Sponsors Link

4 Cara Menstabilkan Hormon Penyebab Jerawat, Wajib Tahu!

Sponsors Link

Penyebab munculnya jerawat yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi, yaitu kondisi hormon yang tidak seimbang. Hormon yang tidak seimbang memang menjadi faktor utama munculnya jerawat, terutama pada kaum remaja. Adanya kondisi tidak seimbang nya hormon dapat meningkatkan kerja kelenjar sebasea, sehingga dapat menyebabkan produksi minyak pada kulit wajah berlebih. Kondisi minyak pada kulit wajah yang berlebihan tersebutlah yang kemudian akan menyebabkan munculnya jerawat. Namun tahukah kalian bahwa kondisi hormon penyebab jerawat dapat distabilkan? Berikut ini beberapa cara menstabilkan hormon penyebab jerawat:

Sponsors Link
  1. Mengatur Pola Makan

Cara pertama yang paling ampuh adalah dengan mengatur pola makan, atau makanan yang di konsumsi sehari-hari. Cara ini dapat dilakukan dengan mengurangi konsumsi gula dan karbohidrat, karena mengkonsumsi gula dan karbohidrat yang berlebih akan berpengaruh terhadap meningkatnya jumlah hormon kortisol dan estrogen. Dimana kedua hormon tersebutlah yang menjadi penyebab utama munculnya jerawat hormonal.

Cara lain mengatur pola makan untuk menstabilkan hormon penyebab jerawat adalah dengan mengurangi mengkonsumsi makanan berminyak  dan berlemak, serta menggantinya dengan lebih sering mengkonsumsi makanan berserat. Kandungan minyak berlebih pada makanan akan berpengaruh terhadap produksi minyak di kulit wajah, dimana produksi minyak berlebih pada wajah menjadi penyebab jerawat terus bermunculan. Sehingga baik bagi kalian untuk mengurangi konsumsi makanan berminyak seperti gorengan, dan yang lainnya.

  1. Mengurangi Stress

Stress dan kondisi hormon merupakan dua hal yang saling berhubungan satu sama lain. Ketika seseorang megalami stress atau sedang dalam kondisi banyak pikiran, maka akan berpengaruh terhadap produksi hormon dalam tubuh. Stress dapat menyebabkan produksi hormon menjadi tidak seimbang,sehingga kondisi hormon yang tidak seimbang dapat memicu timbulnya jerawat pada wajah. Oleh sebab itu, kalian harus pandai mengelola stress, beberapa cara dapat dilakukan salah satunya dengan berlibur atau melakukan hal-hal positif lainnya.

  1. Olahraga di Pagi Hari

Olahraga memang merupakan salah satu cara ampuh dalam menjaga kesehatan tubuh, termasuk kesehatan kulit. Selain itu, olahraga terutama di pagi hari juga dapat membantu dalam menstabilkan dan menyeimbangkan hormon didalam tubuh, sehingga dapat mencegah munculnya jerawat. Dengan berolahraga, seseorang juga dapat mengurangi stress penyebab jerawat karena peredaran darah menjadi lebih lancar. Selain itu, paparan sinar matahari di pagi hari dapat membantu produksi vitamin D, dimana vitamin D juga dianggap sebagai salah satu pro-hormon yang memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk mencegah munculnya masalah jerawat. Oleh sebab itu, olahraga di pagi hari juga dapat menjadi salah satu cara menstabilkan hormon penyebab jerawat.

  1. Menggunakan Obat

Selain berbagai cara alami diatas seperti mengatur pola makan, dan olahraga di pagi hari, untuk menstabilkan hormon penyebab jerawat juga dapat menggunakan obat anjuran dokter. Sebagai contoh seperti obat anti-androgen yang berguna untuk menyeimbangkan kadar hormon androgen dalam tubuh, dimana hormon androgen merupakan salah satu jenis hormon penyebab jerawat. Sedangkan untuk wanita, menstabilkan hormon penyebab jerawat juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi pil KB. Namun tetap perlu diingat bahwa penggunaan obat untuk menstabilkan hormon penyebab jerawat harus tetap dalam pengawasan dan anjuran dokter.

Itulah beberapa cara menstabilkan hormon penyebab jerawat, semoga dapat bermanfaat dan membantu mencegah munculnya jerawat karena hormon tidak seimbang.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.