Sponsors Link

10 Cara Membuat Wajah Mulus Tanpa Jerawat dan Komedo Paling Aman

Sponsors Link

Mempunyai kulit yang mulus dan bersih tanpa jerawat atau komedo adalah impian setiap wanita. Untuk mendapatkan kulit seperti itu, tentu dibutuhkan usaha dan perawatan yang rutin. Tidak perlu mahal dan ribet, asal Anda rutin dan telaten merawat kesehatan kulit, kulit mulus alami tanpa jerawat dan dan komedo pasti bisa Anda dapatkan. Ini dia cara membuat kulit mulus tanpa jerawat dan komedo yang bisa Anda lakukan dengan mudah:

Sponsors Link

1. Pahami jenis kulit Anda

Langkah awal sebagai cara membuat wajah mulus tanpa jerawat dan komedo adalah dengan memahami jenis kulit wajah Anda. Jika sudah mengetahui jenis kulit Anda, merawat kulit akan menjadi hal yang mudah dan menyenangkan. Ada empat jenis kulit yaitu normal, kering, berminyak, dan kombinasi. Cara mengetahuinya cukup mudah, cuci wajah Anda dengan air lalu biarkan kering dengan sendirinya dan diamkan selama 1 jam tanpa disentuh. Usapkan tisu bersih pada daerah T wajah Anda

  • Jika tidak ada bekas minyak atau kulit yang mengelupas pada tisu, berarti Anda memiliki jenis kulit yang normal. Kulit normal mempunyai tekstur yang kenyal dan halus. Kulit jenis ini bisa dikatakan paling mudah perawatannya.
  • Jika ada serpihan sel kulit mati yang terkelupas menempel pada tisu, jenis kulit Anda termasuk kulit kering. Kulit jenis ini memiliki pori-pori yang sangat kecil dan terasa kaku serta ketat. Anda harus menggunakan pelembab secara teratur agar tidak terasa kering.
  • Jika ada bekas minyak yang menempel di tisu, Anda memiliki kulit yang berminyak. Wajah dengan tipe ini akan tampak mengkilap dan berpori-pori besar.
  • Jika kulit Anda memiliki ketiga ciri-ciri di atas, maka kulit Anda termasuk ke dalam kulit kombinasi. Kulit dengan tipe ini berminyak pada daerah T, tetapi cenderung normal dan kering di bagian wajah yang lain.

2. Merawat wajah sesuai jenis kulit

Cara membuat wajah mulus tanpa jerawat dan komedo yang pertama adalah merawat wajah sesuai dengan jenis kulit Anda. Ada beberapa jenis kulit wajah yaitu normal, berminyak, kering, dan kombinasi. Untuk mendapatkan kulit wajah yang mulus, gunakan serangkaian perawatan kulit wajah yakni pembersih, sabun cuci muka, toner, dan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit. Jika kulit Anda kering, gunakan produk kecantikan yang bisa melembabkan kulit, sedangkan jika Anda punya kulit berminyak cenderung berjerawat, pilih produk kecantikan yang tidak menyumbat pori sehingga memicu munculnya jerawat. Ada banyak pilihan sabun muka untuk kulit berjerawat dan berminyak, lalu gunakan pelembap wajah untuk kulit berminyak.

3. Selalu gunakan sunblock saat keluar rumah

Kulit yang mulus dan sehat adalah kulit yang terhindar dari bahaya sinar matahari. Oleh sebab itu, salah satu cara membuat wajah mulus tanpa jerawat dan komedo adalah selalu menggunakan sunblock atau tabir surya setiap keluar dari rumah. Tabir surya akan menangkal masuknya sinar UVA dan UVB yang berbahaya untuk kulit. Sinar ultra violet tidak hanya menyebabkan warna kulit menjadi lebih gelap, tetapi juga memicu kerusakan kulit, tumbuhnya komedo dan jerawat.

4. Gunakan scrub untuk mengangkat sel kulit mati

Selain sabun wajah, ada satu jenis sabun muka lain yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati hingga ke akarnya. Gunakan scrub seminggu sekali untuk meremajakan kulit. Scrub memiliki butiran yang lebih kasar dibandingkan dengan tekstur sabun muka yang halus dan lembut. Butiran inilah yang akan mengangkat sel kulit mati. Jangan gunakan scrub setiap hari karena akan mengikis kelembaban kulit dan membuat kulit menjadi sangat kering. Usapkan scrub dengan lembut ke wajah untuk menghindari iritasi karena gesekan scrub yang terlalu keras di wajah.

Sponsors Link

5. Segera bersihkan make up setelah beraktivitas

Wajah yang sehat dan cantik bukan wajah yang dipoles dengan make up. Tetapi wajah yang sehat dan mulus tanpa jerawat. Cara membuat wajah mulus tanpa jerawat dan komedo adalah tidak menggunakan make up yang terlalu tebal. Gunakan make up yang tipis-tipis saja, tidak perlu memakai foundation yang berlapis-lapis. Jika kulit Anda berjerawat, gunakan foundation untuk kulit berjerawat. Setelah Anda selesai berkativitas, bersihkan make up hingga tidak lagi bersisa di wajah. Bersihkan dengan pembersih atau make up remover, kemudian lanjutkan dengan mencuci wajah dengan sabun muka dan air hingga bersih. Pastikan Anda tidur tanpa ada sisa make up di wajah agar proses regenerasi kulit dapat berjalan dengan sempurna.

6. Perbanyak makan buah dan sayur

Makanan yang sehat akan menutrisi kulit dengan lebih baik. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang dan kaya serat. Buah dan sayur adalah dua jenis makanan wajib yang tidak boleh Anda tinggalkan. Hindari makanan yang tinggi kandungan gula, lemak, dan makanan berminyak karena makanan berlemak termasuk makanan yang harus dihindari saat jerawat muncul. Makan makanan berminyak akan memperparah kondisi jerawat Anda. Sebaiknya, makan makanan pencegah jerawat dan komedo yang lebih sehat.

ads

7. Perbanyak minum air putih

Air putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya itu saja, air putih juga banyak manfaatnya untuk kecantikan kulit. Manfaat air putih untuk kulit antara lain:

  • Menjaga kelembaban kulit
  • Meningkatkan elastisitas kulit
  • Mencegah tanda penuaan dini
  • Membuat kulit kenyal dan cerah alami

Minum setidaknya 2 liter air setiap hari sebagai cara membuat wajah mulus tanpa jerawat dan komedo.

8. Rajin berolahraga

Olahraga memang sangat penting untuk tubuh. Berolahraga bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan membuat kulit cantik alami. Segala bentuk olahraga baik itu lari, gym, atau yoga akan meningkatkan kekencangan kulit Anda dan bisa mencegah serangan stress. Stress adalah salah satu penyebab jerawat bruntusan yang membuat kulit tidak lagi mulus.

9. Tidur yang cukup

Mengapa tidur yang cukup menjadi kunci kulit mulus tanpa jerawat dan komedo? Saat tidur, kulit akan mengalami regenerasi, yaitu pergantian sel kulit mati menjadi sel kulit baru yang lebih sehat. Sel kulit mati membuat kulit tampak hitam dan kusam. Apabila sel kulit mati menumpuk di wajah akan menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat.

10. Gunakan minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki manfaat yang sangat besar untuk kulit. Dengan minyak zaitun, kulit Anda akan terasa kenyal dan elastis serta awet muda. Rutin mengoles wajah dengan minyak zaitun setiap malam akan memberikan Anda kulit mulus, sehat, bebas dari jerawat dan komedo.

Itulah beberapa cara membuat wajah mulus tanpa jerawat dan komedo. Terapkan pola hidup sehat, rajin berolahraga dan memberi nutrisi yang alami untuk kulit. Nutrisi kulit bisa didapatkan dari berbagai sumber seperti pelembab wajah, vitamin kulit, masker, hingga makanan sehat seperti buah dan sayur. Jika Anda rajin menerapkan tips di atas, kulit yang mulus dan sehat alami akan segera menjadi milik Anda! Selamat mencoba ya!

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Sunday 29th, October 2017 / 14:36 Oleh :
Kategori : Pencegahan