Sponsors Link

Cara Agar Jerawat Tidak Menular yang Paling Benar

Sponsors Link

Membahas segala sesuatu tentang jerawat memang tidak akan pernah habis. Selalu saja ada hal yang menarik untuk dibahas mulai dari apa yang menyebabkan jerawat, bagaimana cara menghilangkan jerawat, mengapa jerawat meninggalkan bekas hitam dan merah sampai dampak psikologis akibat jerawat yang mungkin muncul.

Sponsors Link

Ada satu lagi hal yang menarik untuk dibahas, yaitu apakah jerawat menular. Jerawat memang bukan merupakan sebuah penyakit namun jerawat dapat menyebar. Jerawat tidak dapat menular dari satu orang ke orang lain, namun dapat menyebar dari satu bagian wajah atau tubuh ke bagian yang lain. Bagaimana cara agar jerawat tidak menular tentu saja dengan mencegahnya. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah jerawat menular dari satu bagian tubuh ke bagian yang lain.

1. Tidak Menyentuh Wajah Sembarangan

Menyentuh wajah mungkin menjadi kebiasaan bagi sebagian besar orang. Meski kebiasaan ini sepele, tetapi dampak yang ditimbulkan tidak bisa dianggap sebelah mata lho. Tangan adalah pusat dari berbagai macam bakteri karena bersentuhan dengan banyak hal. Menyentuh wajah dengan tangan sama saja memindahkan bakteri dari tangan ke wajah yang memicu pertumbuhan jerawat semakin parah. Hentikan kebiasaan penyebab jerawat yang satu ini jika tidak ingin jerawat semakin parah.

2. Menggunakan Handuk Khusus Wajah

Bakteri yang berukuran kecil dapat bersarang di mana saja, termasuk pada barang barang yang kita pakai sehari hari. Handuk menjadi salah satu tempat bakteri berkembang biak jika kebersihannya tidak dijaga dengan baik. Hindari menggunakan handuk yang sama untuk wajah dan badan untuk menghindari perpindahan bakteri dari badan ke wajah. Sebaiknya gunakan handuk yang secara khusus digunakan untuk wajah. Jangan menggunakan handuk wajah untuk badan atau sebaliknya untuk menghindari pertumbuhan jerawat yang parah.

3. Tidak Memencet Jerawat dengan Paksa

Saat jerawat tumbuh biasanya akan terasa gatal sehingga kita tergoda untuk menyentuh dan memencetnya. Padahal bahaya memencet jerawat sangat besar dan harus dihindari. Jerawat yang dipencet lalu mengeluarkan isi berupa darah atau nanah akan menyebabkan jerawat lain tumbuh di wajah. Hal ini karena nanah dan darah mengandung bakteri dalam jumlah besar yang bisa menginfeksi kulit yang masih sehat.

4. Mengobati Jerawat

Agar penyebaran jerawat tidak terjadi, gunakan obat jerawat yang tepat untuk membunuh bakteri dan menyembuhkan jerawat dengan maksimal. Salep penghilang jerawat yang banyak dijual di apotek adalah cara yang tepat untuk menghilangkan jerawat dengan benar. Pilih salep yang mengandung benzoil peroksida karena zat tersebut sangat efektif untuk menghilangkan bakteri pada jerawat.

5. Menjaga Kebersihan Tubuh

Itulah beberapa cara agar jerawat tidak menular. Menular tidak berarti menyebarkan jerawat kepada orang lain, tetapi menyebarkan jerawat ke anggota tubuh yang lain sehingga jerawat sangat sulit untuk sembuh. Satu jerawat belum hilang sudah muncul lagi jerawat yang lain.

Menjaga kebersihan tubuh adalah cara agar jerawat tidak menular yang paling efektif. Jangan sembarangan menyentuh wajah dengan tangan agar bakteri tidak berpindah ke wajah. Selain itu lakukan perawatan kulit yang baik agar kulit tetap sehat dan terhindar dari jerawat.

Setelah jerawat hilang, terapkan gaya hidup sehat agar kulit tetap terhindar dari jerawat. Gaya hidup sehat yang bisa dilakukan antara lain adalah banyak minum air putih, rajin berolahraga dan merawat kulit dengan baik. Jika kesehatan kulit dijaga, jerawat tidak akan mudah tumbuh dan kulit tetap mulus tanpa jerawat.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.