Sponsors Link

Berapa Lama Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Minyak Zaitun? Beserta Cara Pengobatannya

Sponsors Link

Sudah menjadi rahasia umum bahwa minyak zaitun dapat membantu menyembuhkan jerawat hingga menghilangkan bekas jerawat, serta manfaat minyak zaitun untuk jerawat dan bekas jerawat yang sudah tidak diragukan lagi. Yang mana minyak zaitun kaya akan vitamin A, B1, B2, C, D, E, serta zat besi. Selain itu, minyak zaitun juga berperan sebagai anti-oksidan dan anti-peradangan yang mampu membantu mencegah munculnya jerawat dan menghilangkan bekas jerawat secara efektif.

Sponsors Link

Sebagian besar orang dalam mengatasi segala sesuatu tentang jerawat, termasuk menghilangkan bekas jerawat, sering bertanya-tanya mengenai berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menghilangkan bekas jerawat. Hal ini disebabkan karena memang pada dasarnya bekas jerawat lebih susah untuk dihilangkan atau diatasi dibandingkan dengan menyembuhkan jerawat itu sendiri. Lalu berapa lama menghilangkan bekas jerawat dengan minyak zaitun? Berikut penjelasannya.

Berapa Lama Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Minyak Zaitun

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat, seperti penggunaan produk untuk jerawat dan bekas jerawat dengan kandungan kimia, maupun dengan menggunakan bahan alami, salah satu contohnya adalah cara menghilangkan bekas jerawat dengan minyak zaitun. Namun perlu diketahui disini, bahwa pengobatan bekas jerawat maupun jerawat menggunakan bahan alami atau obat jerawat alami biasanya memerlukan waktu yang relatif lebih lama dibandingkan dengan penggunaan obat berbahan dasar kimia.

Walaupun memerlukan waktu yang lebih lama, penggunaan bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat maupun jerawat tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kulit atau bahkan untuk sebagian besar orang tidak mengalami efek samping sama sekali dibandingkan dengan obat-obat kimia yang biasa memiliki efek samping penggunaan.

Pada umumnya, ketika seseorang memeriksakan kondisi kulit berbekas jerawat pada dokter akan mendapatkan resep obat untuk menghilangkan bekas jerawat dalam jangka waktu 2 hingga 3 hari. Namun berbeda dengan penggunaan obat kimia, penggunaan bahan alami seperti minyak zaitun untuk bekas jerawat memang belum bisa ditentukan secara pasti berapa lama bekas jerawat akan hilang. Walaupun begitu, biasanya jik dikira-kira maka bekas jerawat yang diobati dengan bahan alami dan dilakukan secara rutin setiap harinya bisa memerlukan waktu selama kurang lebih 4 hingga 5 hari. Estimasi waktu tersebut tergantung juga pada seberapa rutin anda mengobati bekas jerawat dan seberapa sehat aktivitas-aktivitas yang anda lakukan setiap harinya untuk kulit wajah, termasuk dalam menjaga kesehatan serta kebersihan kulit wajah.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Minyak Zaitun

Setelah mengetahui estimasi waktu mengobati bekas jerawat dengan minyak zaitun, berikut ini beberapa cara menghilangkan bekas jerawat dengan minyak zaitun:

1. Pemijatan atau Massage

Untuk menghilangkan bekas jerawat, anda dapat menggunakan minyak zaitun secara langsung pada kulit. Namun selain mengoleskan minyak zaitun pada kulit wajah terutama pada bagian berjerawat, anda juga dapat sekaligus memijat secara perlahan-lahan. Cara ini dimaksudkan untuk melunakkan jaringan parut yang sudah lama ada pada kulit, berikut caranya:

  • Siapkan satu sendok makan minyak zaitun dan handuk hangat untuk digunakan.
  • Oleskan minyak zaitun tersebut pada kulit wajah, terutama yang berjerawat secara merata.
  • Pijat dan berikan tekanan yang mendalam tetapi jangan terlalu keras namun secara lembut perlahan-lahan, dan usahakan gerakannya melingkar.
  • Pijat selama kurang lebih 5 menit, lalu diamkan selama 20 menit agar minyak zaitun meresap pada kulit.
  • Bersihkan wajah menggunakan handuk hangat dan bersih.
  • Lakukan pemijatan secara rutin setiap harinya, setidaknya dua kali sehari untuk hasil maksimal.

2. Scrub Alami

Selain digunakan secara murni, minyak zaitun juga dapat dicampurkan dengan bahan alami lainnya untuk mengobati atau menghilangkan bekas jerawat. Cara nya adalah dengan mencampurkan minyak zaitun dengan garam atau baking soda untuk menghasilkan scrub alami, yang mana manfaat garam untuk jerawat juga sudah banyak terbukti, berikut caranya:

  • Siapkan satu sendok makan minyak zaitun dan satu sendok makan garam atau baking soda, lalu campur hingga merata pada wadah bersih.
  • Oleskan campuran scrub alami tersebut pada wajah secara merata, terutama pada kulit berbekas jerawat.
  • Usap-usap dengan gerakan melingkar hingga tersebar merata.
  • Diamkan selama 4 hingga 5 menit, agar kandungan diserap kulit.
  • Bersihkan wajah dengan handuk basah yang hangat.
  • Lakukan secara rutin setiap hari nya agar bekas jerawat hilang lebih cepat.

Scrub ini mampu membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan juga melembabkan kulit wajah.

3. Terapi Penguapan

Minyak zaitun juga dapat digunakan untuk terapi penguapan selain dengan cara pemijatan dan scrub alami. Dengan terapi penguapan ini jaringan bekas luka yang disebabkan jerawat dapat perlahan-lahan memudar dan hilang, berikut caranya:

  • Rebus air yang telah dicampuri dengan minyak zaitun secukupnya.
  • Masukkan rebusan air tersebut kedalam baskon atau wadah yang tahan panas.
  • Papaskan pada wajah dengan jarak kurng lebih 18 inci, selama proses ini anda dapat menyelubungi kepala dengan handuk besar agar uap bisa terpapar sempurna.
  • Lakukan secukupnya dan diakan selama 10 menit untuk hasil maksimal.

Dalam melakukan cara ini perlu diingat dan diperhatikan jarak wajah dengan wadah beruap minyak zaitun, karena jika terlalu dekat dapat menimpulkan rasa kulit seperti terbakar.

Demikian informasi mengenai berapa lama menghilangkan bekas jerawat dengn minyak zaitun dan cara menghilankannya, semoga bermanfaat.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan