Sponsors Link

Benjolan Seperti Jerawat di Sekitar Kemaluan – Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Jangan mengira bahwa segala sesuatu tentang jerawat hanya masalah wanita saja. Jerawat adalah masalah kulit universal yang bisa menyerang pria dan wanita. Begitu pula dengan tempat tumbuhnya jerawat yang sering tidak dapat diduga. Jerawat bisa tumbuh di mana saja, termasuk di area kemaluan. Dan ini bisa terjadi pada pria dan wanita.

Terkadang muncul benjolan seperti jerawat di kemaluan yang menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman, serta mengganggu jalannya aktivitas.

Penyebab

Banyak hal yang bisa menyebabkan benjolan seperti jerawat di kemaluan. Di antara beberapa penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal, benjolan di kemaluan juga bisa muncul karena beberapa hal seperti di bawah ini:

1. Keringat Berlebih

Area kemaluan tersembunyi dari luar dan biasanya terbungkus beberapa lapis pakaian. Hal ini menyebabkan kemaluan mudah berkeringat dan lembab, apalagi jika kita sedang banyak beraktivitas. Kondisi kemaluan yang lembab menyebabkan suburnya pertumbuhan bakteri di sana, sehingga menyebabkan benjolan yang mirip dengan jerawat.

2. Alergi

Penyebab benjolan seperti jerawat di kemaluan yang berikutnya adalah alergi. Munculnya benjolan bisa jadi efek samping dari reaksi alergi akibat makanan atau obat obatan yang dikonsumsi. Penyebab jerawat alergi yang muncul di kemaluan sangat dipengaruhi oleh konsumsi zat alergen oleh seseorang.

3. Celana Dalam Terlalu Ketat

Kulit di area kemaluan harus mendapatkan udara yang cukup untuk bernapas. Untuk itu, memakai celana dalam terlalu ketat dengan bahan yang panas dan tidak menyerap keringat sangat dilarang. Efek buruknya adalah karena dapat memicu benjolan di kemaluan, baik itu jerawat maupun bukan. Kenali pula ciri ciri jerawat di kemaluan wanita dan bedanya dengan benjolan bukan jerawat.

4. Iritasi Kulit

Iritasi dapat disebabkan oleh banyak hal. Seperti banyak bakteri yang ada di sekitar area kemaluan hingga menimbulkan rasa gatal, celana dalam yang ketat, atau pemakaian sabun area intim. Hal lain yang menyebabkan iritasi adalah penggunaan alat cukur yang tidak bersih atau terlalu dekat dengan kulit.

5. Faktor Hormonal

Satu lagi yang menyebabkan benjolan seperti jerawat di kemaluan adalah faktor hormonal. Terdapat kondisi tertentu di mana hormon di dalam tubuh seseorang menjadi tidak seimbang. Misalnya saat stress, gaya hidup tidak sehat, atau saat menstruasi pada wanita. Kenali pula apa saja hormon penyebab jerawat pada pria dan wanita.

Cara Mengatasi

Berikut adalah cara mengatasi benjolan yang muncul di kemaluan yang mirip dengan jerawat.

  • Menjaga Kebersihan Daerah Kemaluan. Daerah kemaluan harus diperhatikan secara khusus kebersihannya agar tidak menjadi tempat tumbuhnya bakteri. Bersihkan area kemaluan dengan menggunakan sabun khusus yang aman.
  • Memilih Bahan Celana Dalam yang Tepat. Gunakan celana dalam yang terbuat dari bahan katun yang ringan dan menyerap keringat.
  • Berkonsultasi dengan Dokter. Jika gejala tidak segera membaik, maka segera pergi periksa ke dokter.

Itulah penyebab munculnya benjolan seperti jerawat di kemaluan dan bagaimana cara mengatasinya. Jagalah kebersihan area tubuh yang tersembunyi, jangan supaya jangan sampai berkeringat. Karena daerah yang lembab adalah tempat tumbuhnya bakteri dengan sangat subur.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab
Search
Tips Kecantikan Untuk Wanita

Punya Komedo yang membandel?? Ternyata bawang putih sangat berkhasiat loh untuk menghilangkannya. Dicoba yuk!