Sponsors Link

13 Bahaya Jerawat Bengkak dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat adalah hal yang selalu ditakuti oleh semua orang, baik laki-laki atau perempuan. Berbagai dampak banyak ditimbulkan oleh kehadiran jerawat ini, salah satunya adalah dampak psikologis akibat jerawat yang mengkhawatirkan. Namun, sebenarnya jerawat tidak perlu ditakuti secara berlebihan karena hal ini memang muncul alamiah atau dengan sendirinya saat seseorang memasuki usia remaja. Penyebab timbulnya antara jerawat di bagian-bagian anggota tubuh juga berbeda-beda. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat mendorong munculnya jerawat :

Sponsors Link
  • Faktor genetik dan munculnya hormon
  • Kadar bakteri penyebab jerawat, debu menyebabkan jerawat dan polusi
  • Kandungan minyak pada wajah dan rasa sensitif
  • Asupan nutrisi yang tidak seimbang
  • Wajah yang kurang bersih
  • Efek penularan
  • Rasa stress dan depresi
  • Efek dari terapi pengobatan tertentu

Sebenarnya jerawat yang muncul di sekitar anggota tubuh kita dapat sembuh dengan sendirinya, namun terkadang setiap orang tak sabar untuk menghilangkannya dengan menggunakan berbagai cara. Alhasil, penggunaan cara yang salah ternyata bukan malah membuat jerawat sembuh, akan tetapi malah membuat jerawat menjadi benagkak.

Bahaya Jerawat Bengkak

Jerawat membengkak adalah jerawat yang sedang mengalami peradangan atau bahkan akibat dari terinfeksi oleh kuman propioacnes bacterium. Pada dasarny semua penyebab utama jerawat di manapun berada adalah akibat menyumbatnya pori-pori kulit karena kandungan minyak berlebih sehingga membuat sel kulit mati menjadi menumpuk dan menyebabkan jerawat. Pembiaran jerawat ini dapat menyebabkan peradangan pada jerawat lalu kemudian bisa membuat jerawat bengkak. Jerawat bengkak sangat berbahaya sekali bagi kondisi kulit Anda antara lain :

  • Jerawat bengkak di pipi berpotensi pecah dan mengeluarkan nanah
  • Jerawat bengkak di pipi bisa menyebar ke bagian kulit lainnya
  • Jerawat bengkak di pipi menyebabkan rasa perih dan sakit yang tak tertahankan
  • Jerawat bengkak di pipi bisa menjadi menjadi besar dan bertambah parah

Sekarang kita juga akan mengetahui banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengobati jerawat yang bengkak tersebut, antara lain :

  1. Perawatan Kulit Wajah

Pastikan bahwa kulit wajah Anda selalu dalam keadaan bersih, terhindar dari kuman dan bakteri. Bagaimana caranya? Yakni dengan mencuci dan membersihkan wajah setidaknya 2 kali sehari. Jangan mencuci hanya dengan menggunakan air saja namun tambahkan dengan pemakaian sabun antibakteri khusus bagi Anda yang memiliki wajah berminyak, sedangkan Anda yang memiliki wajah normal bisa memakai jenis sabun yang cocok dengan jenis kulit Anda.

Setelah itu basuh muka Anda dengan air dingin, karena air dingin terbukti lebih bagus dibandingkan dengan air hangat. Akan tetapi, jangan mencuci muka terlalu sering sebab hanya akan mengurangi kelembaban kulit Anda dan jerawat bengkak tak kunjung sembuh. Untuk mengusa lap keringat, perhatikan pula lap atau sapu tangan yang Anda pakai. Pastikan bahwa lap Anda dalam keadaan bersih.

  1. Penggunaan Obat Jerawat

Obat jerawat juga dapat digunakan untuk membantu menyembuhkan jerawat bengkak. Anda bisa mengoleskan oabt jerawat dengan kandungan benzoil peroksida yang berfungsi mencegah penyumbatan pori-pori kulit dan membuat kulit wajah Anda menajdi halus. Akan tetapi, perhatikan cara penggunannya sebab obat jerawat juga dapat menyebabkan iritasi sehingga menggunakan sesuai dengan dosis yang disarankan sangat dianjurkan.

Apabila memang dibutuhkan, Anda juga dapat meminum antibiotik oral yang berfungsi untuk memudahkan mengecilkan jerawat bengkak. Kemudian hindari menggunakan kosmetik, tabir surya, masker dan pelembab yang mempunyai sifat oily dan comedogenik.

  1. Kelola Stress

Stress yang Anda alami dapat memicu berkembangnya jerawat di wajah Anda. Ini diakibatkan dari aktivitas kelenjar stress di dalam tubuh yang bekerja secara berlebihan. Semakin Anda stress, bengkak jerawat di wajah Anda bukan malah berkurang, akan tetapi semakin bertambah parah. Jadi, usahakan Anda bisa mengelola stress sehingga tak membuat stress Anda meningkat menjadi depresi dengan berbagai cara alternatif seperti banyak melakukan rekreasi, mendekat kepada Allah dan membiasakan menceritakan masalah kepada teman terdekat.

Sponsors Link

  1. Seimbangkan Pola Makan

Setelah Anda dapat mengelola stress yang Anda miliki, seimbangkan pola makan Anda dengan menghindari makanan penyebab jerawat seperti makanan junk food yang banyak mengandung lemak dan minyak berlebih kemudian memperbanyak mengkonsumsi sayuran anti jerawat sehingga jerawat bengkak Anda menjadi sembuh.

  1. Menggunakan Es Batu

Cara alami yang bisa Anda gunakan untuk mengobati jerawat bengkak adalah es batu. Efek dingin yang dihasilkan dari esbatu membantu mengurangi pembengkakan jerawat yang ada di wajah Anda. Caranya pun cukup mudah, hanya langsung diaplikasikan atau dikompres secara langsung terhadap kulit wajah Anda. Lakukan langkah ini setiap hari untuk memaksimalkan manfaat es batu untuk jerawat yang bengkak.

  1. Menggunakan Bawang Putih

Selain es batu, bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk bengkak pada jerawat bengkaka adalah menggunakan bawang putih. Manfaat bawang putih untuk jerawat  sangat baik dan berkhasiat untuk membantu proses pembunuhan bakteri penyebab jerawat dan kuman, juga mampu membersihkan daerah sekitar jerawat yang bengkak. Cara mengaplikasikan baawang putih ke jerawat yang bengkak pun sangat mudah. Anda hanya perlu menyediakan bawang putih, lalu potong. Setelah itu tempelkan potongan tersebut ke jerawat yang bengkak. 

Sponsors Link

  1. Mengoleskan Minyak Zaitun

Selain minyak zaitun bermanfaat sebaga cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun, minyak zaitun juga dapat berfungsi mengobati pembengkakan jerawat di anggota tubuh Anda. Cara menghilangkan bengkak jerawat dengan minyak zaitun juga cukup mudah yaitu cukup dengan mengoleskanya pada jerawat yang bengkak semabri memijatnya dengan perlahan. Pijatan ringan ini akan mengurangi pembengkakan yang terjadi pada kulit wajah Anda.

  1. Menggunakan Masker Putih Telur

Cara selanjutnya yang bisa Anda aplikasikan untuk mengobati jerawat bengkaka adalah dengan memanfaatkan khasiat putih telur. Kandungan zat yang terdapat dalam putih telur membantu Anda mengobati jerawat yang bengkak. Anda cukup memisahkan kuning telur dan putih telur lalu oleskan putih telur tersebut secara langsung pada bagian jerawat yang mengalami pembengkakan. Diamkan olesan tersebut beberapa saat hingga sedikit mengering. Kemudian bilas dengan menggunakan air dingin atau air garam sehingga dapat memaksimalkan khasiat bawang putih. Lakukan langkah ini setiap 2-3 kali sehari.

Demikian bahaya dan cara mengatasi bengkak pada jerawat. Semoga kita terhindar dari bengkak jerawat dan cara untuk mengatasi bengkak jerawat dapat diaplikasikan dengan mudah. Dan mulailah Anda untuk belajar cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat , semoga bermanfaat.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan