Sponsors Link

5 Cara Membersihkan Makeup Agar Tidak Menimbulkan Jerawat dan Mulus

Sponsors Link

Hidup di kawasan tropis memuat wanita Indonesia memang sering mengalami masalah jerawat. Oleh sebab itu, mengetahui segala sesuatu tentang jerawat baik itu penyebabnya, cara mengatasinya, bahkan hingga cara mencegahnya juga wajib dilakukan. Terlebih lagi untuk masa sekarang dimana setiap wanita pastinya sulit terlepas dengan penggunaan makeup setiap harinya, walaupun penggunaan makeup juga dapat meningkatkan risiko kulit menjadi berjerawat. Maka dari itu, dalam kesempatan kali ini akan dibahas secara lengkap mengenai tips dan trik cara membersihkan makeup agar tidak menimbulkan jerawat. Bagaimana saja cara-cara tersebut? mari simak ulasan berikut ini.

Sponsors Link

Makeup dan Jerawat

Mendengar hubungan antara makeup dan penyebab jerawat pastinya sudah tidak asing lagi ditelinga setiap wanita. Hal ini disebabkan karena penggunaan makeup memang dianggap sebagai salah satu penyebab paling umum timbulnya jerawat selain karena hormon penyebab jerawat, dan penyebab lainnya. Mengapa makeup bisa dianggap sebagai pemicu timbulnya jerawat? hal ini didasarkan pula pada penyebab timbulnya jerawat atau bagaimana jerawat bisa timbul secara umum, yaitu dimana kondisi pori-pori kulit tersumbat, baik oleh produksi minyak berlebih maupun juga karena adanya penyumbatan oleh kotoran dan juga tumpukan sel kulit mati yang tidak dibersihkan dengan benar.

Dari situlah makeup juga dianggap menjadi salah satu pemicu timbulnya jerawat di kulit. Dimana sisa-sisa makeup yang tidak dibersihkan dengan benar kemudian menyumbat pori-pori kulit, sehingga memicu pertumbuhan jerawat. Terlebih lagi semakin maju nya jaman menjadikan pilihan produk makeup juga menjadi sangat beragam, sehingga ketika menggunakan produk yang tidak sesuai dengan jenis kulit maka akan menimbulkan iritasi dan juga masalah jerawat. Oleh sebab itu, penting untuk selalu membersihkan sisa-sisa makeup di kulit dengan benar, dan juga menggunakannya sesuai dengan kebutuhan sewajarnya yang disesuaikan pula dengan jenis kulit masing-masing.

Tips dan Trik Membersihkan Makeup

Setelah memahami hubungan dari penggunaan makeup yang dapat menjadi penyebab jerawat, maka seharusnya anda lebih berhati-hati dan rutin dalam membersihkan sisa-sisa makeup maupun kotoran di kulit wajah anda. Beberapa cara dalam membersihkan makeup yang benar dan dapat mengurangi risiko tumbuhnya jerawat diantaranya adalah :

  1. Menggunakan Makeup Remover

Membersihkan makeup dengan air bersih saja sebenarnya belum cukup, karena tidak semua sisa-sisa makeup di kulit dapat terangkat dengan mencuci wajah hanya dengan air saja. Sebelum menggunakan air bersih untuk mencuci wajah anda, anda juga perlu menggunakan makeup remover untuk mengangkat semua sisa-sisa makeup di kulit anda. Bahkan ada anggapan pula jika anda langsung mencuci wajah anda tanpa menggunakan makeup remover terlebih dahulu, justru hal tersebut dapat menghambat keluarnya kotoran yang bersarang di pori-pori kulit anda. Oleh sebab itu, mulailah menggunakan makeup remover untuk membersihkan makeup di kulit wajah anda agar terhindar dari tumbuhnya jerawat.

  1. Menghapus Riasan Mata

Perlu anda ketahui bahwa area mata merupakan area kulit yang sensitif, jadi anda tidak oleh sembarang membersihkan riasan disekitar mata anda, bahkan dilarang juga untuk melupakan menghapus riasan mata. Anda dapat menggunakan kapas yang telah diberi makeup remover lalu tempelkan pada area mata dengan posisi mata tertutup selama kurang lebih 1 menit agar bisa menyerap dengan baik. Kemudian gerakkan kapas ke arah bawah untuk membersihkan riasan mata secara keseluruhan. Gunakan kapas lainnya jika ingin membersihkan kembali ataupun membersihkan area mata yang lainnya agar tidak memicu masalah jerawat.

  1. Jangan Lupakan Cleanser dan Toner

Walaupun sudah menggunakan makeup remover, tetapi anda juga masih perlu menggunakan cleanser dan toner pada kulit wajah anda. Hal ini dimaksudkan untuk mengangkat sisa-sisa makeup yang masih tertinggal setelah dibersihkan dengan makeup remover. Gunakanlah cleanser terlebih dahulu dan diikuti dengan menggunakan toner pada kulit wajah anda. Menggunakan toner juga dapat membantu anda mengatasi masalah kulit berminyak, yang pastinya dapat membantu mencegah timbulnya jerawat.

Sponsors Link

  1. Double Cleansing

Jika anda rasa setelah membersihkan wajah anda masih ada sisa-sisa makeup yang tertinggal. Maka anda dapat melakukan double cleansing, artinya anda mengulangi kembali membersihkan wajah anda dengan cara-cara diatas. Hal ini cukup efektif dilakukan untuk mencegah timbulnya jerawat, karena sisa-sisa makeup di kulit wajah akan terangkat secara keseluruhan.

  1. Cuci Wajah dengan Sabun

Setelah selesai membersihkan wajah anda dari sisa-sisa makeup, maka anda juga wajib untuk mencuci wajah anda hingga bersih dengan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat. Anda dapat menggunakan air bersih dan juga sabun pencuci muka yang biasa anda gunakan untuk dapat memberikan efek lebih bersih pada kulit wajah anda. Anda juga dapat menggunakan air hangat sebelum menggunakan sabun muka anda, agar pori-pori kulit terbuka dan kotoran akan dapat diangkat. Setelah itu anda dapat mencuci wajah anda kembali dengan air dingin agar pori-pori kulit anda kembali tertutup.

ads
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pembersih
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.