Sponsors Link

3 Cara Membersihkan Jerawat dengan Lemon dengan Mudah

Sponsors Link

Setiap orang pasti pernah mengalami masalah jerawat yang dapat mengganggu penampilan sehari-hari, belum lagi jika jerawat yang telah sembuh tetap meninggalkan bekas terutama di area wajah. Jerawat merupakan suatu peradangan pada lapisan kulit yang dapat merusak jaringan kulit wajah. Cara mengatasi atau membersihkan jerawat dan bekas nya sangat beragam, baik melalui cara herbal maupun konsultasi dokter. Lalu bagaimana cara membersihkan jerawat di area wajah agar kulit bisa kembali bersih dan mulus?

Sponsors Link

Bagi kalian yang sedang bingung mencari cara untuk membersihkan jerawat di area wajah, kalian bisa mencobanya dengan menggunakan buah lemon. Membersihkan jerawat dengan lemon merupakan salah satu cara yang popular karena mudah, murah, serta terbukti khasiat nya jika dilakukan dengan teratur dan cara yang benar. Mengapa lemon? Lemon merupakan buah yang mengandung vitamin C dan sifat asam yang tinggi yang dapat mencegah berbagai macam infeksi di wajah. Menurut beberapa sumber, manfaat lemon untuk wajah berjerawat sangat beragam karena lemon memiliki sifat disinfektan alami yang dapat mencegah dan mempengaruhi infeksi di kulit wajah. Sifat disinfektan dan sifat asam alami yang terkandung dalam lemon dapat menghancurkan jerawat yang membandel, bahkan dapat mematikan bakteri yang menyebabkan jerawat.

Cara membersihkan jerawat dengan lemon dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu dengan melalui dalam tubuh dan dari luar tubuh. Namun perlu diingat sebelum mencoba cara ini, walaupun manfaat lemon untuk jerawat beragam namun untuk beberapa orang yang memiliki kulit yang sensitif bisa tidak cocok dan menimbulkan perih serta kemerahan karena sifat asamnya. Jadi, sebelum teratur menggunakan lemon alangkah lebih baiknya jika kalian mengetahui sifat kulit kalian terlebih dahulu atau bisa juga dicoba sedikit di area wajah yang berjerawat terlebih dahulu untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Berikut tiga cara membersihkan jerawat dengan lemon di area wajah yang perlu kalian coban dengan memanfaatkan air perasan lemon atau sari lemon

1. Dari dalam tubuh

Membersihkan jerawat dengan lemon juga dapat dilakukan dari dalam tubuh, yaitu dengan meminum air perasan lemon atau sari lemon secara teratur. Walaupun disarankan untuk dilakukan secara teratur, namun sebaiknya tetap diusahakan untuk tidak terlalu sering. Mengapa demikian, karena sifat asam kuat yang terkandung dalam lemon dapat merusak email gigi dan juga jika berlebihan akan tidak baik bagi lambung. Berikut cara membersihkan jerawat dengan lemon dari dalam tubuh:

  • Siapkan bahan dan alatnya seperti buah lemon, madu atau gula, pisau, pemeras jeruk, gelas, dan sendok.
  • Ambil buah lemon dan potong menjadi dua bagian.
  • Peras kedua potongan lemon dan masukkan sari nya kedalam gelas.
  • Tambahkan sedikit madu atau gula kemudian seduh dengan air hangat.
  • Minumlah secara teratur tetapi masih dalam batas yang normal.

2. Dari luar tubuh

Selain dari dalam tubuh, membersihkan jerawat dengan lemon juga dapat dilakukan dari luar tubuh, dengan dua cara berikut:

Cara pertama:

  • Buatlah air perasaan lemon seperti cara diatas tanpa ditambah dengan madu atau gula dan di seduh dengan air hangat, atau perasaan lemon asli tanpa campuran apapun kemudian tuangkan dalam mangkok.
  • Ambil kapas dan rendam dalam perasaan lemon kemudian peras agar airnya keluar.
  • Gunakan kapas tersebut untuk menutupi jerawat di kulit wajah.
  • Diamkan selama kurang lebih 10 menit atau hingga mengering.
  • Lepas dan bilas wajah dengan air, serta keringkan menggunakan handuk. Lakukan cara ini setidaknya dua kali dalam satu hari.
    Sponsors Link

Cara kedua dilakukan jika kalian ingin membawanya tidur:

  • Siapkan perasaan lemon dan campurkan dengan air didalam mangkok.
  • Cuci wajah atau bersihkan wajah dengan air hingga bersih lalu keringkan menggunakan handuk.
  • Masukkan kapas kedalam campuran perasan lemon dan air, lalu oleskan ke area wajah. Perlu diperhatikan jangan sampai olesan campuran ini melukai jerawat kalian, oleh sebab itu perlu dilakukan secara hati-hati.
  • Biarkan olesan campuran tersebut di wajah kalian selama semalaman.
  • Pada pagi hari cuci wajah anda hingga bersih. Lakukan cara ini setidaknya dua kali dalam satu minggu.

Itulah tiga cara membersihkan jerawat dengan lemon di area wajah yang dapat juga menjadi cara menghilangkan bekas jerawat dengan lemon di area wajah yang perlu kalian ketahui, cukup mudah kan selamat mencoba.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Pembersih
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.