Sponsors Link

Berapa Lama Bekas Jerawat Bisa Hilang? Temukan Jawabannya

Sponsors Link

Satu hal yang menjadi pertanyaan wanita saat berhubungan dengan segala sesuatu tentang jerawat adalah, berapa lama bekas jerawat bisa hilang? Bekas jerawat akan memberi dampak psikologis akibat jerawat yang cukup serius jika tidak segera hilang. Apalagi jika bekas jerawat menghitam, memerah, atau meninggalkan bekas luka parut yang sangat terlihat. Baik pria maupun wanita pasti akan kehilangan kepercayaan diri.

Sponsors Link

Berbagai cara menghilangkan bekas jerawat yang hitam pasti akan dilakukan. Tetapi kebanyakan wanita tidak sabar menunggu dan ingin hasil yang cepat. Sebenarnya berapa lama bekas jerawat bisa hilang dan apa perawatan yang ditempuh?

Waktu yang Diperlukan Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Waktu yang diperlukan sampai bekas jerawat hilang dengan sempurna tentu bermacam macam. Semua tergantung pada jenis perawatan yang dipilih. Ada perawatan yang bisa menghilangkan bekas jerawat dengan seketika itu juga, ada pula perawatan yang membutuhkan waktu cukup lama sekitar 1 bulan sampai menunjukkan hasil. Inilah waktu yang dibutuhkan untuk menghilangkan bekas jerawat berdasarkan jenis perawatannya.

1. Bekas Jerawat Hilang Seketika

Inilah yang menjadi keinginan setiap wanita. Bekas jerawat hilang dengan seketika, segera setelah perawatan dilakukan. Ini dia jenis perawatan yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat seketika.

  • Chemical Peeling

Chemical peeling atau peeling kimia dianggap sebagai cara yang pas untuk menghilangkan bekas jerawat dengan cepat. Peeling ini dilakukan dengan menggunakan cairan kimia khusus. Cairan ini dioleskan secara merata ke seluruh wajah, lalu didiamkan selama beberapa saat. Manfaat cairan kimia ini adalah untuk mengikis sel kulit mati yang menumpuk menjadi bekas jerawat. Peeling kimia mampu merangsang pertumbuhan sel kulit baru yang lebih sehat dan mengangkat sel kulit yang telah mati.

  • Skin Bleaching

Metode pemutihan kulit yang satu ini memang bisa memberikan hasil instan yang bisa segera dilihat. Namun metode ini diragukan keamanannya karena terlalu banyak kandungan bahan kimia yang digunakan. Oleh karena itu skin bleaching tidak bisa dilakukan sembarangan. Skin bleaching menggunakan cairan kimia seperti peeling kimia, tetapi kandungan zat kimia di dalamnya jauh lebih keras. Namun soal hasil, jangan khawatir karena Anda akan melihatnya segera setelah perawatan selesai.

  • Intense Pulsed Light

Perawatan yang satu ini akan memberikan hasil maksimal sekaligus. Tidak hanya bisa menghilangkan bekas jerawat, perawatan ini bisa mengatasi macam macam masalah kulit seperti menghilangkan kutil, tahi lalat, hingga kerutan halus di wajah. Buat Anda yang bermasalah dengan minyak berlebih, IPL bisa mengontrol kelebihan minyak dan mencegah jerawat untuk tumbuh lagi. Cara ini juga dinilai lebih aman, tidak seperti laser atau facial wajah yang bisa menyebabkan wajah memerah. Tidak ada efek samping apapun yang ditimbulkan oleh perawatan ini. Kekurangan dari Intense Pulsed Light adalah harganya yang cukup mahal dan masih jarang di salon kecantikan.

Sponsors Link

2. 1 Minggu Sampai 1 Bulan

Meski banyak cara instan untuk menghilangkan jerawat, tidak dipungkiri biaya yang harus dikeluarkan tidak sedikit. Oleh karena itu tidak semua wanita bisa melakukan perawatan menghilangkan jerawat yang bisa memberikan hasil instan tersebut. Inilah perawatan untuk menghilangkan bekas jerawat yang memerlukan waktu 1 minggu hingga 1 bulan sampai menunjukkan hasil.

  • Laser

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan laser menjadi favorit untuk dilakukan oleh kaum wanita. Perawatan ini sangat populer dan ada di hampir seluruh salon kecantikan di Indonesia. Cara kerja laser adalah menghancurkan sel kulit mati yang menumpuk menjadi bekas jerawat. Setelah sel kulit mati terangkat, sel kulit baru yang lebih sehat akan tumbuh. Cara ini tidak akan terasa sakit di wajah, karena dalam prosesnya wajah hanya disinari oleh sinar laser saja tanpa tindakan lain. Namun perawatan ini tidak bisa dilakukan sekali saja. Setidaknya Anda harus mengulang selama 2 atau 3 kali sampai bekas jerawat benar benar hilang.

  • Dermabrasi

Sama seperti laser, dermabrasi dan dermabrasi mikro memiliki cara kerja untuk mengangkat sel kulit mati. Bekas jerawat yang menghitam adalah hasil dari penumpukan sel kulit mati yang sudah lama. Proses dari dermabrasi adalah dengan menggunakan butiran kristal yang halus untuk mengangkat sel kulit mati. Alat yang digunakan adalah berupa penyedot khusus yang bisa menghilangkan sel kulit mati tersebut. Namun perawatan ini harus dilakukan beberapa kali sampai menunjukkan hasil yang efektif.

  • Bahan Alami

Banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Masker tomat, kentang, jeruk nipis, dan bengkoang adalah cara alami yang juga ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat. Pilih kandungan bahan alami yang kaya akan kandungan vitamin C, anti bakteri, dan anti inflamasi agar bekas jerawat cepat hilang. Bahan alami ini aman dan tidak memiliki kandungan bahan kimia apapun. Oleh karena itu diperlukan waktu yang cukup lama sampai bekas jerawat hilang. Kelebihan dari perawatan dengan menggunakan bahan alami adalah tidak menyebabkan ketergantungan dan hasilnya lebih permanen.

Sponsors Link

Tahap Bekas Jerawat Menghilang

  • Mengering. Tahapan terakhir dari ciri ciri jerawat akan hilang adalah saat jerawat mulai mengering. Setelah mengering warna jerawat akan semakin memerah dan menghitam menjadi bekas jerawat
  • Warna Semakin Memudar. Setelah melakukan perawatan untuk menghilangkan bekas jerawat, hasilnya mulai terlihat saat warna bekas jerawat semakin memudar dan mulai menyatu dengan warna kulit asli.
  • Tumbuh Lapisan Kulit yang Baru. Bekas jerawat baru benar benar bisa dikatakan hilang saat tumbuh lapisan kulit baru. Lapisan kulit ini menggantikan lapisan kulit lama yang rusak karena jerawat.

Sudah terjawab bukan pertanyaan tentang berapa lama bekas jerawat bisa hilang? Tidak ada waktu yang pasti yang bisa mengukur berapa lama bekas jerawat bisa hilang. Semua tentu saja tergantung dari jenis perawatan yang dipilih. Ada yang bisa menghilangkan bekas jerawat dengan cepat, ada pula yang memerlukan waktu cukup lama. Setiap cara tentu harus dipertimbangkan dengan baik dari segi metode, efek samping, dan budget yang Anda miliki.

Agar jerawat tidak tumbuh dan menjamur di wajah, tentu Anda harus melakukan cara untuk mencegahnya. Pertama, jauhi semua kebiasaan penyebab jerawat seperti malas membersihkan make up, suka makan makanan berlemak, dan tidak mengganti sarung bantal secara rutin. Satu lagi kebiasaan yang berbahaya untuk jerawat adalah suka memencet jerawat. Lakukan cara menghilangkan kebiasaan memencet jerawat saat ini juga agar kondisi wajah tidak semakin parah. Jangan memilih cara instan, tetapi pilih cara yang tepat dan aman untuk menghilangkan jerawat.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan