Sponsors Link

Cara Mempercepat Jerawat Matang Agar Cepat Sembuh

Sponsors Link

Tidak ada wanita yang ingin wajahnya dihinggapi jerawat berlama lama. Segala hal pasti akan dilakukan agar ciri ciri jerawat akan sembuh cepat muncul. Jerawat yang akan sembuh ditandai dengan jerawat yang sudah matang. Ciri ciri jerawat yang sudah matang antara lain berwarna merah dan berisi. Namun untuk mencapai tahap kematangan diperlukan waktu yang berbeda, yaitu sekitar 1 atau 2 minggu.

Sponsors Link

Jika tidak sabar menunggu jerawat matang sendiri, ini dia beberapa cara mempercepat jerawat matang yang layak dicoba:

1. Benzoil Peroksida

Adalah zat kimia yang biasanya ada pada salep penghilang jerawat. Benzoil peroksida dikenal ampuh membunuh bakteri, mengurangi minyak berlebih, mengangkat sel kulit mati, dan membuka pori pori kulit yang tersumbat.

2. Sulfur

Cara mempercepat jerawat matang yang kedua adalah menggunakan sulfur. Sama seperti benzoil peroksida, sulfur dapat menghilangkan jerawat dengan cepat. Fungsi dari sulfur adalah mengangkat sel kulit mati, menyerap kelebihan minyak pada wajah, serta mencegah penyumbatan pada pori pori kulit. Kandungan sulfur banyak ditemukan pada sabun khusus jerawat.

3. Retinoid

Retinoid biasanya ada di dalam krim jerawat atau krim khusus yang diresepkan oleh dokter. Karena sifat retinoid cukup keras, obat ini tidak boleh digunakan oleh ibu hamil dan menyusui. Jangan sembarangan membeli krim yang mengandung retinoid tanpa konsultasi dengan dokter kulit.

4. Antibiotik

Jerawat adalah tempat berkumpulnya bakteri pada kulit. Itulah mengapa penggunaan antibiotik akan sangat bermanfaat. Fungsi utama dari antibiotik adalah membunuh bakteri yang ada pada jerawat dan mengurangi kemerahan pada jerawat meradang.

5. Terapi Uap

Cara mempercepat jerawat matang yang berikutnya adalah dengan terapi uap. Terapi uap adalah salah satu tahap facial wajah berjerawat yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Caranya adalah dengan menuangkan air panas ke dalam baskom, lalu wajah diposisikan 30 cm di atasnya. Uap panas dapat membuka pori pori dan menyembuhkan jerawat dengan lebih cepat.

6. Tea Tree Oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh telah banyak digunakan pada produk untuk menghilangkan bruntusan di wajah. Tentu saja minyak ini juga ampuh untuk melawan jerawat dan membuat jerawat cepat matang. Oleskan tea tree oil setiap malam sebelum tidur hingga jerawat hilang.

Sponsors Link

7. Gel Lidah Buaya

Manfaat gel lidah buaya tentu tidak perlu diragukan lagi. Lidah buaya mampu mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit yang diakibatkan oleh jerawat. Bahkan gel lidah buaya dapat mengeringkan jerawat dalam satu malam lho! Oleskan gel lidah buaya pada jerawat, lalu diamkan selama 20 menit. Bilas dengan air hingga bersih. Ulangi langkah ini setiap hari sampai jerawat menghilang.

Cara Mencegah Jerawat

Untuk mendapatkan wajah sehat bebas jerawat, inilah hal hal yang perlu dilakukan:

1. Menjaga Kebersihan Wajah

Menjaga kebersihan wajah dapat dilakukan dengan mencuci muka 2 kali sehari, serta menghindari salah satu kebiasaan penyebab jerawat yaitu malas membersihkan make up.

2. Banyak Minum Air Putih

Air putih akan mencegah kulit dari kekeringan, menjaga kulit tetap lembab, sehat, dan jauh dari jerawat. Minum air putih minimal 2 liter sehari.

3. Makan Makanan Bervitamin

Jerawat ternyata juga bisa disebabkan oleh makanan yang kita makan. Perbanyak konsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak vitamin, serta hindari segala jenis makanan penyebab timbulnya jerawat seperti gorengan, produk olahan susu, dan makanan berlemak lainnya.

Itulah berbagai cara mempercepat jerawat matang. Semoga bermanfaat ya!

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan