Sponsors Link

Inilah 4 Bahaya Memencet Jerawat di Atas Bibir yang Pasti Terjadi

Sponsors Link

Jerawat hingga kini masih menjadi salah satu masalah kulit yang sangat meresahkan buat para wanita. Bagaimana tidak, munculnya jerawat pasti disertai dengan masalah lain. Munculnya jerawat membuat kulit tidak mulus dan mengganggu penampilan. Namun lebih dari itu, ternyata ada dampak psikologis akibat jerawat yang mungkin berbahaya dan tidak bisa disepelekan. Seseorang bisa minder akibat jerawat dan menjadi tidak percaya diri saat berhadapan dengan orang lain.

Sponsors Link

Jerawat bisa muncul dimana bagian wajah mana saja, termasuk di bagian bibir. Munculnya wajah di bagian bibir tentu sangat mengganggu, karena bibir cenderung menjadi pusat perhatian saat sedang berbicara dengan orang lain.

Itulah yang menyebabkan kita ingin menemukan cara menghilangkan jerawat di bibir dengan cepat. Namun terkadang jerawat tidak bisa dihilangkan dengan semudah itu. Ada saat dimana jerawat membandel sangat sulit untuk dihilangkan. Banyak orang berpikir cara tercepat menghilangkan jerawat adalah dengan memencetnya, tanpa menyadari besarnya bahaya memencet jerawat di atas bibir atau di bagian bibir manapu, seperti berikut ini

1. Penyebaran Jerawat Semakin Parah

Suka memencet jerawat di atas bibir dapat menyebabkan timbulnya jerawat parah. Saat memencet jerawat, apalagi jika jerawat dalam keadaan meradang dan muncul mata berisi nanah dan darah di tengahnya, hal tersebut bisa menyebarkan jerawat dengan mudah di bagian wajah lain yang tidak berjerawat.  Inilah yang menjadi penyebab mengapa jerawat sangat mudah menyebar.

2. Infeksi Muncul Pada Jerawat

Bahaya lain yang muncul adalah kemungkinan infeksi pada jerawat. Setelah muncul ciri ciri jerawat meradang, kulit jerawat menjadi sangat tipis dan rentan untuk pecah. Namun pada saat yang bersamaan, jerawat juga mengandung banyak bakteri. Memencet jerawat sangat berbahaya jika ada banyak bakteri yang menempel di tangan. Bakteri di tangan akan bercampur dengan dengan bakteri jerawat yang mengakibatkan infeksi. Saat terjadi infeksi, maka jerawat akan terluka dan sulit disembuhkan.

3. Muncul Bekas Jerawat Hitam

Anda pasti tidak ingin bekas jerawat menghitam menghiasi wajah bukan? Salah satu penyebab bekas jerawat menghitam adalah akibat jerawat yang dipencet. Biarkan jerawat pecah sendiri saat sudah waktunya agar tidak meninggalkan bekas yang tidak diinginkan.

Bekas jerawat menghitam akan sangat sulit dihilangkan dan membutuhkan waktu yang lama. Jika muncul bekas jerawat, segera lakukan cara untuk menghilangkan bekas jerawat tersebut dengan menggunakan salep khusus atau perawatan alami menggunakan masker dari buah buahan.

4. Infeksi Otak

Area hidung dan bagian atas mulut sering disebut dengan triangle of death, yang artinya area tersebut sangat berbahaya. Ini bukan termasuk mitos jerawat di atas bibir meski sangat jarang terjadi. Bahaya memencet jerawat di atas bibir adalah dapat menyebabkan infeksi otak. Di atas bibir, terdapat pembuluh yang langsung terhubung dengan otak. Jika bakteri masuk melalui pembuluh darah dan masuk ke otak, maka infeksi pada otak bisa terjadi.

Meski kemungkinannya sangat kecil, namun ada baiknya Anda berhati hati. Sebaiknya hindari sembarangan memencet jerawat setelah mengetahui bahaya yang mungkin muncul.

Setelah mengetahui bagaimana besarnya bahayanya, ada baiknya Anda yang punya kebiasaan buruk ini mulai menghentikan hal itu dari sekarang. Ada bahaya kesehatan besar yang mengancam dari hal kecil seperti memencet jerawat. Sebaiknya biarkan jerawat tumbuh dan menghilang dengan sendirinya secara aman.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.