Sponsors Link

10 Cara Menghilangkan Jerawat Meradang di Hidung Secara Alami

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat memang bisa meresahkan para wanita. Apalagi jika jenis jerawat yang datang adalah jerawat meradang. Ciri ciri jerawat meradang yang paling terlihat adalah jerawat yang sudah memerah, berukuran cukup besar, dan biasanya berisi darah atau nanah. Jerawat yang sudah meradang harus segera disembuhkan agar tidak terjadi bahaya infeksi jerawat meradang seperti pertumbuhan jerawat yang semakin menyebar.

Sponsors Link

Seluruh bagian wajah bisa ditumbuhi jerawat yang meradang, termasuk hidung. Terletak di daerah T wajah, produksi minyak di hidung memang lebih banyak dibandingkan dengan di bagian wajah lainnya. Munculnya jerawat meradang di hidung menyebabkan munculnya dampak psikologis akibat jerawat, salah satunya adalah kepercayaan diri yang menurun. Bagaimana cara menghilangkan jerawat meradang di hidung yang aman dan tanpa efek samping berbahaya? Yuk kita lakukan sama sama.

1. Jeruk Lemon

Siapa yang tidak tahu manfaat lemon untuk jerawat yang sangat terkenal? Jeruk lemon yang kaya akan vitamin C adalah solusi yang tepat sebagai cara menghilangkan jerawat di hidung. Kandungan asam yang tinggi di dalam jeruk lemon secara ampuh membunuh bakteri yang ada di wajah, sedangkan vitamin C akan menghilangkan bekas jerawat sekaligus mencerahkan kulit secara alami. Gunakan masker lemon yang dicampur dengan madu di jerawat meradang yang ada di hidung Anda.

2. Es Batu

Cara menghilangkan jerawat di hidung dengan es batu sudah banyak dilakukan karena memang khasiatnya yang langsung terasa. Suhu es batu yang sangat dingin mampu membekukan bakteri pada jerawat yang meradang. Jerawat yang sedang merah dan meradang memang menjadi sumber dari segala bakteri, sehingga agar jerawat cepat hilang semua bakteri tersebut harus dihentikan pertumbuhannya. Buatlah es batu yang terbuat dari air lemon atau madu agar semakin bertambah manfaatnya. Kompreskan es batu setiap hari dengan dilapisi kain tipis, ulangi terus hingga jerawat meradang di hidung sembuh dan hilang.

3. Mentimun

Sebagai bahan alami yang baik untuk merawat kecantikan kulit, manfaat mentimun untuk jerawat tentu sudah tidak asing lagi. Mentimun sangat bermanfaat untuk kulit yang berminyak dan rentan ditumbuhi jerawat. Sebagai astringent alami, mentimun mampu menyegarkan wajah dan mengecilkan pori pori wajah akibat jerawat. Selain itu manfaat lain yang bisa didapatkan dari mentimun adalah menghilangkan jerawat meradang di wajah. Mentimun mengandung zat anti bakteri alami yang bisa mempercepat proses penyembuhan jerawat.

4. Minyak Zaitun

Sudah sejak lama minyak zaitun dikenal sebagai bahan alami yang mampu merawat kecantikan kulit secara maksimal. Tidak ada masalah kulit yang tidak bisa diselesaikan oleh minyak ajaib yang satu ini. Kulit yang kering dan kusam dapat menjadi cerah bercahaya alami jika dirawat dengan minyak zaitun. Demikian pula dengan kulit yang berjerawat. Cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun sudah terkenal ampuh khasiatnya untuk membasmi jerawat sampai ke akarnya. Jerawat yang meradang akan sembuh dengan cepat dan tidak akan kembali lagi.

5. Madu

Sejak zaman Ratu Mesir Cleopatra, madu telah digunakan untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit. Kandungan alami di dalam madu yang sangat bermanfaat untuk jerawat adalah anti bakteri. Madu memang memiliki senyawa yang bisa bekerja sebagai anti bakteri yang melawan pertumbuhan bakteri di jerawat meradang. Seperti yang diketahui, jerawat meradang dengan darah atau nanah di tengahnya adalah sumber bakteri yang sangat besar. Karena itulah cara mengobati jerawat dengan madu kini menjadi pilihan banyak wanita. Selain mengatasi masalah jerawat meradang yang meresahkan, madu juga bisa mengembalikan tekstur kulit yang kasar karena jerawat menjadi halus dan mulus kembali.

6. Kentang

Bukan hanya sebagai bahan masakan saja, kentang juga punya segudang manfaat untuk kulit yang berjerawat. Di antara manfaat kentang untuk jerawat meradang yang wajib diketahui adalah, kentang mampu mengurangi efek samping peradangan dan mencegah terjadinya infeksi yang lebih parah pada jerawat. Selain itu, jerawat juga bisa dihilangkan dengan aman, yaitu tanpa meninggalkan bekas noda kehitaman, kemerahan, atau bekas bopeng dan parut.

Sponsors Link

7. Tomat

Sebagai sumber vitamin C, tidak heran bukan kalau cara menghilangkan jerawat dengan masker tomat sangat populer di kalangan wanita? Kandungan vitamin C di dalam buah tomat memang tidak sebanyak yang ada di jeruk lemon. Namun tingkat keasaman pada tomat sudah cukup untuk menghambat pertumbuhan bakteri pada jerawat meradang dan menyembuhkannya dengan lebih cepat. Gunakan masker tomat secara rutin setiap malam hingga jerawat meradang kempes dan lama kelamaan menghilang.

8. Uap

Kini perawatan salon untuk menghilangkan bekas jerawat dan jerawat yang meradang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Menguap wajah biasanya menjadi bagian dari serangkaian facial wajah berjerawat yang Anda temui di salon. Lakukan uap wajah sederhana untuk membantu menghilangkan jerawat yang meradang. Gunakan air rebusan yang mendidih, lalu tambahkan 5 sendok makan garam ke dalamnya. Setelah itu uap wajah dan hidung selama 3 menit. Biarkan pori pori wajah terbuka dengan sempurna agar semua bakteri dan kotoran pada jerawat bisa dikeluarkan. Air garam memang sangat ampuh untuk membersihkan kulit secara menyeluruh hingga ke pori pori yang terdalam.

Cuci muka dengan air dingin setelah uap panas meresap. Hal ini dilakukan untuk mencegah pori pori jadi membesar dan memicu masalah lain pada kulit Anda.

9. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel dapat ditemukan dengan mudah di toko bahan makanan. Tidak hanya bisa dijadikan minuman yang menyegarkan dan menyehatkan, cuka sari apel juga mampu menyembuhkan jerawat yang meradang sekalipun. Zat asam yang ada pada cuka sari apel bekerja sebagai anti bakteri yang akan memerangi semua bakteri dalam jerawat. Cuka sari apel akan membantu merawat kulit wajah yang berjerawat hingga sembuh. Manfaat lain dari cuka sari apel adalah menyerap kelebihan minyak di wajah namun tetap menjaganya tetap lembab dan tidak kering.

Sponsors Link

10. Tea Tree Oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh adalah bahan yang sudah terpercaya khasiatnya untuk menyembuhkan segala jenis jerawat, termasuk jerawat yang meradang parah. Kandungan tea tree oil bahkan sudah banyak diolah produsen kosmetik di dunia sebagai komponen perawatan kulit berjerawat. Tea tree oil dapat ditemukan dengan mudah di toko kosmetik. Cara penggunaannya juga mudah, tinggal oleskan saja tea tree oil ke jerawat yang meradang setiap malam hingga jerawat sembuh.

Itulah cara menghilangkan jerawat meradang di hidung yang aman dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Hilangkan segera jerawat meradang di hidung Anda agar tidak menimbulkan akibat yang lebih berbahaya. Tidak hanya mengganggu penampilan, munculnya jerawat di wajah juga menunjukkan kondisi kulit yang tidak sehat. Jangan lupa untuk melakukan gaya hidup sehat agar kesehatan dan kecantikan kulit selalu terjaga dengan baik.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan