Sponsors Link

Sayangi Wajah Mu, Sebelum 3 Bahaya Jerawat yang Dibiarkan Ini Terjadi

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat memang perlu untuk diperhatikan dengan serius, karena jerawat merupakan masalah kulit yang paling umum dialami oleh setiap orang bak wanita maupun pria. Pernahkah anda mendengar anggapan mengenai membiarkan jerawat akan lebih baik dibanding dengan memencet jerawat? hal ini disebabkan karena terdapat beberapa bahaya memencet jerawat, seperti menimbulkan bekas jerawat, infeksi, dan lainnya.

Sponsors Link

Namun tahukah anda bahwa sebenarnya hanya membiarkan jerawat begitu saja juga tidak dianjurkan? Dalam kesempatan kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai bahaya jerawat yang dibiarkan, mari simak ulasan-ulasan berikut.

Jerawat Dibiarkan

Jerawat merupakan salah satu jenis masalah kulit yang memerlukan perhatian khusus, terutama karena jerawat lebih sering timbul pada bagian kulit wajah sehingga dapat mengganggu penampilan. Oleh sebab itu, jerawat tidak dianjurkan untuk dibiarkan saja, walaupun memang jerawat dipencet atau dibiarkan akan lebih cenderung baik untuk dibiarkan. Namun dibiarkan dalam hal ini yang dimaksud adalah tidak terlalu sering dipegang, disentuh, maupun dipikirkan.

Mengapa demikian? Karena ketika jerawat terlalu sering disentuh maka dapat menyebabkan adanya bakteri yang berpindah dari tangan ke kulit, sehingga dapat membuat jerawat menjadi semakin parah maupun tumbuh lebih banyak. Selain itu, terlalu memikirkan jerawat juga tidak baik sebab dapat menyebabkan stress dan peningkatan hormon yang pastinya juga tidak baik bagi jerawat dan kulit.

Membiarkan jerawat memang bisa membuat jerawat menjadi semakin parah karena tidak segera diobati. Terlebih lagi jika dalam kebiasaan sehari-hari sering mengonsumsi makanan penyebab jerawat makin parah, maupun juga melakukan kebiasaan-kebiasaan yang tidak sehat. Jerawat yang tidak diobati sesegera mungkin atau hanya dibiarkan saja dapat menyebabkan beberapa dampak maupun bahaya bagi kulit. Apa saja bahaya atau dampak tersebut? berikut penjelasannya.

Bahaya dan Dampak Jerawat Dibiarkan

Jerawat muncul ketika produksi sebum atau minyak pada kulit berlebih yang menyumbat pori-pori dan timbulnya bakteri penyebab jerawat. Kondisi tersebut menyebabkan adanya peradangan pada kulit yang memicu timbulnya jerawat. Apabila jerawat atau peradangan yang terjadi hanya dibiarkan saja atau tidak segera diobati, maka dapat menimbulkan beberapa dampak atau bahaya buruk pada kulit. Beberapa diantaranya seperti:

1. Munculnya bekas jerawat

Munculnya bekas jerawat merupakan bahaya jerawat yang dibiarkan yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang. Ketika mengobati jerawat dengan benar saja masih memungkinkan akan munculnya bekas jerawat, apalagi dengan hanya membiarkan jerawat begitu saja. Hal ini disebabkan karena semakin lama jerawat berada di kulit maka akan semakin besar pula resiko munculnya bekas jerawat setelah jerawat hilang.

Terlebih lagi, menghilangkan bekas jerawat diketahui lebih sulit dibandingkan dengan menghilangkan jerawat itu sendiri. Oleh sebab itu, mulailah untuk mengobati jerawat secepat mungkin. Anda dapat memulai dengan rutin membersihkan wajah dengan cara mencuci  muka yang benar untuk menghilangkan jerawat, mengatur pola hidup sehat, dan juga menggunakan obat jerawat sesuai dengan anjuran dokter kulit anda.

2. Jerawat semakin parah

Bahaya yang kedua adalah dapat membuat jerawat semakin parah, dimana nantinya juga memicu munculnya bekas jerawat pada kulit anda. Malas dalam mengurus maupun mengobati jerawat dapat membuat jerawat menjadi semakin meradang, sehingga dapat membuat jerawat menyebar ke bagian kulit lainnya dan juga menjadikannya semakin parah. Hal ini disebabkan juga karena bakteri penyebab peradangan pada kulit maupun jerawat itu sendiri yang memiliki sifat mudah menyebar ke area disekitarnya. Oleh sebab itu, ketika jerawat hanya dibiarkan saja tanpa diobati maka dapat meningkatkan risiko terhadap penyebaran dan pertumbuhan jerawat yang semakin banyak dan parah.

Sponsors Link

3. Menyebabkan stress atau depresi

Bahaya terakhir dari jerawat yang dibiarkan dalam ulasan kali ini adalah dapat menyebabkan stress bahkan juga depresi. Mengapa demikian? Karena jerawat yang dibiarkan akan cenderung hilang lebih lama, sehingga dapat berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan diri dalam rutinitas sehari-hari. Ketika kepercayaan diri menurun pastinya juga dapat mengarahkan seseorang pada stress yang berlebih terhadap penampilan, padahal keadaan stress juga dapat menyebabkan kondisi hormon penyebab jerawat menjadi tidak stabil didalam tubuh dan menyebabkan jerawat menjadi semakin parah.

Terlebih lagi, banyak yang kemudian menutup jerawat dengan menggunakan makeup, dimana hal ini justru dapat menyebabkan pori-pori semakin tersumbat dan peradangan jerawat tidak dapat dihindari lagi. Kondisi-kondisi tersebutlah yang kemudian dapat membuat seseorang stress bahkan juga depresi karena menyerah terhadap kulit berjerawat yang dialaminya.

Demikian ulasan mengenai bahaya jerawat yang dibiarkan. Secara alami, jerawat memang akan menghilang dengan sendirinya dalam waktu yang berbeda-beda pada setiap orang. Namun agar tidak mengalami bahaya maupun dampak buruk dari membiarkan jerawat begitu saja, tidak ada salahnya untuk segera mengambil tindakan untuk mengobati jerawat maupun melakukan perawatan kulit dan jerawat agar jerawat dapat segera hilang dan tidak berbekas maupun menimbulkan risiko buruk lainnya.

ads
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.