Sponsors Link

5 Cara Membedakan Jerawat dan Alergi Paling Mudah dan Wajib Tahu

Sponsors Link

Jerawat dan Alergi adalah dua hal yang berbeda. Namun, kebanyakan dari kita menyalahkan arti dan sering menyamakan keduanya. Alergi terjadi karena tubuh mengenali unsur asing secara salah dan dianggap berbahaya oleh tubuh. Sementara jerawat muncul akibat bakteri dan kulit yang tidak bersih. Bahkan arti letak jerawat menurut medis pun berbeda beda, munculnya jerawat bisa menjadi pertanda kondisi tubuh seseorang. Alergi bisa menyebabkan munculnya jerawat Misalnya karena alergi makanan. Untuk mengetahui lebih lagi tentang kedua hal ini, mari kita bahas satu persatu, cara membedakan jerawat dan alergi ini :

Sponsors Link
  1. Pengertian Jerawat dan Alergi

Jerawat yaitu kondisi kulit yang abnormal dikarenakan gangguan produksi dari kelenjar minyak yang berlebihan.  Kelebihan produksi kelenjar minyak ini atau sebaceous gland itu akan menyebabkan penyumbatan pada saluran folikel rambut dan pada bagian pori-pori kulit. Debu juga bisa menjadi salah satu penyebab jerawat, namun terdapat berbagai. cara menghilangkan jerawat akibat debu. Jerawat akan menimbulkan kulit menjadi meradang. Peradangan ini biasanya terjadi pada kulit karenaproduksi kelenjar minyak kulit yang berlebih atau dan menyumbat saluran kelenjar minyak sehingga membentuk komedo. Jika penyumbatan yang  ini semakin membesar maka komedo akan terbuka dan akan berinteraksi atau terkena bakteri jerawat. Jerawat juga bisa disebabkan adanya bakteri Propionibacterium acnes yang akan berkembang ketika pori pori tersumbat.

Sementara pengertian dari Alergi ialah  reaksi yang berlebihan dari sistem pertahanan tubuh manusia untuk melawan  zat-zat asing yang masuk kedalam tubuh. Sistem kelebalan tubuh manusia  berfungsi untuk  memproduksi antibodi yang dapat melawan zat zat yang dapat membahayakan tubuh manusia, namun dalam kasus alergi ini sistem pertahanan tubuh juga menyerang zat zat yang sebenarnya tidak berbahaya bagi manusia. Alergi dapat menyebabkan kulit ruam, mata gatal, pilek, sesak napas, diare dan gatal2 seluruh tubuh.  Alergi bukanlah penyakit yang menular, biasanya alergi terjadi akibat faktor keturunan dan faktor lingkungan. Alergi tidak akan terjadi pada saat pertama kali tubuh kontak dengan zat alargen, namun pada kontak yang terjadis selanjutnya maka tubuh akan lebih sensitive dan mengenal zat zat tertentu sebagai zat zat yang berbahaya. Alergi bisa menjadi penyebab jerawat di pipi kiri.

  1. Penyebab Jerawat dan Alergi

Antara jerawat dan alergi pasti memiliki hal hal yang menjadi penyebab munculnya keduanya. Jerawat muncul karena berbagai hal dan berbagai kebiasaan penyebab jerawat.

  • Faktor keturunan yang sulit untuk di hindari
  • Produksi minyak berlebih
  • Kulit wajah yang kotor dan jarang dibersihkan sehingga membuat bakteri muncul dan menyebabkan jerawat.
  • Alergi yang dapat menimbulkan munculnya jerawat.
  • Begadang, begadang penyebab jerawat yang seringkali tidak disadari

Sementara alergi disebabkan oleh berbagai hal, namun ada 3 hal yang menjadi faktor utama diantaranya ialah makanan, penggunaan obat obatan dan makanan. Namun, untuk penyebab alergi lain diantaranya ialah

  • Faktor keturunan, seperti halnya penyebab jerawat pada anak, alergi dapat disebabkan oleh faktor keturunan. Diketahui bahwa alergi bukan merupakan penyakit yang menular. Namun, alergi dapat muncul karena faktor lingkungan dan juga faktor keturunan.
  • Parfum, ternyata parfum juga bisa menimbulkan alergi kulit
  • Kandungan pada antbiotik, kandungan Neomycin sulfate dapat menimbulkan permasalahan baru seperti alergi kulit ini.
  • Makanan, seperti pada jerawat ada berbagai makanan yang harus dihindari saat jerawat. Pada  setiap orang yang memiliki alergi mereka memiliki berbagai makanan berbeda yang menjadi penyebab munculnya alergi yang harus di hindari pula.
Sponsors Link

