Sponsors Link

15 Cara Memecahkan Jerawat Dengan Aman dan Tanpa Bekas

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat adalah salah satu bahan pembicaraan asyik sepanjang masa mengingat jerawat bisa terjadi pada siapa saja tanpa mengenal jenis kelamin. Fase remaja memang paling rentan untuk terkena jerawat tetapi bukan berarti anak-anak dan dewasa tidak bisa diserang oleh jerawat. Jerawat sendiri muncul saat tubuh memproduksi minyak berlebih. Minyak yang berlebih ini jika menumpuk bersama sel kulit mati akan membuat pori wajah tertutup dan membentuk jerawat.

Sponsors Link

Banyak sekali macam-macam penyebab jerawat misalnya penyebab jerawat di dada, penyebab jerawat di leher, penyebab jerawat di punggung, penyebab jerawat di hidung, penyebab jerawat di dagu, dan tentunya penyebab jerawat di wajah. Namun dimanapun tempat penyebab jerawat tidak akan berpengaruh terhadap apapun karena jerawat hanya bisa memberi dampak psikologis akibat jerawat yang sangat merugikan penderitanya. Jerawat yang muncul dan berkembang menjadi jerawat matang akan menggoda siapapun untuk memecahkannya. Lalu bagaimana cara memcahkan jerawat dengan benar? Kami akan mengupas tuntas disini.

Cara Memecahkan Jerawat Dengan Benar

Sebelum memutuskan untuk memecahkan jerawat di wajahmu, perhatikan peringatan-peringatan di bawah ini :

  • Jangan terlalu sering memecahkan jerawat karena bekasnya susah dihilangkan.
  • Jangan memencet terlalu dini karena akan membuat jerawat semakin meradang.
  • Pastikan bahwa jerawat sudah matang.
  • Tusuk kepala jerawat, bukan memencetnya dari bawah sampai nanah keluar.
  • Pastikan untuk mendapatkan asupan makanan pencegah jerawat dan komedo yang baik untuk mengatasi jerawat dari dalam.

Berikut adalah cara memencet jerawat dengan aman :

1. Gunakan pembungkus tangan

Kamu harus memastikan bahwa tanganmu sudah dicuci terlebih dahulu. Kemudian gunakan sarung tangan higienis, tisu atau bahan lain untuk memecahkan jerawat. Selain bisa mengurangi kontak langsung antara jari tangan dengan kulit wajah, bakteri yang mungkin bersembunyi di kukumu tidak menyentuh kulit jerawat yang akan dipecahkan

2. Bersihkan wajah

Gunakan sabun pencuci wajah sebelum kamu memecahkan jerawatmu sehingga bebas dari bakteri penyebab jerawat dan kuman berbahaya. Apabila malas untuk mencuci wajah maka akan menyebabkan kuman mudah berpindah dan bisa memicu timbul jerawat yang baru.

3. Sterilkan alat

Gunakan alat bantu pemecah yang banyak dijual di toko kecantikan lalu pastikan bahwa kamu mengerti cara alat pakai tersebut. Jika jarum jahit yang digunakan sterilkanlah terlebih dahulu. Cara mensterilkan jarum bisa menggunakan api. Biarkan alat pemencet jerawat tersebut dingin lalu bilas dengan cairan alkohol 70 persen.

4. Bersihkan permukaan jerawat

Setelah tangan dan alat pemencet jerawat sudah siap dan steril maka hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah membersihkan permukaan jerawat dengan menggunakan alkohol. Hal ini tentu saja untuk mensterilkan jerawat dari bakteri dan kuman yang sangat berbahaya.

Sponsors Link

5. Memecahkan jerawat

Hal pertama sebelum memecahkan jerawat menggunakan alat adalah sejajarkan jarum dengan permukaan kulit wajah, lalu tusukkan jarum tersebut tepat di kepala jerawat. Hal ini tidak menimbulkan rasa sakit karena yang ditekan merupakan sel kulit yang sudah mati seperti yang sudah dijelaskan di awal. Jika nanah tidak keluar setelah ditekan, segera hentikan karena hal ini mungkin disebabkan bahwa jerawat belum siap untuk dipecahkan.

6. Bersihkan area stelah proses pemecahan jerawat

Setelah kamu pastikan bahwa darah dan nanah keluar kamu harus membersihkan bagian tersebut. Kamu cukup menggunakan air hangat dengan bantuan kapas lalu usapkan toner dibagian atas jerawat yang telah pecah tadi agar jerawat mengempes dengan cepat. Dan jangan lupa untuk mengoleskan produk anti bakteri. Hal ini dilakukan untuk mencegah infeksi dan terjadinya peradangan pada bekas jerawat.

7. Hilangkan sumber utama jerawat

Agar tidak sampai terkena jerawat pastikan bahwa wajahmu selalu  bersih. Mencuci wajah dengan tangan saja tidak cukup untuk menghilangkan sel kulit mati. Selesai memecahkan jerawat, gunakan handuk untuk membasuh agar kebersihan wajahmu tetap terjaga dan hindari kebiasaan penyebab jerawat yang bisa memicu jerawat datang kembali.

Sponsors Link

Menghilangkan Noda Hitam Akibat Memecahkan Jerawat

Apabila jerawat yang dipecahkan tadi meninggalkan noda hitam atau bekas jerawat maka jangan khawatir, kamu hanya perlu terapkan bahan-bahan alami di bawah ini :

-Bubuk kayu cendana

  • Siapkan bubuk kayu cendana
  • Buat menjadi pasta
  • Oleskan pada wajah ketika hendak tidur dimalam hari lalu biarkan semalaman
  • Bilas wajah dipagi hari dengan air dingin.

-Mentimun.

  • Siapkan mentimun lalu kupas kulitnya
  • Gosokan bagian dalam kulit mentimun pada wajah yang terdapat noda hitamnya
  • Tunggu selama lima belas menit
  • Cuci bersih wajah dengan air dingin
  • Lakukan secara rutin hingga noda hitam bekas jerawat pada wajah menghilang

-Putih telur

  • Siapkan putih telur ayam kampung.
  • Buat menjadi masker
  • Oleskan ke noda hitam jerawat ketika hendak tidur pada malam hari
  • Diamkan semalaman
  • Bilas dengan menggunakan air bersih dipagi hari.

Itulah cara memencet jerawat yang baik dan benar sekaligus cara untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Jika hal itu tidak cukup ampuh, segera konsultasikan dengan dokter spesialis. Yang kamu perlu perhatikan bahwa memecahkan jerawat harus dilakukan dengan cara yang benar karena bila asal-asalan akan menyebabkan jerawat bertambah parah dan berpotensi menyebarkan jerawat ke area yang lainnya.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan