Sponsors Link

Apakah Bedak Bayi Bisa Menimbulkan Jerawat? Mulailah Berhati-hati!

Sponsors Link

Bedak bayi memang sering menjadi idola bagi sebagian orang dewasa untuk digunakan sebagai pelengkap make up sehari-hari. Hal ini didasarkan pada anggapan bahwa bedak bayi memiliki kandungan yang ringan jika digunakan di kulit wajah. Namun ada pula beberapa anggapan yang menyatakan bahwa bedak bayi ternyata juga dapat menimbulkan jerawat. Lantas mana yang benar, bedak bayi dapat aman digunakan untuk kulit wajah orang dewasa atau justru dapat menimbulkan jerawat? Dalam kesempatan kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai apakah bedak bayi bisa menimbulkan jerawat, bagi anda yang penasaran dan masih bertanya-tanya maka wajib menyimak ulasan berikut ini.

Sponsors Link

Bedak Bayi dan Jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang paling umum dialami oleh sebagian besar orang, baik itu bagi kaum perempuan maupun kaum laki-laki. Bahkan ada pula anggapan bahwa semasa hidup setidaknya setiap orang pasti akan mengalami yang namanya masalah jerawat. Oleh sebab itulah, banyak sekali segala sesuatu tentang jerawat yang sering menjadi pertanyaan dan diperbincangkan. Salah satu yang masih menjadi perbincangan juga adalah adanya penggunaan bedak bayi dengan penyebab jerawat.

Penyebab tumbuhnya jerawat sendiri sebenarnya sangat beragam, dapat karena faktor kebersihan yang tidak dijaga, hormon penyebab jerawat, hingga juga karena adanya faktor keturunan yang menyebabkan seseorang sering mengalami masalah jerawat. Namun secara umum, penyebab jerawat adalah karena adanya kondisi dimana pori-pori kulit tersumbat, baik karena adanya produksi minyak yang berlebih ditambah dengan kotoran maupun tumpukan kulit mati, maupun karena adanya perkembangan bakteri penyebab jerawat dan juga ketidakstabilan hormon didalam tubuh. Lantas bagaimana dengan penggunaan bedak bayi?

Bedak bayi memang diformulasikan khusus untuk bayi yang masih memiliki kulit sensitif, sehingga biasanya akan memiliki bahan yang lembut dan juga terbebas dari bahan atau zat kimia yang dapat menimbulkan iritasi maupun alergi. Oleh sebab itulah, banyak yang menyukai menggunakan bedak bayi karena terasa ringan saat digunakan. Banyak juga jenis kulit yang cocok dengan bedak bayi walaupun pada orang dewasa, terutama bagi kulit sensitif.

Jika dilihat dari tujuan utama bedak bayi yang diformulasikan untuk kulit bayi yang masih sensitif, maka seharusnya bedak bayi tidak akan menimbulkan jerawat saat digunakan pada orang dewasa. Hal ini disebabkan karena formulasinya masih terbebas dari bahan atau zat kimia yang berbahaya bagi kulit atau yang dapat memicu jerawat. Menurut beberapa informasi pula, penggunaan bedak bayi untuk kulit wajah dewasa juga tidak dipermasalahkan dan tidak akan memicu jerawat apabila dapat disertai dengan beberapa hal yang perlu diperhatikan agar terhindar dari masalah jerawat. Sebagai contoh seperti dengan menjaga kebersihan dengan baik, dan tidak mencampurkan bedak bayi dengan produk-produk lain yang memiliki kandungan keras dan berbahaya bagi kulit.

Secara umum, penggunaan bedak bayi bukan merupakan penyebab utama timbulnya jerawat. Timbulnya jerawat saat menggunakan bedak bayu dapat disebabkan oleh beberapa faktor lainnya, seperti:

  • Kebersihan kulit yang tidak dijaga, sehingga pori-pori kulit sering tersumbat kotoran dan kulit yang berminyak.
  • Kondisi tubuh yang sedang mengalami kondisi hormon yang tidak stabil, maupun mengalami stress yang berlebih.
  • Penggunaan bedak bayi yang disertai dengan penggunaan produk lainnya yang justru sebenarnya tidak sesuai dengan jenis kulit.
  • Memang memiliki faktor keturunan atau genetik yang menyebabkan mudah mengalami jerawat.
  • Pola hidup dan pola makan yang tidak baik, dan lain sebagainya.

Beberapa kondisi diataslah yang dapat memicu tumbuhnya jerawat saat menggunakan bedak bayi. Oleh sebab itu anda perlu menghindari beberapa faktor penyebab munculnya jerawat, maupun menggunakan bedak bayi dalam batas wajar. Anda juga dapat melakukan hal-hal berikut ini:

Sponsors Link

  • Bagi sebagian orang bedak bayi memang dapat menyebabkan kulit sedikit kering, sehingga akan lebih baik jika anda juga dapat rutin menggunakan pelembab maupun rutin mencuci wajah anda.
  • Hindari penggunaan bedak bayi yang dicampur dengan produk-produk wajah yang mengandung zat kimia keras yang dapat memicu jerawat.
  • Cobalah menggunakan bedak bayi untuk beberapa hari terlebih dahulu untuk memastikan bahwa kulit anda cocok dan tidak menimbulkan iritasi maupun jerawat saat pemakaian.
  • Jika terdapat reaksi buruk saat pemakaian bedak bayi maka lebih baik segera diberhentikan untuk pemakaiannya .

Itulah dia beberapa penjelasan mengenai apakah bedak bayi bisa menimbulkan jerawat, terutama jika digunakan oleh kulit wanita dewasa. Perlu diingatkan kembali bahwa jenis kulit setiap orang berbeda-beda sehingga reaksi yang ditimbulkan atas penggunaan bedak bayi juga akan berbeda-beda pada setiap orang. Oleh sebab itu, anda perlu untuk memastikan dulu bahwa kulit anda cocok dengan formulasi dari bedak bayi yang akan digunakan, sehingga anda dapat terhindar dari risiko pemakaian bedak bayi pada kulit orang dewasa. Karena jika dilihat dari formulasi dan tujuan dari bedak bayi sendiri memang untuk kulit bayi yang masih sensitif.

ads
, , , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.