  1. Jenis Jenis Alergi dan Jerawat

Hampir setiap orang pernah memiliki jerawat sepanjang hidupnya. Jerawat memiliki berbagai jenis mulai dari jerawat biasa yang bisa di hilangkan dan terjadi karena faktor perubahan hormone ketika dalam masa puber hingga jerawat meradang yang cukup parah. Jenis jenis jerawat yang cukup sering terjadi ialah

  • jerawat batu jerawat ini memiliki ukuran yang lebih besar dari jerawat pada umumnya. Jerawat batu akan meninggalkan bekas yang sulit untuk dihilangkan Jerawat batu atau yang sering disebut juga Cystic Acne disebebkan karena kelenjar minyak yang terlalu banyak dan pertumbuhan sel yang tidak normal.Anda bisa menggunakan berbagai cara menghilangkan jerawat batu secara alami agar jerawat ini hilang.
  • Jerawat Juvenil, yaitu jerawat yang timbul pada remaja yang sedang mengalami masa pubertas di usia 14 hingga 20 tahun.
  • Jerawat beruntusn, jerawat ini bentuknya seperti biang keringat dengan ukuran kecil

Sementara untuk alergi, juga memiliki jenis jenis tersendiri. Jenis jenis alergi diantaranya

  • Alegi makanan, alergi ini adalah kondisi dimana penderita mempunyai rekasi yang berlebihan terhadap makanan. Orang orang bisa alergi terhadap berbagai makanan mulai dari hidangan laut hingga coklat.
  • Alergi kontak, alergi ini ialah alergi penggunaan barang barang dan produk tertentu. Misalnya alergi sabun, parfum dan juga perhiasaan.
  • Alergi hirup, menurut penelitian alergi ini merupakan alergi yang sering terjadi misalnya orang memiliki alergi terhadap cuaca dingin maupun panas.
ads
  1. Cara Mengatasi, Pengobatan dan Pencegahan

Untuk mengatasi, mengobati dan mencegah jerawat ada beberapa cara yang bisa dilakukan diantaranya :

  • Menjaga kebersihan kulit wajah dari berbagai kotoran dan debu. Langkah ini juga termasuk  cara mengatasi jerawat meradang
  • Menjaga asupan makanan, hindari makanan berlemak
  • Menggunakan berbagai masker alami yang mengandung vitamin E dan C, serta memiliki sifat antibakteri

Sementara untuk mengatasi, mengobati dan mencegah alergi ada beberapa cara yang bisa dilakukan

  • Menjaga makanan dan hal hal yang bisa menimbulkan alergi lagi
  • Mengonsumsi obat obatan pereda alami
  • Menggunakan berbagai bahan alami seperti daun salam jahe dan lidah buaya
  1. Perawatan Kulit

Untuk kulit yang berjerawat anda bisa menggunakan serangkaian produk yang memang dikhususkan untuk anda yang memiliki jenis kulit mudah berjerawat. Gunakan berbagai produk yang mengandung sulfur, karena sulfur dapat mengurangi jerawat dengan luar biasa. Ketika jerawat anda sedang parah parahnya jauhi penggunaan obat yang dapat membuat kulit jerawat anda lebih parah dan semakin sulit untuk dihilangkan. Untuk menghilangkan jerawat anda bisa menggunakan berbagai bahan alami termasuk jeruk nipis, pepaya dan tomat. Gunakan bahan bahan alami yang mengandung antibakteri dan antioksidan yang tinggi. Selain jerawat, bekas jerawat juga sulit dihilangkan anda bisa menggunakan obat penghilang bekas jerawat yang bisa ditemukan di apotik.

Sementara bagi anda yang memiliki alergi, anda bisa melakukan perawatan kulit anda dengan lebih hati hati lagi. Jauhi bahan bahan maupun makanan yang bisa membuat alergi anda muncul lagi. Anda harus menjaga kebersihan diri dan juga lingkungan anda. Jangan gunakan pakaian yang lembab. Gunakan berbagai obat diantaranya Pharmacotherapy dan Immunitherapy.

Begitulah berbagai perbedaan antara jerawat dan alergi. Penanganan dan perawatan yang dilakukan kepada kedua hal ini berbeda. Jadi kenali apa yang sebenarnya terjadi pada kulit anda, jangan sampai salah penangannnya ya !

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Friday 20th, October 2017 / 08:44 Oleh :
Kategori : Jenis