Sponsors Link

Apakah Bekas Jerawat Bisa Hilang Total? Ini Penjelasannya

Sponsors Link

Permasalahan yang selalu muncul bersama dengan jerawat adalah bekas jerawat. Ya, bekas jerawat bahkan lebih sulit dihilangkan dari jerawat itu sendiri. Masa yang diperlukan agar bekas jerawat dapat menghilangkan secara total lebih lama dari masa pertumbuhan jerawat hingga meradang dan sembuh. Ada bekas jerawat yang sifatnya berbulan bulan sehingga banyak orang bertanya apakah bekas jerawat bisa hilang total seperti semula.

Sponsors Link

Bekas jerawat adalah lapisan kulit yang muncul (disebut juga dengan keloid) yang menonjol di atas lapisan kulit normal membentuk lapisan baru sendiri. Bekas jerawat tidak hanya menonjol keluar tetapi juga bisa cekung ke dalam. Munculnya bekas jerawat adalah salah satu dampak psikologis akibat jerawat yang muncul setelah jerawat menghilang.

Adanya bekas jerawat membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Kulit wajah menjadi tidak mulus dan penuh dengan noda hitam. Apakah bekas jerawat bisa hilang total? Yuk kita cari tahu jawabannya.

Apakah Jerawat Bisa Hilang Total?

Setiap orang yang memiliki bekas jerawat pasti akan resah memikirkan berbagai cara terbaik untuk menghilangkan bekasnya. Banyak cara menghilangkan bekas jerawat untuk mendapatkan wajah mulus kembali yang bisa ditempuh.

Berbagai cara menghilangkan bopeng bekas jerawat secara alami juga bisa dilakukan untuk mengilangkan bekas jerawat. Jika menggunakan cara yang benar, baik itu dengan teknologi kecantikan modern atau dengan cara alami, bekas jerawat dapat hilang dengan sempurna. Namun jika terlalu terburu-buru bekas jerawat dapat meninggalkan luka parut yang sifatnya permanen.

Mencegah Munculnya Bekas Jerawat

Jerawat sebenarnya bisa hilang tanpa meninggalkan bekas apapun jika dirawat dengan benar. Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah agar bekas jerawat tidak muncul:

  • Tidak Memencet Jerawat

Memencet jerawat adalah kebiasaan yang paling sulit dihilangkan. Jerawat yang terasa nyeri dan gatal memang sangat menggoda untuk disentuh dan digaruk. Namun memencet jerawat bahkan hingga membuatnya pecah dan cairannya keluar membuat jerawat meninggalkan bekas. Bahaya memencet jerawat lainnya selain bekas jerawat adalah gangguan kesehatan karena saraf yang ikut terpencet. Jika sudah demikian, maka gangguan kesehatan yang lebih serius akan terjadi dan bahkan membahayakan keselamatan diri.

  • Tidak Melakukan Facial Saat Berjerawat

Facial adalah perawatan yang sangat disarankan untuk menjaga kecantikan kulit wajah. Manfaat facial antara lain adalah mengikis sel kulit mati, menghilangkan bekas jerawat. Namun facial sangat disarankan saat kondisi kulit sedang berjerawat karena dapat menyebabkan jerawat menjadi semakin parah, iritasi, bahkan infeksi pada kulit.

  • Tidak Menyentuh Wajah dengan Tangan

Salah satu penyebab bekas jerawat menghitam yang wajib diwaspadai adalah kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan, terutama saat berjerawat. Kebiasaan menggaruk luka jerawat hingga melepas lapisan korengnya akan menyebabkan munculnya bekas hitam yang semakin sulit untuk dihilangkan.

Dari ulasan di atas jelas bahwa bekas jerawat dapat hilang secara total. Kini tidak perlu diragukan lagi apakah bekas jerawat bisa hilang total. Namun lama waktu yang dibutuhkan oleh bekas jerawat hingga hilang secara menyeluruh tidak sama satu dengan yang lainnya, tergantung pada tingkat keparahan jerawat.

Agar jerawat tidak meninggalkan bekas yang meresahkan, jangan suka menyentuh dan memencet jerawat. Biarkan jerawat tumbuh dan akhirnya sembuh dengan sendirinya. Memaksakan jerawat segera sembuh dengan memencet jerawat hingga keluar cairan justru menyebarkan bakteri ke bagian wajah atau tubuh yang lain dan pertumbuhan jerawat menjadi semakin banyak. Sembuhkan jerawat dengan cara yang benar seperti konsultasi dengan dokter, perawatan salon, atau perawatan dengan bahan alami.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.