Sponsors Link

Apakah Kulit Berjerawat Boleh Memakai Foundation? Begini Trik Pakainya !

Sponsors Link

Wanita dan makeup merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan setiap harinya. Bahkan banyak pula wanita yang menggunakan makeup untuk menutupi jerawat yang tumbuh di area wajah. Namun tahukah anda bahwa penggunaan makeup juga ada kaitannya dengan penyebab munculnya jerawat di kulit wajah. Terutama bagi mereka yang sering malas membersihkan wajah setelah penggunaan makeup.

Sponsors Link

Lantas bagaimana dengan penggunaan makeup seperti foundation saat kulit berjerawat? Apakah diperbolehkan atau tidak? Berikut ini akan dibahas lebih lanjut lagi mengenai apakah kulit berjerawat boleh memakai foundation atau tidak. Bagi anda yang memang gemar menggunakannya perlu menyimak ulasan berikut ini.

Penyebab Jerawat

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai pemakaian foundation pada kulit berjerawat, perlu anda pahami terlebih dahulu mengenai penyebab jerawat, terutama yang berhubungan dengan penggunaan makeup. Penyebab jerawat memang pada dasarnya belum bisa dipastikan secara jelas, hanya saja secara umum penyebab munculnya jerawat memang berkaitan erat dengan kondisi hormon penyebab jerawat didalam tubuh. Namun tidak hanya berhubungan dengan hormon saja, tetapi juga dapat berhubungan dengan kebersihan kulit, penggunaan produk kecantikan, hingga juga pola hidup yang tidak sehat.

Pada dasarnya, jerawat muncul disebabkan karena adanya penyumbatan pada pori-pori kulit karena produksi minyak atau sebum yang berlebihan. Ditambah lagi dengan kondisi kulit yang kotor atau terdapat banyak tumpukan kulit mati yang tidak dibersihkan. Kulit yang kotor tersebut dapat disebabkan karena penggunaan makeup seperti penggunaan foundation yang tidak dibersihkan dengan benar, sehingga menumpuk dan menambah penyumbatan pada pori-pori kulit. Apabila penyumbatan tersebut terserang oleh bakteri penyebab jerawat maka munculnya jerawat maupun peradangan pada jerawat tidak dapat di hindari lagi. Oleh sebab itulah, rutin mencuci wajah maupun membersihkan wajah merupakan hal yang wajib dilakukan, terutama bagi anda yang gemar menggunakan makeup seperti foundation.

Foundation pada Kulit Berjerawat

Memang tidak ada larangan mengenai penggunaan makeup saat kulit berjerawat, bahkan juga banyak yang menggunakannya justru untuk membantu menutupi jerawat di kulit. Namun apakah menggunakan foundation maupun makeup lainnya pada kulit berjerawat itu tidak akan bermasalah? Menurut beberapa informasi, memang menggunakan makeup seperti foundation pada kulit berjerawat tetap diperbolehkan. Asalkan makeup atau foundation yang digunakan memang benar-benar yang sesuai dengan jenis kulit masing-masing. Perlu diinformasikan kembali bahwa setiap orang itu memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, sehingga reaksi penggunaan baik saat kulit normal maupun saat kulit berjerawat juga akan berbeda-beda satu sama lainnya.

Penggunaan foundation pada kulit berjerawat memang tidak dilarang, namun anda juga perlu waspada dan selalu mengutamakan kebersihan kulit anda. Beberapa cara yang dapat anda lakukan agar tetap dapat menggunakan foundation pada kulit berjerawat anda, diantaranya adalah:

  • Gunakan Sewajarnya

Penggunaan foundation pada kulit berjerawat dapat meningkatkan risiko akan penyumbatan pori-pori kulit yang semakin tebal. Oleh sebab itu, jika anda ingin menggunakan foundation saat berjerawat maka gunakanlah dengan batas wajar, atau anda dapat mengurangi penggunaannya. Jangan digunakan secara berlebih dan tebal-tebal pada kulit berjerawat.

  • Bersihkan dengan Benar

Jika anda menggunakan foundation pada kulit berjerawat maka anda perlu memperhatikan kebersihan setelahnya. Anda wajib membersihkan wajah anda dengan benar, seperti menggunakan milk cleanser, menggunakan air bersih dan sabun muka, dan lain sebagainya. Jangan sampai anda lupa untuk membersihkan foundation yang menempel pada kulit berjerawat anda, karena justru dapat memicu pertumbuhan jerawat lainnya.

  • Gunakan Foundation Berformula Ringan

Anda juga dapat menggunakan foundation yang berformula ringan bagi kulit anda, seperti beberapa merk foundation untuk kulit berjerawat, jangan pilih foundation yang berformula yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit anda. Hal ini penting diperhatikan terutama bagi kulit berjerawat dan berminyak, karena penggunaan foundation yang berat bagi kulit dapat menyebabkan peradangan dan juga memperparah jerawat pada kulit anda.

Sponsors Link

  • Cuci Muka Hingga Bersih Sebelum Pemakain Foundation

Tidak hanya membersihkan muka setelah pemakaian foundation saja, tetapi anda juga perlu mencuci muka hingga bersih sebelum anda menggunakan foundation dan makeup penunjang lainnya. Anda juga dapat menambahkan penggunaan pelembab sebelum penggunaan foundation. Jika perlu anda juga perlu mengetahui mengenai cara mencuci muka yang benar untuk kulit berjerawat, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan pada jerawat anda.

  • Hindari Penggunaan Primer dan Beauty Blender

Cara yang terakhir adalah dengan menghindari penggunaan primer sebelum penggunaan foundation. Hal ini disebabkan karena primer tidak cocok bagi kulit berjerawat, karena dapat meresap  kedalam pori-pori kulit anda. Kondisi tersebut dapat menyebabkan penyumbatan epidermis oleh kandungan primer yang meresap. Selain itu, hindari pula penggunaan beauty blender karena dapat mengunci terlalu banyak foundation pada pori-pori kulit anda. Kondisi tersebut pastinya tidak baik bagi kondisi kulit berjerawat.

Demikian ulasan mengenai apakah kulit berjerawat boleh memakai foundation, dimana sebenarnya memang diperbolehkan karena tidak ada larangannya. Namun tetap perlu waspada dan memperhatikan hal-hal diatas tersebut.

ads
, , , ,
Oleh :
Kategori : Kosmetik
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.