Sponsors Link

12 Arti Letak Jerawat dalam Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Jerawat dapat dikategorikan sebagai penyakit kulit yang ringan. Munculnya jerawat disebabkan oleh penyumbatan pori oleh sebum dan bakteri serta debu yang menempel pada kulit wajah. Sebum sebenarnya berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit. Namun pada tipe kulit berminyak, produksi sebum mengalami kelebihan hingga menyumbat pori-pori kulit. Sebelum berkembang menjadi jerawat, akumulasi kotoran dan sebum ini muncul sebagai komedo. Karena terus dibiarkan tanpa mendapatkan perawatan yang tepat, komedo berkembang menjadi whitehead yang merupakan cikal bakal munculnya jerawat.

Sponsors Link

Baca juga:

Jerawat muncul akibat infeksi bakteri bernama P. Acnes yang hidup pada kelenjar minyak kulit yang tersumbat. Penyumbatan ini kemudian mengalami peradangan hingga memunculkan pustula (nanah) pada benjolan yang muncul.

Jerawat paling sering muncul pada wajah, karena bagian ini yang paling banyak terpapar sinar matahari dan polusi serta radikal bebas. Ahli kesehatan mengungkapkan, munculnya jerawat pada wajah bukan semata karena bakteri dan kotoran saja. Munculnya jerawat pada area tertentu menjadi tanda adanya gangguan kesehatan pada organ tubuh yang lain. Bagian tubuh manakah yang terganggu berdasarkan munculnya jerawat? Yuk simak arti letak jerawat dalam kesehatan tubuh berikut:

Baca juga:

1. Jerawat di jidat bagian kanan dan atau kiri

Jika jerawat muncul di jidat Anda pada bagian kiri atau kanan, itu menunjukkan organ pencernaan sedang mengalami masalah. Mungkin Anda sedang menderita maag atau asam lambung sedang naik. Kurangi konsumsi makanan instan seperti junk food dan makanan berlemak lainnya. Untuk menjaga kondisi pencernaan, perbanyak minum air putih dan konsumsi buah sayur yang segar.

2. Jerawat muncul di antara kedua alis mata

Jerawat yang muncul di area antara kedua alis mata menunjukkan organ liver yang sedang mengalami gangguan. Segera terapkan pola hidup sehat dan hindari konsumsi produk alkohol. Sebaiknya jangan makan makanan tinggi kolestrol seperti daging, kulit, berbagai macam gorengan, susu, dan makanan tinggi lemak lainnya. Terapkan pola tidur sehat minimal 8 jam per hari dan hindari begadang pada malam hari. Jerawat pada area ini biasanya juga dipicu oleh alergi makanan tertentu. Hentikan konsumsi makanan yang mungkin menyebabkan reaksi alergi pada tubuh Anda.

Baca juga:

3. Jerawat tumbuh di pelipis sebelah kanan atau kiri

Jerawat juga bisa muncul di pelipis, yakni area tepi muka antara alis mata dengan akar rambut. Apabila jerawat tumbuh pada kedua area ini, menandakan bahwa tubuh sedang kekurangan cairan atau dehidrasi. Perbanyak konsumsi air putih agar jerawat segera sembuh dan hilang. Konsumsi buah yang banyak mengandung air seperti melon, mentimun, dan labu juga bisa membantu mengembalikan cairan tubuh.

Baca juga:

4. Jerawat tumbuh pada area hidung

Hidung adalah salah satu area yang paling sering ditumbuhi jerawat. Hidung berada pada daerah T, dimana produksi minyak paling banyak dihasilkan oleh daerah tersebut. Arti Letak Jerawat di area hidung, menandakan gangguan pada jantung Anda. Segera periksa tekanan darah Anda dan kurangi konsumsi makanan yang pedas, minuman berenergi, kurangi konsumsi garam yang berlebihan. Perbanyak makan buah dan sayur untuk menjaga tekanan darah. Pori-pori pada hidung juga rawan membesar, oleh karena itu rajin-rajinlah membersihkan wajah dan hindari pemakaian make up yang berlebihan.

Baca juga:

Sponsors Link

5. Jerawat tumbuh di area telinga

Jerawat bisa tumbuh di bagian wajah mana saja, termasuk di telinga lho. Jerawat yang tumbuh di telinga menandakan organ ginjal sedang terganggu. Perbanyak minum air putih dan hentikan konsumsi minuman bersoda, berkarbonasi, minuman berkafein, dan alkohol.

6. Jerawat muncul di area bawah mata dan pipi

Jerawat yang muncul di area bawah mata dan pipi menunjukkan bahwa saluran pernapasan mengalami gangguan. Jerawat yang muncul di area ini banyak dialami oleh perokok berat. Untuk mengatasinya, kurangi konsumsi minuman berkafein, beralkohol dan minuman berkadar gula tinggi. Biasakan menghirup udara segar di pagi hari untuk menyegarkan saluran pernapasan. Oh iya, jerawat yang muncul di pipi juga bisa disebabkan oleh layar HP yang kotor lho. Waktu Anda sedang bertelepon, saat itu pula bakteri yang ada pada layar HP berpindah ke pipi Anda dan menimbulkan jerawat. Selalu jaga kebersihan layar HP ya.

