Sponsors Link

12 Cara Mematikan Jerawat Agar Tidak Tumbuh Lagi di Wajah

Sponsors Link

Penyebab timbulnya jerawat memang masih sulit diketahui secara pasti, namun banyak hal yang dapat mempengaruhi atau mempercepat timbulnya jerawat. Beberapa diantaranya seperti kondisi stress, perubahan hormon penyebab jerawat yang tidak stabil, hingga mengonsumsi makan penyebab timbulnya jerawat, dan lain sebagainya. Oleh sebab itulah, penting bagi anda untuk tetap berusaha menghindari berbagai macam pemicu timbulnya jerawat tersebut, atau dapat melakukan beberapa cara mematikan jerawat agar tidak tumbuh lagi seperti yang akan dibahas dalam kesempatan kali ini. Apa saja cara mematikan jerawat agar tidak tumbuh lagi? Berikut ini beberapa diantaranya:

Sponsors Link
  1. Gunakan Obat Jerawat

Cara mematikan jerawat agar tidak tumbuh lagi yang pertama adalah dengan menggunakan obat jerawat. Banyak sekali obat jerawat yang tersebar di pasaran baik obat jerawat kimia maupun obat jerawat alami. Salah satu yang tidak asing lagi dalam upaya mematikan jerawat adalah dengan benzoil peroksida atau asam silasilat. Gunakan obat jerawat sesuai aturan pemakaian dan jangan sampai berlebih.

  1. Gunakan Masker Alami

Selain menggunakan obat jerawat, anda juga dapat mematikan jerawat agar tidak tumbuh lagi dengan rutin menggunakan masker alami. Anda dapat dengan mudah menggunakan masker alami dengan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan, seperti menggunakan masker madu untuk jerawat, masker alpukad yang dicampur dengan minyak zaitun, maupun dengan masker putih telur. Untuk hasil yang lebih maksimal anda dapat menggunakan masker alami sebelum tidur, sehingga dapat membantu proses regenerasi kulit.

  1. Gunakan Pelembab Wajah

Untuk mematikan jerawat agar tidak tumbuh lagi, anda juga tidak boleh lupa untuk menggunakan pelembab wajah. Menggunakan pelembab wajah dapat membantu kulit anda untuk bernafas setelah aktivitas seharian. Gunakan pelembab yang memang sesuai dengan jenis kulit anda untuk menghindari timbulnya masalah alergi kulit maupun masalah jerawat. Tidak hanya digunakan sebelum tidur, tetapi pagi hari sebelum beraktivitas keluar juga penting untuk menggunakan pelembab, oleh sebab itu anda dapat menggunakan pelembab yang mengandung SPV atau anti UV.

  1. Gunakan Sunscreen

Tidak hanya pelembab, tetapi untuk beraktivitas diluar ruangan anda juga memerlukan sunscreen. Mengapa demikian? Karena kulit yang sedang berjerawat sedang dalam kondisi yang sensitif, sehingga akan lebih baik jika tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Oleh sebab itu, untuk menghindarinya anda dapat menggunakan sunscreen, sehingga proses penyembuhan jerawat juga dapat berjalan lebih baik dan cepat.

  1. Banyak Mengonsumsi Air Putih

Salah satu penyebab tumbuhnya jerawat adalah karena adanya kandungan lemak dan minyak berlebih didalam tubuh yang kemudian menyumbat pori-pori kulit. Banyak mengonsumsi air putih dapat membantu anda melarutkan minyak dan lemak didalam tubuh secara efektif, sehingga jerawat akan hilang dan tidak dapat tumbuh lagi.

  1. Hindari Memencet Jerawat

Pernahkah anda mendengar mengenai bahaya memencet jerawat? memencet jerawat memang dipercaya dapat menyebabkan pertumbuhan jerawat lebih cepat dan lebih banyak, bahkan juga berkemungkinan besar untuk meninggalkan noda hitam bekas jerawat setelahnya. Oleh sebab itu, jika anda tidak ingin jerawat tumbuh lagi di kulit anda maka penting untuk tidak memencet jerawat.

  1. Hindari Terlalu Sering Memegang Wajah

Tidak hanya dilarang untuk memencet jerawat, tetapi usahakan pula untuk tidak terlalu sering memegang atau menyentuh wajah anda. Mengapa demikian? Karena memegang wajah terlalu sering dapat membuat wajah anda berminyak, ditambah lagi kebersihan tangan yang belum terjamin sehingga perpindahan bakteri atau kotoran ke wajah lebih memungkinkan. Kondisi tersebut dapat memicu penyumbatan pori-pori kulit dan tumbuhnya jerawat.

  1. Bersihkan Wajah Secara Rutin

Cara mematikan jerawat agar tidak tumbuh lagi adalah dengan rutin membersihkan wajah. Cucilah wajah atau muka dengan cara mencuci muka yang benar untuk menghilangkan jerawat secara rutin, minimal pagi dan malam hari sebelum tidur. Anda dapat menggunakan sabun pencuci muka yang biasa anda gunakan dan sesuai dengan kondisi kulit anda.

  1. Hindari Stress

Anda juga perlu menghindari stress jika tidak ingin jerawat tumbuh di kulit anda lagi. Hal ini karena stress dapat menyebabkan perubahan hormon penyebab jerawat menjadi tidak stabil, sehingga jerawat akan lebih mudah tumbuh lagi.

  1. Pola Hidup Sehat

Selain menghindari stress, anda juga perlu untuk menerapkan pola hidup sehat. Beberapa diantaranya adalah dengan memperhatikan makanan yang anda konsumsi, tidak terlalu sering begadang. Dan juga rajin berolahraga.

  1. Hindari Menggunakan Makeup Tebal

Menggunakan makeup terlalu tebal juga dapat memicu pertumbuhan jerawat, karena sisa-sisa makeup yang tidak terangkat dengan sempurna dapat menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat. Oleh sebab itu, gunakan makeup secukupnya dan sesuai kebutuhan saja.

  1. Konsultasi Dokter

Cara mematikan jerawat agar tidak tumbuh lagi adalah dengan melakukan konsultasi dengan dokter kulit secara rutin. Dengan berkonsultasi dengan dokter maka anda dapat mendapatkan perawatan yang sesuai dengan kondisi kulit dan jerawat anda, sehingga jerawat dapat dicegah kemunculannya kembali.

Itulah 12 cara mematikan jerawat agar tidak tumbuh lagi, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

ads
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.