Sponsors Link

Apakah Bawang Putih Bisa Menghilangkan Jerawat Batu? Kenali Fakta Berikut

Sponsors Link

Jerawat batu merupakan salah satu jenis jerawat yang sering menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar orang, hal ini disebabkan karena adanya rasa nyeri yang ditimbulkan. Selain itu, sama seperti dampak psikologis akibat jerawat, jerawat batu juga dapat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri dalam beraktivitas sehari-hari. Penyebab timbulnya jerawat batu sendiri biasanya disebabkan karena adanya peradangan yang terjadi pada jerawat, termasuk juga adanya infeksi bakteri penyebab jerawat. Oleh sebab itulah banyak orang yang berusaha mendapatkan cara yang paling efektif dalam menghilangkan jerawat batu, salah satunya adalah dengan menggunakan bawang putih. Tapi apakah bawang putih bisa menghilangkan jerawat batu? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui fakta sebenarnya.

Sponsors Link

Manfaat Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bahan alami yang dipercaya dapat membantu menghilangkan jerawat, termasuk juga menghilangkan jerawat batu. Mungkin memang banyak yang belum tahu bahwa bawang putih mengandung kandungan yang berkhasiat dalam penyembuhan jerawat dan dapat membuat kulit menjadi lebih bersih. Selain itu, bawang putih juga dipercaya mampu membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk, menghilangkan lapisan serta jaringan bekas luka, serta membunuh bakteri dan mencegah perkembangbiakan bakteri yang menyebabkan terjadinya peradangan pada jerawat dan menimbulkan jerawat batu. Oleh sebab itulah, bawang putih sering digunakan untuk menghilangkan jerawat beserta bekas nya.

Salah satu kandungan penting didalam bawang putih untuk jerawat adalah kandungan alicin, dimana bermanfaat sebagai obat jerawat. Alicin merupakan kandungan alami yang dimiliki bawang putih dan memiliki sifat anti-bakteri. Oleh sebab itu, dengan menggunakan bawang putih maka bakteri yang menjadi penyebab jerawat batu dapat dihilangkan perlahan-lahan, sehingga wajah dapat terhindar dari masalah jerawat.

Selain kandungan alicin nya, bawang putih juga diketahui mengandung antioksidan yang tinggi dan bermanfaat atau efektif dalam menghilangkan jerawat. Kandungan antioksidan ini yang nantinya dapat bekerja secara aktif untuk menghilangkan jerawat batu, bahkan yang membandel sekalipun. Terlebih juga dapat mencegah munculnya jerawat kembali.

Jadi, apakah bawang putih bisa menghilangkan jerawat batu? Jika dilihat dari kandungan yang dimiliki bawang putih beserta manfaatnya, memang bawang putih bisa membantu proses menghilangkan jerawat batu. Namun tetap perlu diingat bahwa kondisi atau sifat kulit masing-masing orang berbeda-beda, sehingga kecocokan terhadap penggunaan bawang putih untuk jerawat juga akan berbeda-beda. Tidak sedikit pula yang justru mengalami masalah lebih parah ketika menggunakan bawang putih pada jerawat mereka. Hal ini disebabkan karena beberapa efek samping atau bahaya bawang putih untuk jerawat yang dapat ditimbulkan dari penggunaan bawang putih pada kulit atau jerawat.

Efek Samping Bawang Putih

Walaupun manfaat bawang putih untuk jerawat dapat didapat dari kandungannya yang efektif dalam menangani masalah jerawat batu, namun perlu anda ketahui pula bahwa penggunaan bawang putih juga memiliki efek samping, beberapa diantaranya seperti:

  • Menyebabkan rasa gatal pada jerawat – penggunaan bawang putih secara langsung pada jerawat atau kulit pasti akan menyebabkan rasa gatal pada jerawat, dan kondisi ini yang paling sering dialami oleh mereka yang menggunakan bawang putih untuk menghilangkan jerawat batu.
  • Menimbulkan efek panas pada kulit – selain gatal, kulit juga akan terasa panas setelah penggunaan bawang putih pada jerawat di kulit anda.
  • Menyebabkan iritasi pada kulit – pada efek yang lebih parah bawang putih juga dapat menyebabkan terjadinya iritasi pada kulit, sehingga kulit akan terasa perih, terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif dan tidak cocok dengan bawang putih.
  • Menyebabkan inflamasi – yaitu kulit yang terasa panas dan meradang.
  • Jerawat menjadi melepuh – ketika rasa panas pada jerawat tidak teratasi dan semakin tak tertahankan, maka jerawat batu pun akan melepuh mengikuti kulit yang semakin memanas.

Itulah beberapa efek samping yang dapat timbul karena penggunaan bawang putih pada jerawat batu anda, terutama jika anda memiliki sifat kulit yang sensitif dan ternyata tidak cocok dengan bawang putih. Oleh sebab itu, lakukan beberapa hal berikut untuk menghindari beberapa efek samping bawang putih untuk jerawat diatas terjadi pada anda.

Hal-Hal yang Perlu Dilakukan

Sebelum menggunakan bawang putih untuk menghilangkan jerawat batu, anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini.

  • Kenali Jenis Kulit

Setelah mengetahui manfaat dan efek samping bawang putih untuk jerawat batu diatas, maka sebelum menggunakan bawang putih anda wajib mengetahui atau mengenali jenis kulit anda terlebih dahulu. Pastikan bahwa anda tidak memiliki jenis kulit yang sensitif, jika perlu lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu mengenai penggunaan bawang putih pada kulit dan jerawat anda.

  • Testing

Jika anda tidak dapat melakukan konsultasi dengan dokter, maka anda disarankan untuk melakukan testing atau percobaan terlebih dahulu. Gunakan bawang putih pada bagian kulit yang normal dan terletak pada bagian tersembunyi. Hal ini untuk mengetahui apakah kulit anda cocok dengan bawang putih atau tidak, dan memastikan apakah akan menimbulkan iritasi atau tidak.

  • Gunakan Sari Bawang Putih

Ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa menggunakan sari bawang putih lebih aman dan mengurangi efek samping yang ditimbulkan dibandingkan dengan menggunakan bawang putih secara langsung.

Demikian ulasan mengenai apakah bawang putih bisa menghilangkan jerawat batu, semoga bermanfaat dan terus berhati-hati dalam mengobati masalah jerawat.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan