Sponsors Link

6 Bahaya Jerawat Pasir di Wajah

Sponsors Link

Berdasarkan dari macam-macam jenisnya jerawat memiliki ukuran yang berbeda-beda. Dan nama untuk setiap jerawat biasanya dilihat berdasarkan ukuran dari jerawat itu sendiri. Pernahkan Anda mendengar nama jerawat pasir ?, ya jerawat pasir merupakan jerawat yang muncul pada kulit wajah dengan ukuran yang kecil-kecil namun dalam jumlah yang banyak. Jerawat ini kadang tidak terlihat dengan mata telanjang melainkan setelah diraba baru akan terasa bahwa kulit Anda tidak mulus lagi.

Sponsors Link

Jerawat pasir disebabkan karena banyak faktor baik faktor internal dan eksternal tubuh. Disisi lain yang namanya jerawat meskipun tidak terlalu berbahaya dibandingkan masalah kulit lainnya. Namun tetap memerlukan penanganan yang tepat karena bahaya yang bisa saja disebabkan oleh jerawat itu sendiri, termasuk jerawat pasir. Dan ternyata inilah beberapa bahaya jerawat pasir pada wajah antara lain :

1.Kulit terasa perih

Bahaya pertama dari jerawat pasir adalah membuat kulit wajah Anda akan terasa perih. Perih yang terasa bisa dirasakan saat Anda hendak membersihkan wajah. Rasa perih terjadi akibat peradangan pada jerawat. Sehingga jerawat dan kulit yang ada disekitarnya akan terasa perih. Bagi Anda yang baru pertama kali memiliki masalah dengan jerawat tentunya hal ini akan cukup menganggu sekali dalam aktifitas sehari-hari.

Artikel terkait :

2. Rasa panas pada kulit

Bahaya yang kedua dari jerawat pasir yang ada pada wajah adalah rasa panas pada kulit. Selain membuat kulit terasa perih kehadiran jerawat pasir pada wajah juga membuat kulit terasa panas. Rasa panas yang muncul bisa disebabkan karena jumlah jerwat pasir yang banyak pada wajah. Jadi meskipun ukuran dari jerawat pasir ini kecil namun jika jumlahnya banyak dapat menimbulkan rasa panas dikulit.

(Baca juga :Cara menghilangkan jerawat dengan air hangat)

3. Bopeng jerawat

Jerawat yang terdapat pada kulit bisa juga menimbulkan bopeng pada wajah. Bopeng pada wajah adalah lubang-lubang yang terdapat pada kulit akibat memencet jerawat yang sedang meradang. Akibatnya luka yang ditimbulkan oleh jerawat meninggalkan semacam bopeng pada kulit. Bopeng pada kulit memang tidak berbahaya hanya saja kehadiran bopeng dapat membuat kulit wajah tidak menjadi cantik lagi. Untuk itu sebaiknya jangan pernah memencet jerawat pada wajah Anda.

Artikel terkait :

4. Noda bekas jerawat

Bahaya yang keempat pada jerawat pasir yang tumbuh pada wajah adalah meninggalkan bekas jerawat. Jadi saat jerawat sudah mulai mengempes perlahan jerawat akan meninggalkan noda bekasnya. Warna dari noda bekas jerawat dapat berupa warna hitam dan warna merah. Untuk itu noda bekas jerawat juga dapat membuat penampilan Anda kurang menarik terutama wanita. Jadi untuk menghilangkan noda bekas jerawat Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami.

Artikel terkait :

Sponsors Link

5. Jerawat menjadi lebih banyak

Bahaya jerawat pasir yang kelima adalah kemungkinan jerawat lebih cepat menyebar kebagian kulit lainnya. Jerawat pasir umumnya memang mudah menyebar karena sesuai dengan namanya jerawat ini sangat banyak tumbuh diwajah. Dan selain itu dapat menutupi hampir semua kulit dipermukaan wajah. Jadi bahaya jerawat pasir ini tidak bisa dibiarkan begitu saja.Perlu cara penanganan yang tepat untuk mengatasinya pada wajah.

Artikel terkait :

6. Kulit tidak lagi mulus

Bahaya jerawat pasir yang tumbuh diwajah yang terakhir adalah kulit tidak lagi menjadi mulus. Kulit mulus merupakan idaman dari setiap wanita. Karena tidak semua orang dapat menjaga kemulusan pada kulit wajah. Diperlukan cara perawatan yang tepat untuk mendapatkan kulit wajah yang mulus. Sehingga jerawat memang menjadi momok yang menakutkan bagi banyak wanita. Jerawat dapat membuat kulit wajah tidak lagi mulus.

Artikel terkait :

Itulah beberapa bahaya dari jerawat pasir yang muncul pada wajah. Sehingga untuk mengatasi bahaya tersebut Anda perlu menjaga kebersihan kulit wajah dengan cara yang baik.

Penyebab dari Jerawat Pasir

Jerawat pasir yang memiliki ukuran kecil-kecil ini muncul dikulit bisa disebabkan karena beberapa sebab. Berikut ini penyebab dari jerawat pasir antara lain :

1. Membersihkan wajah terlalu sering

Membersihkan wajah bertujuan untuk menghilangkan minyak yang berlebih pada wajah dan debu yang menempel pada kulit wajah. Membersihkan wajah dianjurkan untuk dilakukan sebanyak dua kali sehari yakni pada pagi hari dan sore hari. Namun penyebab dari jerawat pasir yang tumbuh diwajah bisa karena kebiasaan yang terlalu sering membersihkan wajah. Akibatnya kulit wajah menjadi kering dan ini membuat produksi kelenjar minyak pada kulit menjadi meningkat sehingga memperbesar peluang dari timbulnya jerawat pada wajah.

Artikel terkait :

ads

2. Begadang

Aktifitas yang tidak baik berikutnya adalah begadang, begadang dapat membuat timbulnya jerawat pada wajah terutama jerawat pasir. Karena saat Anda begadang maka proses regenerasi kulit pada wajah tidak bekerja secara optimal. Padahal proses regenerasi kulit dilakukan pada malam hari tepat pukul sepuluh. Tujuan dari regenerasi kulit adalah untuk mengangkat sel kulit mati dan menggantinya dengan sel kulit yang baru.

(Baca juga : Begadang penyebab jerawat)

3. Kosmetik

Penyebab jerawat berikutnya adalah kosmetik, kosmetik sangat penting untuk menunjang kaum hawa. Namun pemilihan kosmetik yang tidak sesuai dengan kulit wajah dapat membuat jerawat pasir mudah timbul. Ada baiknya sebelum memilih kosmetik yang akan Anda lakukan adalah dengan mengetahui jenis kulit Anda. Tipe jenis kulit diketahui terbagi menjadi empat bagian. Jadi pilihlah kosmetik yang memang direkomendasikan untuk jenis kulit Anda.

Artikel terkait :

4. Sel kulit mati dan minyak

Selanjutnya penyebab dari timbulnya jerawat pasir pada wajah adalah tumpukan sel kulit mati dan minyak pada wajah. Setiap harinya wajah akan mengalami proses pengelupasan untuk mengganti sel kulit yang mati. Ini bertujuan untuk merawat kulit wajah Anda agar tetap tampak muda dan bersih selalu. Namun sel kulit mati dan minyak yang dibiarkan begitu saja dapat menimbulkan jerawat jika tidak ditangani dengan tepat. Itu sebabnya Anda dianjurkan untuk membersihkan wajah secara teratur.

(Baca juga : Penyebab jerawat bau)

Itulah beberapa penyebab jerawat pasir pada wajah yang dapat membantu Anda melakukan pencegahan sebelum jerawat tersebut terlebih dahulu tumbuh diwajah.

Cara Mengatasi Jerawat Pasir pada Wajah

Jerawat pasir yang telah muncul pada wajah ada baiknya segera diatasi dengan langkah yang cepat dan tepat. Ini bertujuan untuk mencegah penyebaran jerawat menjadi lebih parah lagi pada kulit. Nah, berikut ini cara mengatasi jerawat pasir pada wajah antara lain :

1.Membersihkan wajah dengan produk sesuai

Cara pertama untuk mengatasi jerawat pasir pada wajah adalah dengan membersihkan wajah menggunakan produk pembersih yang sesuai. Sesuai disini adalah produk yang direkomendasikan untuk kulit wajah Anda.Berdasarkan tipe dari jenis kulit terdapat empat jenis kulit yaitu :

  • Kulit normal yang jarang memiliki masalah pada kulit.
  • Kulit kering cenderung untuk terlihat kusam dan bersisik.
  • Kulit minyak yaitu kulit yang memproduksi minyak pada wajah secara berlebihan.
  • Kulit kombinasi adalah kulit yang berminyak hanya dibagian hidung dan dahi saja.

Jadi setelah Anda mengetahui jenis kulit maka bisa langsung menggunakan produk pembersih wajah yang sesuai.

Artikel terkait :

2. Hindari memencet jerawat

Cara kedua untuk mengatasi jerawat pasir adalah dengan menghindari memencet jerawat. Banyak anggapan yang keliru selama ini mengenai jerawat. Memencet jerawat terkadang dianggap sebagai salah satu langkah untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat. Karena saat melakukan pemencetan pada jerawat maka membantu mengeluarkan butiran dalam jerawat. Padahal pada kenyataanya memencet jerawat pasir dapat membuat jerawat meninggalkan bekas berupa bopeng pada wajah. Selain itu memencet jerawat akan membuat cairan yang adan dalam jerawat pecah dan dapat mengenai kulit lainnya. Sehingga saat dibersihkan dengan tidak benar dapat membuat jerawat pasir tumbuh kembali kebagian kulit lainnya.

Artikel terkait :

3. Gunakan obat mengandung benzoil peroksida

Cara ketiga yang dapat Anda coba untuk membantu mengatasi jerawat pasir adalah dengan menggunakan obat. Obat disini bernama benzoil peroksida. Benzoil peroksida sudah lama dipercaya dapat mengatasi jerawat pada wajah terutama jerawat pasir. Dalam penggunaan obat jenis ini benzoil peroksida juga memiliki manfaat lainnya untuk mengatasi jerawat dengan cara :

  • Membunuh bakteri penyebab jerawat pada wajah.
  • Mengurangi iritasi pada wajah akibat jerawat yang tumbuh.
  • Mengurangi kemerahan pada wajah akibat jerawat.
  • Membantu untuk membuka pori-pori pada wajah.

Untuk jenisnya sendiri Anda benzoil peroksida ini ada yang berbentuk berupa gel, obat oles dan krim yang digunakan untuk jerawat pasir pada wajah. Dalam menggunakan obat yang mengandung benzoil peroksida ini dapat digunakan dua kali dalam satu hari selama beberapa minggu untuk melihat kecocokannya dalam membantu mengatasi masalah jerawat Anda. Dalam penggunaan diharapkan kehati-hatian Anda, jika terjadi iritasi harap segera konsultasikan dengan dokter kulit.

Artikel terkait :

Itulah beberapa cara untuk membantu Anda mengatasi jerawat pasir yang tumbuh pada wajah. Dengan pemakaian yang tepat diharapkan masalah jerawat dapat teratasi.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 26th, May 2017 / 05:08 Oleh :
Kategori : Jenis