Sponsors Link

5 Cara Membersihkan Jerawat dengan Jeruk Nipis Super Ampuh

Sponsors Link

Sebagai sumber vitamin C, jeruk nipis sangat baik dikonsumsi untuk memelihara daya tahan tubuh. Namun, siapa yang menyangka jika jeruk nipis juga bisa digunakan untuk membersihkan jerawat yang menganggu penampilan Anda. Khasiat alami dari jeruk nipis sebagai penghilang jerawat sudah banyak dibuktikan. Berbagai macam produk perawatan wajah dengan bahan dasar jeruk nipis juga banyak beredar di pasaran. Namun, jika Anda tidak ingin memakai produk-produk tersebut dan ingin langsung menggunakan jeruk nipis segar sebagai bahan penghilang jerawat, sebaiknya Anda mengetahui bagaimana caranya.

Sponsors Link

Artikel terkait:

Berikut ini ada 5 cara efektif untuk membersihkan jerawat dengan jeruk nipis yang perlu untuk diketahui.

  1. Mengoleskan Potongan Jeruk Nipis Secara Langsung

Ini adalah cara membersihkan jerawat dengan jeruk nipis yang paling mudah dan sederhana. Anda tinggal membelah jeruk nipis, kemudian mengoleskannya ke wajah. Jeruk yang dipilih sebaiknya tidak terlalu mentah dan tidak terlalu matang (tingkat kematangan sedang). Jeruk dengan tingkat kematangan sedang memiliki kandungan air yang melimpah sehingga akan memberi suplai vitamin C yang lebih banyak untuk mengatasi jerawat. Jika mengoleskan jeruk nipis ke jerawat, disarankan untuk berhati-hati dan jangan sampai menimbulkan luka akibat gesekan yang terlalu keras.

Wajah berjerawat yang digosok dengan jeruk nipis mungkin akan mengalami sensasi rasa perih. Namun, jangan khawatir, rasa perih yang timbul ini sebenarnya disebabkan karena vitamin C sedang bekerja untuk mengatasi jerawat.

  1. Mencampur Jeruk Nipis dengan Putih Telur

Putih telur tidak hanya lezat jika dicampur dengan masakan. Bahan putih telur ternyata juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat. Sebagai bahan anti jerawat yang ampuh, khasiat putih telur dapat disandingkan dengan jeruk nipis. Jeruk nipis adalah sumber vitamin C, sedangkan putih telur adalah sumber vitamin B. Selain itu, putih telur juga memiliki kandungan kolagen yang tinggi untuk membuat kulit menjadi kencang dan kenyal.

Baca juga:

Cara untuk mengaplikasikan jeruk nipis dengan putih telur untuk membersihkan jerawat di wajah adalah dengan mencampurnya. Peras air jeruk nipis di dalam gelas, kemudian campur dengan putih telur yang sudah dipisahkan dari kuning telurnya. Aduk campuran ini sampai tercampur rata, kemudian oleskan secara hati-hati pada jerawat. Cara ini akan lebih baik apabila diaplikasikan saat Anda akan pergi tidur. Sebelum tidur, oleskan ramuan putih telur campur jeruk nipis ini pada jerawat, kemudian diamkan hingga Anda bangun di pagi hari. Selama Anda tidur, ramuan putih telur ini akan membantu Anda memberantas jerawat yang membandel.

  1. Mencampur Jeruk Nipis dengan Madu

Madu yang digunakan sebagai campuran jeruk nipis, sangat cocok untuk mengatasi jerawat yang membandel. Madu adalah obat dari berbagai macam penyakit dan mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Saat khasiat madu dikombinasikan dengan jeruk nipis, kedua bahan aktif ini dapat memerangi jerawat dengan cepat. Bahan madu akan memulihkan peradangan. Cara untuk menggunakannya pun cukup mudah. Anda tinggal mencampurkan jeruk nipis bersama madu. Campuran ini kemudian dioleskan secara hati-hati pada jerawat. Jika dilakukan secara rutin, campuran ini akan membantu mengatasi jerawat dengan cepat.

Artikel terkait:

  1. Mencampur Jeruk Nipis dengan Air Hangat

Air yang bersuhu hangat dapat membantu untuk membuka pori-pori kulit. Jika pori-pori kulit terbuka, zat aktif yang terkandung dalam jeruk nipis akan mudah untuk meresap ke dalam kulit. Maka dari itu, jika ingin mengoptimalkan khasiat jeruk nipis untuk membersihkan jerawat, cara termudah dan tercepat untuk melakukannya adalah mencampur jeruk nipis dengan air hangat. Cara untuk melakukan perawatan ini adalah dengan memeras air jeruk nipis. Belah sekitar 2 butir jeruk nipis, kemudian peras airnya dan kumpulkan di dalam gelas.

Siapkan air hangat secukupnya di dalam baskom, kemudian tuangkan air jeruk nipis ini di dalam air hangat tersebut. Setelah diaduk dengan tangan, basuhkan air jeruk nipis ini di wajah yang sedang mengalami problem jerawat. Hati-hati, jangan sampai air basuhan ini mengenai mata karena akan menimbulkan sensasi pedih yang menyakitkan. Jika sudah membasuh wajah dengan air hangat campur jeruk nipis, angin-anginkan sejenak wajah Anda sampai separuh kering. Biarkan bahan aktif bekerja memulihkan jerawat. Jika sudah cukup kering, basuhlah wajah dengan air dingin untuk meringkas pori-pori yang terbuka. Untuk mengeringkan wajah yang baru saja dibilas ini, gunakan handuk yang steril agar tidak terjadi perpindahan bakteri dari handuk ke wajah Anda.

  1. Mencampur Jeruk Nipis dengan Jus Mentimun

Mentimun adalah bahan makanan lezat yang banyak digunakan untuk melengkapi masakan. Selain itu, mentimun juga sering digunakan sebagai bahan aktif untuk kosmetik. Bahan mentimun ini memang cocok untuk diaplikasikan di jerawat. Khasiatnya bisa dikombinasikan dengan jeruk nipis. Mentimun memiliki khasiat sebagai astringent yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, mentimun juga dapat menenangkan kulit dan menyegarkannya sehingga tidak nampak kusam.

Cara untuk mengaplikasikan mentimun dengan jeruk nipis pada jerawat juga sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan satu batang mentimun, satu butir jeruk nipis, dan air secukupnya. Potong-potong mentimun dan blender hingga halus. Jika terlalu kental, Anda bisa menambahkan air agar tekstur jus mentimun ini lebih lembut. Ingat, jangan sampai mentimun menjadi terlalu cair karena air yang dituangkan terlalu banyak. Jika sudah, keluarkan mentimun dari blender dan peras jeruk nipis. Campurkan jus mentimun ini dengan perasan air jeruk nipis hingga merata.

Setelah itu, aplikasikan ramuan mentimun campur jeruk nipis ini ke wajah yang berjerawat. Anda bisa mengaplikasikannya seperti menggunakan masker. Diamkan sejenak selama 30 hingga 45 menit agar bahan aktif bekerja memulihkan jerawat. Jika sudah, bilas dengan air dingin dan keringkan dengan handuk steril. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk memberantas jerawat yang menganggu di wajah.

Sudah terbukti bahwa jeruk nipis memiliki banyak manfaat ampuh untuk jerawat. 5 cara membersihkan jerawat dengan jeruk nipis tadi sangat cocok untuk Anda coba di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 16th, August 2017 / 03:32 Oleh :
Kategori : Pengobatan