Sponsors Link

Apakah Kacang Koro Menyebabkan Jerawat? Begini Penjelasannya

Sponsors Link

Kacang adalah salah satu jenis makanan paling bergizi karena mengandung protein dalam jumlah yang besar. Namun sayangnya, kacang memiliki reputasi yang kurang baik di kalangan wanita. Memakan kacang dipercaya dapat menyebabkan munculnya jerawat di wajah. Mitos ini sudah mengakar kuat sehingga banyak wanita yang tidak memakan kacang dengan alasan kacang dapat menyebabkan jerawat.

Sponsors Link

Kacang punya banyak macam dan jenis, salah satunya adalah kacang koro. Kacang ini sering dijadikan cemilan karena memiliki rasa yang gurih dan nikmat. Karena termasuk ke dalam jenis kacang kacangan, banyak yang bertanya apakah kacang koro menyebabkan jerawat? Jawaban atas pertanyaan tersebut akan dibahas melalui penjelasan di bawah ini:

Kandungan Gizi Kacang Koro

Berasal dari jenis kacang kacangan, tentu saja kacang koro memiliki banyak kandungan gizi. Kandungan gizi yang ada pada kacang koro mirip dengan kandungan yang ada di dalam kacang kedelai.

Kandungan gizi yang ada di dalam 70 gram kacang kedelai adalah:

Protein: 17 gram

Lemak: 15 gram

Lemak Jenuh: 7 gram

Karbohidrat: 36 gram

Serat 5 gram

Energi: 340 kkal

Gula: 10 gram

Sodium: 300 mg

Berbagai macam kandungan gizi di atas membuat kacang koro bermanfaat untuk kesehatan, antara lain:

  • Menurunkan kadar gula dalam darah
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Menurunkan resiko penyakit jantung
  • Melancarkan aliran darah
  • Menurunkan resiko hipertensi
  • Meningkatkan kesehatan kulit

Apakah Kacang Koro Menyebabkan Jerawat?

Banyak pertanyaan yang muncul, apakah kacang koro menyebabkan jerawat? Hal ini karena kacang koro memiliki kandungan yang hampir sama dengan kacang kedelai. Jika kacang kedelai termasuk ke dalam salah satu jenis kacang yang menyebabkan jerawat, maka kacang koro tidak demikian.

Jika dikonsumsi dengan benar, kacang koro justru baik untuk kesehatan kulit. Zat flavonoid yang ada di dalam kacang koro bermanfaat untuk memperbaiki sel kulit yang rusak. Selain itu, kacang koro juga kaya akan antioksidan yang membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh.

Sponsors Link

Dari penjelasan tersebut di atas, jelas bahwa kacang koro bukan termasuk makanan penyebab timbulnya jerawat. Namun demikian, kaum wanita harus tetap berhati hari dalam mengonsumsi kacang koro. Jika salah mengolah kacang ini, bisa bisa jerawat tumbuh semakin parah. Tips makan kacang tidak jerawatan adalah dengan tidak mengolah kacang koro dengan cara digoreng menggunakan minyak.

Minyak goreng akan meningkatkan kandungan lemak jenuh pada kacang koro, yang kemudian berpengaruh pada produksi minyak wajah. Hal inilah yang kemudian bisa menyebabkan munculnya jerawat.

Faktor Penyebab Jerawat

Makanan yang kita makan memang bisa menyebabkan munculnya jerawat. Namun hal tersebut bukanlah faktor utama dan satu satunya. Inilah beberapa faktor penyebab jerawat yang perlu diketahui:

  • Minyak berlebih di wajah. Bukan rahasia bahwa kulit berminyak lebih beresiko terkena jerawat. Tingginya produksi minyak menyebabkan potensi penyumbatan pori pori kulit lebih besar. Lakukan cara mencegah jerawat pada kulit berminyak dengan benar untuk mengatasi masalah ini.
  • Hormon di dalam tubuh tidak seimbang. Masalah hormon seringkali terjadi pada wanita, terutama saat siklus menstruasi datang. Penyebab lain adalah stress, begadang, dan gaya hidup tidak sehat. Temukan cara mengurangi hormon androgen penyebab jerawat pada wanita.
  • Tidak menjaga kebersihan wajah. Penumpukan kotoran di wajah dapat menyumbat pori, kemudian meradang menjadi jerawat. Rajinlah membersihkan wajah, terutama setelah selesai beraktivitas di luar ruangan. Juga jangan membiarkan make up menempel terlalu lama di wajah, karena juga bisa menyebabkan jerawat.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.