Sponsors Link

Apakah Facial Baik untuk Wajah Berjerawat? Berikut Penjelasannya

Sponsors Link

Facial memang memiliki berbagai macam jenis sesuai dengan kebutuhan perawatan kulit masing-masing, salah satunya adalah facial untuk wajah berjerawat. Memang manfaat facial untuk wajah berjerawat dapat membantu mengangkat kulit mati dan dan mengeluarkan jerawat dari dalam kulit. Tapi, apakah facial baik untuk wajah berjerawat? Pertanyaan ini masih sering menjadi perbincangan yang kontroversial, karena sebagian menganggap facial dapat membantu menyembuhkan jerawat dan ada pula yang percaya bahwa facial justru dapat memperparah jerawat. Belum lagi dengan efek samping yang ditimbulkan, walaupun tidak berjangka panjang. Jadi, sebenarnya apakah facial baik untuk wajah berjerawat? Simak ulasan berikut ini agar anda lebih hati-hati dalam menjaga dan merawat kulit wajah.

Sponsors Link

Cara Kerja Facial

Bagi anda yang belum pernah melakukan facial sebelumnya dan terpikir untuk melakukannya, maka anda perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara kera facial wajah. Biasanya, facial akan dilakukan dengan menggunakan alat yang mengeluarkan uap tipis atau steamer, fase ini berfungsi untuk menghangatkan kulit wajah sehingga pori-pori kulit akan terbuka lebar. Selain membuka pori-pori, fase ini juga berfungsi untuk melembutkan komedo dan jerawat. Setelah itu akan dilakukan fase pengelupasan untuk mengangkat sel-sel kulit mati, kotoran, komedo, dan menipiskan jerawat agar kulit dapat meregenerasi kembali. Kemudian akan dilakukan fase inti yaitu fase ekstraksi, dimana dilakukan suatu proses pembersihan komedo atau whiteheads, dan biasanya akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Oleh sebab itu perlu dilakukan oleh orang yang benar-benar ahli karena jika tidak maka dapat berkemungkinan menyebabkan luka pada kulit wajah. Setelah semua fase tersebut, maka fase terakhir adalah fase relaksasi dengan dilakukannya pijatan dan pemberian masker dan serum pada kulit wajah.

Manfaat Sebenarnya Facial

Untuk mengetahui sebenarnya facial baik untuk wajah berjerawat atau tidak maka perlu diketahui terlebih dahulu manfaat sebenarnya dari facial. Facial bermanfaat untuk membuat kulit wajah lebih bersih dan lembab bagi kulit yang normal maupun kulit berjerawat. Untuk kulit berjerawat sendiri sebenarnya facial bukan untuk menyembuhkan jerawat tetapi bermanfaat untuk mencegah munculnya jerawat kembali. Hal ini dikarenakan facial mampu mengangkat sel-sel kulit mati, komedo, serta kotoran yang menyumbat pori-pori wajah dan menyebabkan jerawat. Dengan diangkatnya kotoran pada kulit wajah, maka facial juga dapat dikatakan dapat mengontrol pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Efek Samping Facial

Selain manfaat, facial juga memiliki efek samping facial jerawat walaupun tidak untuk jangka panjang. Salah satu efek samping yang pasti terjadi adalah kulit wajah menjadi kemerah-merahan setelah facial selesai. Tidak sedikit pula yang mengalami wajah bengkak dan sakit setelah melakukan facial,terlebih lagi jika dilakukan saat wajah sedang berjerawat maka akan timbul rasa sakit yang luar biasa. Hal ini disebabkan karena ada nya tekanan yang dilakukan pada kulit wajah, dan tidak jarang pula ketika melakukan facial maka jerawat akan di pencet agar keluar. Jika jerawat anda belum matang maka hal ini akan menyebabkan peradangan yang lebih parah, infeksi pada kulit wajah, dan dapat pula memicu munculnya jerawat lebih banyak lagi.

Jadi, Apakah Facial Baik untuk Wajah Berjerawat?

Dilihat dari beberapa penjelasan diatas, memang melakukan facial saat berjerawat tidak disalahkan karena memang ada jenis facial untuk wajah berjerawat. Tetapi perlu diingat disini, bahwa melakukan facial saat wajah berjerawat sebaiknya tidak melakukan fase scrubbing atau pengikisan. Hal ini dikarenakan fase tersebut justru dapat memperparah  peradangan pada jerawat. Dimana sebaiknya peradangan yang memang sudah terjadi pada jerawat anda tidak diperparah dengan trauma fisik yang nantinya dapat menyebabkan bopeng bekas jerawat.

Jadi sebenarnya,  facial baik bagi wajah berjerawat juga tergantung pula dengan kondisi kulit, dan tingkat keparahan jerawat pada wajah anda. Facial dapat menjadi bahaya bagi wajah berjerawat jika jerawat yang belum matang mengalami tekanan saat facial, sehingga menyebabkan jerawat pecah secara terpaksa, hal ini dapat menyebabkan adanya infeksi pada kulit hingga memicu timbulnya jerawat lebih banyak. Namun, apabila jerawat pada wajah anda sudah matang dan sudah dapat dilakukan tindakan maka facial dapat membantu untuk mengangkat jerawat pada wajah anda.

Oleh sebab itu, baik atau tidaknya facial untuk wajah berjerawat tergantung pada seberapa perhatian anda dengan kondisi kulit wajah anda sendiri. Jadi sebelum melakukan facial untuk wajah berjerawat, anda harus tahu terlebih dahulu kondisi kulit, tingkat keparahan jerawat, hingga juga kredibilitas dari penyedia jasa facial yang akan anda pilih. Jangan sampai keputusan anda justru akan memperparah penampilan dan kesehatan kulit wajah anda.

Itulah beberapa penjelasan mengenai apakah facial baik untuk wajah berjerawat. Bagi anda yang masih ragu tidak perlu khawatir karena sekarang banyak cara mencegah jerawat dengan bahan alami, atau obat jerawat alami yang dapat anda coba, dan tentunya minim efek samping, karena segala sesuatu tentang jerawat memang sering meresahkan. Semoga bermanfaat.

ads
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.