ini adalah dengan suntikan atau injeksi.

  1. Jerawat mengelupas

Pengobatan menggunakan serum jerawat biasanya akan membuat jerawat mengelupas dengan sendirinya, biasanya dalam waktu semalam setelah injeksi dilakukan. Manfaat vitamin C untuk bekas jerawat dengan dosis yang tinggi dapat membuat jerawat dapat mengering dan mengelupas. Namun ada yang harus diperhatikan, penggunaan serum biasanya tidak boleh dibarengi dengan jenis antibiotik lain.

  1. Mencegah jerawat berkembang

Setelah permasalahan jerawat hilang dan ingin mencegah jerawat datang kembali, penggunaan serum dengan bahan dasar vitamin E atau kolagen dapat digunakan. Kedua jenis serum ini mampu menjaga kondisi kulit dan menutrisi kulit sehingga jerawat dapat dicegah. Manfaat kolagen untuk jerawat dan vitamin E bermanfaat mengembalikan kondisi kulit menjadi normal.

Bahaya akibat serum jerawat

Meskipun mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan, serum wajah jerawat nyatanya tidak terlepas dari berbagai resiko. Berbagai macam efek samping sangat bervariasi, mulai dari ringan hingga mengakibatkan permasalahan serius terhadap kesehatan.

  • Merusak struktur kulit

Penggunaan serum anti jerawat akan merusak struktur kulit. Jerawat terjadi hanya pada lapisan kulit luar, sehingga penggunaan serum jerawat dengan cara suntikan tidak dibenarkan. Bahaya injeksi jerawat berbeda-beda, tergantung jenis serum dan kondisi tubuh. Serum bisa jadi salah satu penyebab jerawat gatal dan cara mengatasinya menggunakan antibiotik. Namun ada bahaya antibiotik jerawat yang harus diperhatikan.

Sponsors Link

  • Membuat kulit perih dan iritasi

Beberapa jenis serum jerawat yang digunakan secara diusap dapat membuat kulit iritasi dan rasa perih. Hal ini biasa terjadi pada kulit yang sensitif terhadap paparan zat kimia. Cegah dengan masker alami untuk wajah berjerawat seperti pepaya. Manfaat pepaya untuk wajah berjerawat adalah dapat mengurangi perih dan iritasi. Selain pepaya, ada buah penghilang jerawat yang alami dan juga dapat digunakan sebagai masker.

  • Mengeringkan kulit

Vitamin C dosis tinggi dapat mengurangi kandungan air dalam kulit sehingga efeknya kulit akan mengering. Menggunakan masker alami untuk wajah berjerawat dapat mengembalikan kondisi kulit. Bahan masker untuk kulit berjerawat efektif mengembalikan kelembaban kulit kering, seperti lidah buaya. Manfaat lidah buaya untuk jerawat bisa mengatasi masalah kulit. Cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya dan cara menghilangkan komedo dengan lidah buaya sama persis.

  • Memicu reaksi alergi

Pada sebagian orang, serum jerawat dapat menyebabkan alergi terutama yang mempunyai kulit sensitif. Alergi yang timbul dapat berbentuk apa saja, namun alergi juga dapat memicu pertumbuhan jerawat dan akan sangat berkaitan satu sama lain. Cara menghilangkan jerawat karena alergi biasanya menggunakan cream obat penghilang jerawat yang ada di apotek.

  • Mengganggu kesehatan

Serum jerawat yang digunakan dalam dosis tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan. Bahaya yang timbul dapat berupa masalah ginjal dikarenakan ginjal bekerja lebih keras, sehingg bisa menyebabkan kerusakan ginjal. Untuk mengantisipasi hal ini, cara menghilangkan jerawat secara alami dapat dicoba.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 23rd, April 2016 / 03:04 Oleh :
Kategori : Pengobatan