Baca juga:

7. Jerawat muncul di area dagu kanan atau kiri dekat ujung bibir

Salah satu pemicu munculnya jerawat diakibatkan hormon yang tidak seimbang. Jerawat karena hormon sering dialami oleh wanita menjelang menstruasi atau ibu hamil. Pada saat itu produksi hormon meningkat hingga menyebabkan ketidakseimbangan yang memicu munculnya jerawat. Munculnya jerawat pada dagu kanan dan kiri dekat ujung bibir dipicu oleh penyebab hormonal. Di sisi mana jerawat ini tumbuh menunjukkan pula di sisi mana ovulasi sedang terjadi. Kurangi stress dan jaga kebersihan kulit jika jerawat mulai muncul di area ini. Tidur cukup minimal 8 jam per hari, perbanyak minum air putih, dan konsumsi sayuran yang segar.

8. Jerawat muncul di dagu bagian tengah dan bawah

Jerawat yang muncul pada dagu bagian tengah dan bawah mengindikasikan adanya gangguan pada organ perut Anda. Mungkin Anda sedang mengalami mual, diare atau susah buang air besar. Bisa juga disebabkan perut Anda yang kembung. Untuk mengatasinya, perbanyak mengonsumsi serat jika Anda mengalami sembelit. Namun jika Anda diare, segera konsumsi obat-obatan yang tepat untuk menghentikan diare. Hindari pula mengonsumsi makanan atau minuman dengan kadar asam tinggi seperti susu dan berbagai produk olahannya agar kondisi perut tidak semakin parah.

ads

Baca juga:

9. Jerawat muncul di area leher

Selain di telinga, jerawat juga bisa muncul di sekitar leher lho. Munculnya jerawat di area ini menunjukkan tubuh sedang terinfeksi bakteri dan berjuang agar tidak terjangkit penyakit. Rilekskan pikiran dengan liburan singkat, yoga, meditasi, atau dengan tidur siang. Badan yang rileks cenderung lebih mudah terhindar dari penyakit.

Penerapan pola hidup sehat adalah cara terbaik untuk menghindari munculnya jerawat yang berlebihan. Selain itu mengurangi konsumsi makanan berlemak juga tidak kalah pentingnya, apalagi jika kulit Anda adalah tipe kulit berminyak. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan wajah. Wajah yang kurang bersih adalah sanrang bertumbuhnya bakteri penyebab jerawat. Semoga bermanfaat buat Anda semua ya!

10. Jerawat muncul di area pundak dan bahu kanan kiri

Jerawat juga bisa muncul di pundak dan bahu lho. Bentuknya pun juga benjolan berisi cairan yang terasa nyeri, sama seperti jerawat di muka. Anda yang memiliki jerawat di area ini adalah pertanda bahwa tubuh Anda sedang tegang dan berada dalam tekanan tinggi. Stress yang Anda alami menyebabkan Anda menjadi lebih sensitif. Pergilah berlibur sebentar dan terapkan pola tidur yang cukup untuk mengurangi stress.

11. Jerawat muncul 

Punggung adalah area lain pada tubuh yang rentah terkena jerawat. Jerawat punggung biasanya muncul berupa jerawat kecil-kecil yang tidak berisi. Namun pada beberapa kondisi jerawat juga bisa meradang. Munculnya jerawat pada punggung bisa disebabkan air yang Anda gunakan untuk mandi. Air yang Anda gunakan mungkin kurang bersih atau Anda tidak cocok dengan sabun mandi. Jerawat punggung juga bisa disebabkan keringat berlebih dan alergi terhadap bahan pakaian tertentu.

12. Jerawat muncul di area perut

Kemunculan jerawat di area perut memang jarang terjadi. Bagian tubuh ini tidak memiliki banyak kelenjar keringat sehingga tidak rawan ditumbuhi jerawat. Tapi bukan berarti jerawat tidak bisa tumbuh di sana. Jika Anda memiliki jerawat di area ini, segera periksa tekanan darah dan kadar gula Anda. Jerawat tersebut bisa jadi adalah pertanda gula darah Anda sedang naik.

Itulah arti letak munculnya jerawat dan kaitannya dengan organ tubuh lain. Munculnya jerawat di area tertentu bukan berarti organ mengalami penyakit serius atau parah. Kemunculan jerawat hanya sebagai pertanda awal bahwa mereka perlu beristirahat. Terapkan pola hidup sehat agar organ dapat bekerja secara normal dan wajah juga tidak berjerawat.

Baca juga:

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 02nd, August 2017 / 10:52 Oleh :
Kategori : Pencegahan