Sponsors Link

Bisul di Bibir Kemaluan Wanita – Bahaya dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Jerawat memang menjadi masalah yang sangat mengkhawatirkan oleh wanita. Tidak hanya mengganggu penampilan, tetapi jerawat juga bisa menjadi berbahaya jika muncul di tempat tempat yang tidak lazim seperti di kemaluan wanita. Inilah yang menyebabkan semua wanita enggan berhubungan dengan segala sesuatu tentang jerawat.

Sponsors Link

Jerawat di kemaluan wanita biasanya dirasakan saat mencukur rambut kemaluan atau saat mandi. Benjolan ini tentu saja terasa lebih menonjol dan bahkan nyeri saat disentuh. Jangan menganggap sepele bisul di bibir kemaluan wanita karena bisa sangat berbahaya.

Bahaya Bisul di Bibir Kemaluan Wanita

Daerah kemaluan wanita adalah area sensitif yang harus dijaga kebersihan dan kesehatannya. Ketahui apa saja bahaya bisul di bibir kemaluan wanita agar bisa dilakukan cara pencegahan yang tepat.

1. Kanker Vulva

Salah satu bahaya jerawat pada kemaluan wanita yang berbentuk seperti bisul bisa saja adalah kanker vulva. Yaitu sejenis kanker yang menyerang bagian luar dari sistem reproduksi wanita. Area yang diserang oleh kanker ini adalah bibir vagina dan klitoris. Kenal juga gejala lain yang muncul seperti pendarahan setelah melakukan hubungan seksual, nyeri pada vulva atau bibir kemaluan, vagina terasa gatal dan panas seperti terbakar.

Tidak seperti kanker serviks, kanker vulva termasuk penyakit yang cukup langka dan tidak mudah menyerang. Selain itu kanker ini juga bisa disembuhkan jika cepat diketahui karena proses perkembangan kanker yang membutuhkan waktu hingga bertahun tahun.

2. Herpes Genital

Herpes genital adalah borok atau luka yang menyerang bagian intim wanita. Secara umum tidak ada gejala apapun yang ditunjukkan oleh penyakit ini. Tanda awalnya tentu saja adalah luka atau borok yang kemudian terinfeksi hingga menimbulkan bisul. Rasa luka ini sangat panas seperti terbakar dan nyeri meski tidak disentuh. Jika tidak segera diobati akan bisa menjadi luka melepuh yang sangat menyakitkan. Karena herpes genital menimbulkan rasa tidak nyaman, biasanya penyakit ini mudah dikenali dan disembuhkan.

3. Kutil Pada Kelamin

Kutil kelamin berbeda dengan kutil yang umum muncul di bagian kulit lainnya. Meski sama sama merupakan benjolan berdaging, kutil pada kelamin atau bisul di bibir kemaluan wanita ini memiliki tekstur yang kasar seperti kembang kol dan tumbuh secara berkelompok. Biasanya kutil ini disebabkan oleh human papiloma virus atau HPV yang ditularkan oleh orang lain yang lebih dulu terkena penyakit tersebut.

Perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui apakah benjolan ini berbahaya atau tidak. Bentuk benjolan sendiri juga beragam, mulai dari benjolan yang lembut dan tidak terlihat hingga benjolan yang tumbuh hingga 7 cm panjanganya. Namun jika seseorang punya daya tahan tubuh yang baik, kontak dengan virus HPV tidak akan menimbulkan bahaya apapun, termasuk bisul.

Sponsors Link

4. Sifilis

Tanda awal dari penyakit sifilis adalah munculnya infeksi pada kemaluan, tempat dimana bakteri menginfeksi. Terjadinya infeksi biasanya memerlukan waktu hingga 90 hari sejak kontak pertama dengan bakteri. Infeksi berupa bisul ini disebut dengan ulkus dan bisa muncul di bibir kemaluan wanita hingga vagina bagian dalam.

Namun jika ulkus tidak terlalu parah, akan bisa sembuh sendiri dalam 3 hingga 6 minggu. Meski bisul atau benjolan sudah hilang, virus masih ada di sekitar daerah kemaluan dan bisa menularkan infeksi kepada orang lain.

5. Kista Vagina

Benjolan berupa bisul di bibir kemaluan wanita juga bisa disebabkan oleh kista pada vagina. Kista vagina terjadi saat ada penyumbatan di kelenjar kulit atau saluran keringat sehingga menyebabkan terjadi penggumpalan cairan. Cairan ini akan terlihat dari luar, dan banyak wanita justru memencetnya. Memencet bisul jenis apapun di kemaluan bisa berakibat fatal dan menyebabkan bakteri menyebar lebih luas hingga ke bagian tubuh yang lain.

Sponsors Link

Cara Mengatasi Bisul di Bibir Kemaluan Wanita

Karena jerawat tumbuh di area yang sangat sensitif untuk wanita, sudah pasti banyak muncul pertanyaan, jerawat di kemaluan bahayakah? Tentu saja tergantung pada jenis jerawat atau bisul itu sendiri. Tidak semua jerawat atau bisul di bibir kemaluan wanita berbahaya, karena penyebab jerawat pada Miss V sendiri juga beragam.

Namun tetap saja, munculnya jerawat di bibir kemaluan menimbulkan rasa yang sangat tidak nyaman bagi siapa saja. Inilah dia berbagai cara mengatasi bisul yang tumbuh di bibir kemaluan wanita.

1. Jangan Mencukur Rambut Kemaluan

Rambut yang tumbuh di kemaluan memang sering membuat wanita merasa gatal. Namun mencukur bulu bukanlah solusi yang tepat karena gesekan antara mata pisau dan kulit bisa menimbulkan infeksi. Sebaiknya, gunting saja rambut yang ada di kemaluan. Tidak perlu mencukurnya sampai habis hingga ke akar.

2. Rajin Mengganti Pembalut

Kondisi yang lembab adalah tempat ideal bagi bakteri untuk berkembang biak. Oleh sebab itu, saat sedang menstruasi, ganti pembalut sesering mungkin, terutama jika aliran darah sedang deras. Hal ini perlu untuk menghindari bakteri yang bisa tumbuh pada darah haid dan area sekitar kemaluan wanita yang sedang sangat lembab saat menstruasi.

3. Kompres dengan Air Hangat

Saat muncul bisul di kemaluan dan terasa sangat gatal, jangan pernah menggaruk bisul tersebut. Kompres saja bisul dengan air hangat atau air panas. Selain menenangkan, suhu air yang panas juga bisa melawan laju pertumbuhan bakteri yang sedang berkembang biak di sekitar area kemaluan wanita.

4. Pilih Pakaian Dalam yang Menyerap Keringat

Jika memakai pakaian dalam, pilihlah yang terbuat dari bahan katun dan ringan dan menyerap keringat. Bahan katun akan menjaga area di sekitar kemaluan wanita tetap kering dan tidak lembab. Jangan lupa pula untuk memilih celana dalam yang sedikit longgar dan tidak terlalu ketat agar kulit bisa bernapas dengan baik.

5. Tidak Mencuci Kemaluan dengan Sabun

Banyak sabun anti bakteri atau sabun khusus untuk area vagina yang dijual secara bebas. Jangan mencuci kemaluan dengan menggunakan sabun apapun karena bisa mengganggu keseimbangan pH alami pada kulit dan justru menimbulkan masalah lain yang bisa lebih parah lagi.

Itulah penjelasan tentang bisul di bibir kemaluan wanita menyerupai jerawat yang patut untuk diwaspadai. Jangan menyepelekan setiap gejala tidak wajah yang muncul, tetapi ingat juga untuk tidak gegabah dalam mengambil tindakan sehingga bisa membahayakan tubuh Anda sendiri.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.