Sponsors Link

Bolehkah Wajah Berjerawat di Scrub? Ini Jawaban Yang Benar

Sponsors Link

Jika seorang wanita sudah berhubungan dengan segala sesuatu tentang jerawat atau memiliki kulit yang cenderung mudah berjerawat, perawatan ekstra harus segera dilakukan. Dibandingkan dengan kulit yang normal, merawat kulit berjerawat memang harus hati hati dan tidak boleh sembarangan, termasuk saat akan melakukan scrub pada kulit wajah berjerawat.

Sponsors Link

Bolehkah Wajah Berjerawat di Scrub?

Pertanyaan ini tentu saja akan terus muncul pada sebagian besar wanita. Saat berjerawat, kondisi kulit sangat sensitif sehingga tidak boleh sembarangan diberi produk perawatan termasuk scrub. Fungsi scrub sendiri adalah untuk eksfoliasi atau mengangkat sel kulit mati agar sel kulit baru yang lebih sehat dapat tumbuh. Selain bisa dibeli, scrub alami untuk wajah berjerawat juga bisa dibuat sendiri di rumah.

Melakukan Scrub Saat Wajah Berjerawat

Meski wajah sedang ditumbuhi jerawat, bukan berarti wajah tidak boleh diberi perawatan. Justru hal ini sangat penting untuk mengembalikan kondisi kesehatan kulit agar jerawat cepat sembuh. Hanya saja ada beberapa peraturan yang harus ditaati saat melakukan scrub pada wajah berjerawat.

  • Tinggalkan Area Jerawat

Banyak wanita memang masih bertanya tanya, bolehkah wajah berjerawat di scrub? Mereka khawatir menggosok bagian yang berjerawat justru menyebabkan iritasi yang lebih parah dan menyebabkan jerawat meradang. Jerawat tentu saja tidak boleh menjadi alasan bagi seseorang untuk tidak melakukan eksfoliasi pada kulitnya. Salah satu cara merawat kulit berjerawat adalah dengan mengangkat sel kulit mati secara rutin. Hal yang harus dilakukan saat melakukan scrub pada wajah berjerawat adalah dengan meninggalkan area yang berjerawat. Jangan memberikan scrub pada jerawat dan area di sekitarnya untuk menghindari infeksi. Cukup lakukan scrub pada bagian wajah yang sehat dan bebas jerawat.

Scrub alami bisa dibuat dari gula, garam, dan buah seperti buah lemon. Manfaat lemon untuk jerawat memang sangat besar karena kandungan vitamin C di dalamnya sangat tinggi.

  • Jangan Menggosok Jerawat

Saat kondisi wajah sedang ditumbuhi jerawat, kulit memang lebih sensitif dari biasanya sehingga mudah terkena infeksi atau iritasi. Oleh sebab itu, area yang berjerawat harus ditinggalkan dan dibiarkan saat melakukan scrub. Hal ini penting untuk menghindari terjadinya infeksi. Selain itu, jangan pernah menggosok jerawat yang sedang tumbuh, terutama dengan scrub. Menggosok jerawat hanya akan menyebabkan kulit jerawat menjadi infeksi, kemudian meradang, dan menyebabkan kondisi kulit menjadi lebih parah lagi.

  • Gosok dengan Lembut

Di dalam scrub wajah biasanya terdapat butiran butiran halus sebagai agen eksfoliator-nya. Butiran inilah yang akan menyapu kotoran dan sel kulit mati dari permukaan kulit. Meski terasa halus di tangan, butiran lembut ini akan terasa cukup kasar saat menyentuh kulit wajah. Berhati hatilah dalam mengaplikasikan scrub pada kulit wajah, terutama yang sedang berjerawat. Pijatkan scrub pada area berjerawat dengan gerakan yang lembut, jangan sampai melukai permukaan kulit. Dan tentu saja, jangan menggosok bagian jerawat. Bahaya menggosok jerawat dengan scrub sama tingginya dengan bahaya memencet jerawat yang bisa membuat jerawat menyebar semakin parah.

Itulah dia jawaban atas pertanyaan bolehkah wajah berjerawat di scrub. Wajah yang berjerawat memang lebih sensitif dibandingkan dengan wajah yang sehat bebas jerawat. Namun demikian, kulit berjerawat justru harus dirawat dengan baik agar kondisinya tidak semakin parah. Ingat, merawat kulit adalah kunci utama mendapatkan wajah yang sehat dan bebas dari jerawat.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.