Sponsors Link

Berapa Lama Jerawat Batu Akan Hilang? Ini Jawabannya

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat adalah masalah yang tidak bisa kita hindarkan. Masalah ini memberikan dampak psikologis akibat jerawat. Salah satu jenis jerawat yang membandel adalah jerawat batu. Apa itu jerawat batu? Berapa lama jerawat batu akan hilang? Berikut ulasannya!

Sponsors Link

Berapa Lama Jerawat Batu Akan Hilang?

Berikut adalah beberapa fakta mengenai berapa lama jerawat batu akan hilang, sebagai berikut:

  • Pengertian jerawat batu

Jerawat batu atau cystic acne adalah jerawat yang paling berbahaya yang terbentuk di dalam kulit akibat dari penyumbatan sel kulit mati. Selain itu, jerawat batu juga disebabkan dari bakteri yang terperangkap di dalam pori-pori. Perkembangan dari bakteri ini kemudian memunculkan benjolan merah, bernanah, dan akan terasa sakit bila disentuh. Jerawat batu juga bisa meradang jika tidak diobati dengan tepat. Bahkan peradangan tersebut bisa menyebar ke jaringan kulit sehingga jerawat bisa muncul di mana-mana. Jerawat batu biasanya disebabkan dari adanya hormon penyebab jerawat yang tidak seimbang.

Wanita biasanya memiliki ketidakstabilan hormon saat awal pubertas, mentruasi, atau hamil. Namun, jerawat batu ini juga bisa muncul pada pria saat menginjak usia remaja. Hormon androgen yang mengendalikan pertumbuhan fisik laki-laki memicu tumbuhnya jerawat di anggota tubuh. Penyebab lain adalah faktor genetik yang diturunkan dari orang tua. Salah memakai kosmetik dan penggunaan skincare yang tidak tepat juga akan memicu timbulnya jerawat batu. Ciri-ciri jerawat batu diantaranya adalah berbentuk besar, memiliki warna kemerahan disertai rasa sakit. Nodul terlihat seperti terangkat ke atas sehingga komedo putih tidak kelihatan.  Jerawat batu biasanya juga bernanah sehingga akan terasa sakit apabila disentuh.

  • Berapa lama usia jerawat batu?

Dari sekian banyak jenis jerawat yang muncul pada anggota tubuh, jerawat batu memiliki usia bertahan yang lama baik jerawat batu yang ada di wajah, leher, pinggang, pipi, dagu ataupun bagian lainnya. Bahkan jerawat batu bisa memicu kulit untuk menghasilkan pigmen baru. Yakni, bekas jerawat tersebut menghasilkan warna yang lebih gelap dari kulit lainnya dan hilangnya pun menjadi lebih lama. Mengonsumsi obat jerawat seperti retinoic acid, benzoil peroksida, dan antibiotic topical ataupun oles juga dapat dilakukan. Namun, sebagian besar obat jerawat belum memberikan hasil dalam 4-6 minggu pertama. Pun sama, jika jerawat batu ditangani oleh dokter juga membutuhkan waktu dan kesabaran tingkat tinggi. Usahakan untuk tidak berganti-ganti dokter, sebab pengobatannya akan dimulai dari pengobatan awal lagi.

  • Cara mengatasi jerawat batu

Untuk mengatasi jerawat batu agar tidak bersarang lama di anggota tubuh, kita bisa langsung mengkonsultasikannya ke dokter kulit yang tepat. Dokter akan mendiagnosis penyebab jerawat batu dan memberikan pengobatan sampai ke akarnya.

  1. Pemeriksaan ke dokter tersebut harus diimbangi dengan kebiasaan baik seperti mengurangi makanan yang berbahan susu seperti keju dan es krim.
  2. Makanan tersebut bisa kita imbangi dengan mengganti dengan makanan yang mengandung gula alami seperti buah sebagai cara mencegah jerawat secara alami. Sebab, adanya gula tambahan pada makanan juga dapat mempengaruhi usia jerawat batu pada anggota tubuh.
  3. Selain itu usahakan untuk tidak stress. Jika kita mempunyai masalah, cobalah untuk bercerita dengan orang lain agar menemukan jalan kelaurnya. Stress juga akan menganggu hormon dalam tubuh yang memicu timbulnya jerawat batu.
  4. Kemudian rutinlah melakukan eksfoliasi wajah menggunakan produk asam glikolat, asam salisilat, scrub. Dengan kebiasaan seperti ini, jerawat batu pasti mudah hilang.

Demikian ulasan mengenai berapa lama jerawat batu menghilang dan semoga bermanfaat.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Search
Tips Kecantikan Untuk Wanita

Punya Komedo yang membandel?? Ternyata bawang putih sangat berkhasiat loh untuk menghilangkannya. Dicoba yuk!