Sponsors Link

5 Bahaya Baking Soda untuk Jerawat

Sponsors Link

Jerawat merupakan permasalahan yang mengganggu kulit wajah, dimana tidak kunjung usai, sehingga perlu diatasi hingga penyebab jerawat. Saat ini, segala sesuatu tentang jerawat sering membuat rasa percaya diri kita menurun, terutama bagi para remaja yang baru saja mengalami masa akil balik. Terdapat berbagai cara untuk menghilangkan jerawat, seperti misalnya menggunakan masker untuk kulit berjerawat yang terbuat dari bahan-bahan herbal, hingga penggunaan bahan kimia yang ada di apotik seperti serum wajah jerawat.

Sponsors Link

Penyebab jerawat sangat bervariasi, seringkali kita tidak menyadari bahwa bahan-bahan tertentu ternyata dapat berbahaya bagi jerawat. Salah satunya bahan yang ternyata harus anda perhatikan ialah baking soda.

Baking Soda

Baking soda merupakan salah satu bahan dalam pembuatan kue yang digunakan sebagai pengembang adonan. Baking soda merupakan salah satu bahan kimia sintetis yang memiliki nama dangang kimia natrium bikarbonat atau sodium bikarbonat. Baking soda dapat dibuat melalui proses Solvay. Pada proses tersebut, natrium klorida, amonia, dan karbondioksida akan direaksikan bersama dengan dilarutkan dalam air.

Rumus kimia dari baking soda ialah NaHCO3, dimana baking soda dapat dibuat dari natrium karbonat (soda cuci atau soda abu) yang dilarutkan dalam air, dan kemudian direaksikan dengan karbondioksida sesuai persamaan berikut ini:

Na2CO3 + CO2 + H2O → 2 NaHCO3

Saat ini, baking soda juga kerap kali digunakan untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Bahkan, baking soda atau soda kue memiliki manfaat sebagai cara menghilangkan jerawat dengan soda kue. Akan tetapi, ternyata baking soda memiliki efek tidak baik untuk jerawat.

Seperti apakah bahayanya? Simaklah artikel ini!

Bahaya Baking Soda untuk Jerawat

Sebagai bahan kimia, baking soda sering digunakan untuk kulit sebagai agen pembersih, pemutih, dan dapat mencerahkan kulit wajah hanya dalam waktu singkat. Kulit wajah akan menjadi putih, bersih, serta membantu menghilangkan jerawat. Kelebihan lain yang dimiliki oleh baking soda ialah harganya terjangkau, dapat ditemukan dimana saja, dan efeknya yang cepat dan menjanjikan.

Oleh sebab itu, banyak orang mencoba menggunakan baking soda sebagai cara instan untuk menjaga kulit wajah. Nah, ternyata baking soda juga memiliki bahaya yang mengancam jerawat. Berikut ini ialah bahaya yang dapat ditimbulkan:

1. Kandungan bahan bersifat kuat, keras, dan kurang aman untuk kulit wajah

Baking soda termasuk dalam bahan yang bersifat keras, dimana biasanya digunakan sebagai pembersih, misalnya pembersih keramik. Baking soda dapat menjadi bahaya pada dosis atau takaran yang terlalu tinggi. Oleh sebab itu, karena sifat dari baking soda yang kuat, keras, dan kurang aman, maka diperlukan resep dokter untuk memberikan anjuran pemakaian sehari-hari baking soda sebagai obat jerawat.

Selain baking soda, cobalah untuk menggunakan bahan alami untuk mengatasi jerawat, seperti :

Sponsors Link

2. Merusak lapisan epidermis kulit

Jaringan kulit kita terdiri dari beberapa lapisan. Lapisan paling luar kulit disebut sebagai lapisan epidermis yang bermanfaat dalam melindungi tubuh dari bahaya sinar matahari yang terdapat sinar ultraviolet.  Selain itu, epidermis juga memiliki manfaat dalam melindungi dari kotoran dan debu menyebabkan jerawat sehari-hari. Di dalam baking soda, terkandung senyawa alkaline yang dapat merusak lapisan epidermis kulit sehingga tidak baik untuk digunakan.

Sifat baking soda sebagai exfoliation agent atau agen pengelupasan kulit sebenarnya memiliki keuntungan, yaitu dapat mengangkat sel kulit mati sehingga kulit akan tampak bersih dan cerah. Akan tetapi jika penggunaannya dalam dosis berlebihan, maka lapisan epidermis atau kulit ari yang tipis akan menjadi semakin tipis dan bahkan bisa ikut terkelupas. Hal ini akan berdampak pada jerawat di wajah yang tumbuh pada lokasi jaringan kulit lebih dalam.

Baking soda yang digunakan sebagai pembersih wajah maupun dalam obat jerawat memiliki banyak resiko. Ada baiknya anda mengetahui ciri-ciri obat jerawat berbahaya sebelum membeli. Kerusakan kulit yang diakibatkan oleh baking soda ternyata dapat bersifat permanen. Oleh sebab itu, pilihlah obat dengan kandungan baking soda yang aman untuk kulit wajah.

3. Menyebabkan bengkak dan iritasi pada kulit

Baking soda ternyata juga dipengaruhi oleh sensitivitas kulit. Beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan dengan penggunaan baking soda ialah iritasi, kulit timbul kemerahan, serta rasa perih dan bengkak. Oleh sebab itu, penggunaan dalam jangka waktu panjang  memerlukan aturan yang sesuai, beserta tempat simpan yang memadai

Sponsors Link

Sebagai pembanding, anda pasti mengetahui aluminium foil. Aluminium foil ternyata bisa rusak oleh soda kue, nah terbayangkah oleh anda bagaimana kulit, terutama kulit wajah yang halus dan berstruktur lembut akan menjadi rusak. Baking soda termasuk dalam kelompok garam basa dengan sifat alkaloid, korosif, dan abrasif. Sifat-sifat ini tidak cocok untuk kulit sensitif, sehingga sebagai efeknya kulit akan mengalami iritasi, bengkak kemerahan, dan muncul rasa nyeri. Pada kasus yang parah, kulit dapat menjadi terbakar sehingga akan menimbulkan luka.

Hal ini berhubungan erat dengan jerawat, dimana jerawat yang bengkak dapat menjadi bertambah parah lukanya. Maka dari itu, perhatikan cara mengurangi pembengkakan jerawat  dan cara menghilangkan bopeng bekas jerawat secara alami yang aman untuk dilakukan.

4. Kulit menjadi kering

Baking soda terkenal dapat mengatasi kulit yang berminyak. Perlu anda ketahui juga Pelembab Dan Pembersih Untuk Kulit Berjerawat Dan Berminyak. Hal ini diukung oleh senyawa alkaloid atau senyawa dengan sifat basa yang ada di dalam baking soda, dimana ampuh dalam mengatasi minyak yang diproduksi berlebih. Penggunaan baking soda yang terlalu sering ternyata efeknya tidak baik untuk wajah, yakni dapat menurunkan produksi minyak atau sebum di wajah. Dengan demikian, kulit akan menjadi lebih kering. Kulit yang kering tentunya menyulitkan proses penyembuhan jerawat.

Efek lain dari kulit yang kering ialah kulit nampak kusam, tidak bersinar, tidak elastis, dan kendur. Bahaya lebih lanjutnya lagi ialah munculnya keriput sebelum waktunya. Untuk itu, gunakanlah Masker untuk Kulit Berjerawat.

5. Meninggalkan bekas permanen, kusam dan bercak hitam

Baking soda yang merupakan salah satu bahan dalam pembuatan kue ternyata juga dapat meninggalkan bekas permanen. Baking soda tidak baik jika digunakan berlebihan, maka perlu diperhatikan frekuensi penggunaan sebab dapat berdampak buruk bagi kesehatan kulit. Kulit wajah yang halus dapat menjadi kusam dan menjadi bercak-bercak hitam.

Hal ini tidak membantu menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam, tetapi justru menambah bekas-bekas yang tidak diinginkan di kulit. Anda juga perlu mengetahui:

Nah setelah membaca artikel di atas, pertimbangkanlah hal-hal di atas sebelum memutuskan untuk menggunakan baking soda sebagai pencerah kulit. Bahaya-bahaya yang timbul mungkin tidak anda rasakan, namun tetaplah waspada agar tidak terjadi hal tidak diinginkan.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Herbal
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.