Sponsors Link

10 Cara Memencet Jerawat Agar Tidak Meninggalkan Bekas Agar Langsung Sembuh

Sponsors Link

Jerawat adalah sesuatu yang amat sangat mengganggu penampilan kita. Segala sesuatu tentang jerawat telah menjadi momok sebagian masyarakat entah itu laki-laki atau perempuan. Jerawat yang datang tanpa memandang jenis kelamin dan umur ini telah memberikan dampak psikologis akibat jerawat seperti menggangu penampilan seseorang. Berbagai cara akan kita lakukan supaya jerawat ini dapat segera musnah. Bahkan banyak diantara kita yang memilih menggunakan cara-cara pintas nan cepat untuk menghilangkan jerawat, salah satunya adalah  memencet jerawat. Akan tetapi, yang perlu diperhatikan bahwa memencet jerawat dengan cara salah bisa menyebabkan bekas jerawat. Untuk itu, kali ini kita akan membahas cara memencet jerawat agar tidak meninggalkan bekas.

Sponsors Link

Cara Memencet Jerawat Agar Tidak Meninggalkan Bekas

  1. Tangan yang Bersih

Sebelum memencet jerawat, hal yang pertama dan wajib untuk kita perhatikan adalah kebersihan tangan. Tangan adalah anggota gerak tubuh yang kita gunaakan untuk mengambil dan memegang sesuatu sudah tentu akan banyak sekali mengandung bakteri. Jika kita menyentuh wajah bahkan memencet jerawat dengan menggunakan tangan yang kotor. Maka secara langsung tangan kita akan mentransfer bakteri ke bagian tubuh kita yang berjerawat, sehingga jerawat bukan malah sembuh tetapi malah bertambah banyak. Untuk menghindari hal ini kita harus mencuci tangan dengan sabun hingga bersih sebelum memencet jerawat.

  1. Menggunakan Alkohol

Jika pada poin pertama, kita membersihkan tangan dengan menggunkan sabun, maka selanjutnya kita juga bisa memebersihkan tangan menggunakan alkohol. Alkohol adalah larutan yang dapat mensterilkan tangan sehingga ketika kita ingin memencet jerawat, tangan kita sudah dalam keadaan bersih dan aman. Campuran sederhana yang bisa kita buat di rumah adalah menggunakan isopropyl alcohol ditambah minyak sari lavender atau cendana murni. Campuran bahan-bahan ini akan membuat tangan kita bersih dan bebas dari bakteri.

  1. Sarung Tangan

Sebaiknya memang kita harus mengurangi melakukan pemencetan jerawat dengan menggunakan tangan. Apabila kita ingin menggunakan tangan tanpa takut bakteri penyebab jerawat akan berpindah tempat ke daerah yang berjerawat, maka kita bisa menggunakan sarung tangan. Selain menghindari bakteri, sarung tangan juga dapat membuat kita terhindar dari infeksi. Akan tetapi, bila enggan menggunakan sarung tangan, kita juga dapat menggunakan tangan asalakan bersih dan bebas dari bakteri.

  1. Alat Pemencet Jerawat Steril

Apabila kita tidak akan menggunakan tangan unuk memencet jerawat, maka kita bisa menggunakan alat pemencet jerawat. Kita bisa membeli alat ini di berbagai apaotik yang ada di sekitar kita. Tetapi tetap saja kebersihan dalam penggunaannya harus diperhatikan. Kita bisa mensterilkan alat ini dengan merendamnya terlebih dahulu menggunakan larutan bayclin denagn presentase 1bayclin : 9 air selama kurang lebih 20-30 menit. Kemudian cuci dengan sabun, keringkan dan gunakan ke untuk memencet jerawat. Sebelum maupun sesudah menggunakan kita wajib untuk membersihkannya agar ala tetap aman dan bersih.

Sponsors Link

  1. Jerawat yang Matang

Sekarang kita masuk pada tahap melakukan proses pemencetan jerawat. Sebelum melakukan pemencetan jerawat maka hal yang pertama harus diperhatikan memilih jerawat mana yang harus dipencet. Dalam hal ini kita harus memilih jerawat yang matang sempurna dan terlihat butiran putihnya. Konsekuensi ketika kita memencet jerawat yang belum matang akan menyebabkan jerawat parah, jerawat meradang dan membesar. Untuk itu, selain kebersihan tangan atau alat pemencetan jerawat, salah memilih jerawat juga menjadi fakor jerawat berbekas.

  1. Jerawat yang Tidak Bernanah

Selain harus memilih jerawat yang matang, kita juga harus memperhatikan jerawat yang tidak memiliki nanah. Jerawat yang mengandunh nanah atau jerawat batu adalah jerawat yang sudah terlanjur terinfeksi parah. Ketika kita menyentuh bahkan memencet jerawat tersebut, maka bukan kesembuhan yang kita dapat melainkan jerawat akan semakin terinfeksi sehingga kita bisa lebih mudah lagi terserang bakteri penyebab jerawat di bagian yang terkena jerawat tersebut.

  1. Mata Jerawat

Setelah kita memilih jerawat yang matang dan tidak bernanah, maka hal selanjutnya adalah mencari mata alias sumber jerawat. Hal ini bertujuan agar saat memencet kita dapat lebih mudah mengeluarkan isi jerawat. Setelah menemukan mata jerawat segera lakukan pemencetan kemudian urut dengan lembut agar seluruh isi yang dikandung menjadi keluar. Tetapi tetap lakukan ini dengan hati-hati agar tidak meninggalkan bekas.

  1. Alat Pemencet Jerawat dengan Posisi Sejajar

Saat menggunakan alat pemencet jerawat, kita harus menggunakan cara yang benar yaitu dengan menusukkan jarum ke bagian kulit yang berjerawat dalam keadaan posisi sejajar. Kita harus menusukkan jarum tersebut dengan perlahan, hati-hati dan tidak terburu-buru. Hindari menusukkan jarum dari posisi atas dan terlalu dekat dengan jaringan kulit. Sebab bisa jadi jaringan kulit kita yang tadinya sehat menjadi tidak sehat akibat dari kesalahan menusukkan jarum pemencet jerawat. 

Sponsors Link

  1. Toner

Hal yang harus dilakukan setelah proses pemencetan jerawa adalah mengaplikasikan toner ke bagian jerawat. Toner disini sangat berkhasiat dalam mengempeskan jerawat hingga menghilang. Pastikan bahawa toner yang kita pakai adalah toner yang sesuai dengan jensi kulit kita. Menggunakan toner secara teratur ini dapat sebagi salah satu cara menghindari jerawat dan membantu mengempeskan jerawat dengan cepat.

  1. Obat Jerawat

Cara terakhir untuk memencet jerawat agar tidak meninggalakn bekas adalah mengoleskan obat jerawat yang mengandung BHA dan benzoyl peroxide. Kedua bahan ini sangat efektif meredakan iritasi karena proses pemncetan jerawatdan mencegah jerawat berbekas. Kita bisa menemukan obat jerawat yang mengandung bahan-bahan ini di apotik-apotik terdekat dan jangan lupa untuk menghindari makanan penyebab jerawat di wajah muncul terus lalu segera konsumsi makanan penghilang jerawat seperti sayur dan buah-buahan.

Sah-sah saja memang bila seseorang melakukan pemencetan untuk menghilangkan jerawat. Namun tidak usah terlalu menghiraukan bahaya memencet jerawat asalkan tetap perhatikan kebersihan sebelum melakukan pemencetan, mengetahui cara mencegah jerawat datang kembali secara alami dan ikuti segala prosedur cara memencet jerawat tanpa meninggalkan bekas yang baik dan aman. Hal ini bertujuan agar kita juga tidak mudah diserang oleh jerawat. Semoga bermanfaat.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.