Sponsors Link

10 Cara Agar Jerawat Tidak Muncul Lagi Secara Permanen dengan Bahan Alami

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat merupakan hal yanng sangat menyebalkan. Jerawat kecil ini akan menyebabkan dampak psikologis akibat jerawat seperti stress dan tidak percaya diri. Berbagai usaha telah dikakukan agar menghidari datangnya jerawat kembali. Namun kadangkala cara-cara ini dilakukan menggunakan cara ynag tidak benar. Penyebab jerawat datang memang dipenagruhi oleh beberapa faktor. Pertama karena minyak berlebih. Salah satu faktor penyebab utama datangnaya jerawat adalah minyak yang berlebih yang mengakibatkan penyumbatan pori-pori. Kedua adalah karena bakteri. Penyumbatan pori-pori akibat minyak berlebih ini akan lebih mudah membuat bakteri penyebab jerawat muncul. Interaksi antara bakteri dengan sebum akan membuat jerawat parah serta  jerawat batu di tubuh kita. Dan terakhir adalah hormon. Jerawat yang muncul di masa remaja sekitar 10-15 tahun biasanya dipenagruhi oleh hormon. Namun, tidak menutup kemungkinan pula di usia 40 tahun kita dapat terserang jerawat akibat penyebab jearawat di usia 40 tahun. Lalu bagaimana cara mencegah jerawat datang kembali secara alami? Kita akan mengulasnya disini.

Sponsors Link
  1. Khasiat Banyak Minum Air Putih

Beri kut adalah beberapa khasia dari banyak minum airputih agar mencegah jerawat datang kembali :

  • Selain air putih bermanfaat sebagai salah satu tips membersihkan darah kotor penyebab jerawat, air putih juga bermanfaat untuk membersihkan berbagai racun yang ada di dalam tubuh. Bila darah kotor dan racun hilang maka jerawat tidak akan muncuk kembali
  • Meminum 8 gelas air putih perhari atau sekitar 2,5 liter untuk wanita dan 3 liter untuk pria juga akan membantu mengontrol produksi minyak berlebih yang ada di kullit sehingga membuat jerawat enggan datang kembali.
  1. Hindari Menyentuh Bagian Yang Berjerawat Dengan Tangan

Menyentuh bagian yang berjerawat memang tidak dilarang, akan tetapi kita harus memastikan bahwa tangan yang kita gunakan dalam keadaan bersih dan steril. Ketika kita sering menyentuh tanpa memperhatikan kebersihannya maka kita akan mendapatkan resiko yang setara dengan bahaya memencet jerawat yaitu jerawat lebih mudah datang kembali.

  1. Memilih makanan yang tepat

Hindari mengkonsumsi makanan penyebab jerawat di wajah muncul terus seperti makan  yang mengandung minyak berlebih, pedas, bersantan ataupun yang tergolong dalam junk food. Makanan-makanan tersebut akan menstimulus kulit kita agar memproduksi minyak berlebih. Kita sudah mengetahui bahwa minyak berlebih akan membuat pori-pori tersumbat dna jerawat bisa muncul kembali. Segera ganti makanan tersebut dan konsumsi makanan penghilang jerawat seperti sayur dan buah-buahan.

  1. Isitirahat Cukup

Cara menghindari jerawat berikutnya adalah dengan tidur minimal 8 jam sehari. Saat kita memiliki waku istirahat yang cukup, maka kita akan meemberikan kesempatan agar tubuh dapat meregenerasi sel-sel kulit yang rusak dalam tubuh. Dengan meregenerasi kulit yang rusak tersebut maka akan membuat kita tidak mudah terserang oleh bakteri. Bukankah banyak menumpuk sel-sel kulit mati juga menjadi faktor penyebab munculnya jerawat? Untuk itu, segera rubah pola tidur kita agar mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

  1. Olahraga Rutin

Olahraga juga dipercaya sebagai salah satu cara menghindari faktor penyebab timbulnya jerawat di wajah secara alami. Ketika kita menyempatkan olehraga sekitar 1 jam saja setiap hari makan akan memabntu tubu kita untuk mengeluarkanracun dan zat berbahaya dalam tubuh melalui keringat. Hal ini akan membuat kulit bersih dan terhindar dari jerawat. Manfaat berikutnya dari berolahraga adalah memproduksi kolagen dimana manfaat kolagen untuk jerawat yaitu menghaluskan kulit dan mengontrol tumbuhnya jerawat.

Sponsors Link

  1. Mandi Teratur

Ketika kita selesai melakukann kegiatan di luar ruangan yang sanagt menguras keringat maka tubuh kita akan lebih mudah diserang debu menyebabkan jerawat, kotoran, ataupun bakteri. Jika penyebab ini kita biarkan maka akan membuat penyumbatan pori-pori kulit sehingga dapat lebih mudah menyebabkan timbulnyab jerawat. Oleh sebab itu mandi 2 kali sehari menggunakan sabun anti bakteri seperti sabun yang mengandung benzoil peroksida dimana bahan ini dapat membunuh bakteri atau asam salisilat dimana bahan ini dapat menyingkirkan sel-sel kulit mati secara rutin, dapat membantu kita untuk menghilangkan debu dan kotoran yang membuat jerawat datang kembali.

  1. Kebersihan Rambut

Ketika kita memiliki rambut panjang maka bukan tidak mungkin beberapa helai rambut akan menyentuh bahkan menempel di bagian tubuh kita baik itu di punggung, jidat ataupun pipi. Apabila kita tidak memperhatikan kebrsihannya maka berbagai kotoran dan debu yang berada di helai rambut tersebut akan menempel sehingga membuat jerwat lebih mudah datang kembali. Selai itu, rambut yang bersih juga bermanfaat sebagai slah satu cara cara menghilangkan jerawat kecil-kecil di jidat dan cara menghilangkan jerawat di kepala, sehingga kita terbebas dari jerawat. Untuk itu jaga kebersihan rambut dengan menggunakan shampoo pilihan.

Sponsors Link

  1. Jaga Kebersihan Handuk, Pakaian, dan Sarung Bantal

Selain rambut yang harus kita jaga, barang-barang kita seperti handuk, pakaian dan sarung bantal yang sering bersentuhan dengan kulit kita juga harusnya tidak luput dari pengawasan. Handuk, pakaian dan sarung bantal yang kotor akan menjadi tempat yang baik untuk bakteri dapat berkembang. Selain membuat jerawat kembali, hal ini juga akan menjadi penyebab jerawat batu di kemudian hari. Untuk itu segera ganti handuk, pakaian dan sarung bantal kita secara teratur.

  1. Hindari Stress

Saat kita mengalami stres, maka hal ini akan menyebabkan ketidakseimbagan produksi hormon yang memicu reseptor aktif pada sel-sel kulit sehingga akan meningkatkan produksi sebum pada kulit. Sebum jika berinteraksi dengan debu dan bakteri akan menyumbatnya pori-pori kulit. Tersumbatnya pori-pori kulit ini akan senantiasa membuat tubuh menjadi mudah terserang jerawat. Oleh karena itu, kurangi stress dengan selalu menceritakan permasalahahn kita kepada orang lain sehingga beban berkurang dan masalah menjadi cepat selesai.

  1. Hindari Paparan Sinar Matahari

Pada jam 7-9 pagi, sinar matahari memang baik untuk kesehatan kita namun lebih dari jam tersebut akan berdampak buruk bagi tubuh kita salah satunya jerawat. Paparan sinar matahari berlebih ini akan membuat kulit gelap, beresiko memunculkan flek hitam dan jerawat di kulit kita. Oleh karena itu, segera gunakan tabir surya untuk menghindari panas matahari yang menyebakan kulit berjerawat.

Demikian cara agar jerawat tidak muncul lagi secara alami. Semoga dapat kita aplikasikan sehingga kita tidak mudah terserang jerawat.

ads
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.