Sponsors Link

10 Cara Mencegah Jerawat Batu Tumbuh Secara Alami

Sponsors Link

Jerawat batu merupakan jenis jerawat yang berukuran besar – besar dan kadang di sertai nanah karena telah terkontaminasi dengan debu menyebabkan jerawat. Jerawat ini kadang bisa meradang dan memperparah kondisi dari kulit wajah. Dampak psikologis akibat jerawat batu ini menimbulkan rasa tidak percaya diri karena jerawat ini tidak bisa di tutupi meskipun telah memakai foundation pada wajah.  Berbeda dengan penyebab jerawat pasir, jerawat batu lebih susah untuk di hilangkan karena ukurannya yang besar dan jumlahnya yang banyak tumbuh di kulit wajah. Mencegah memang lebih mudah dari pada mengobati karena itu ada beberapa cara untuk mencegah jerawat batu muncul di kulit wajah antara lain adalah sebagai berikut :

Sponsors Link

1. Kebersihan wajah

Menjaga kebersihan wajah perlu di perhatikan dalam kehidupan sehari – hari. Rata – rata membersihkan wajah dengan sabun pembersih di lakukan sebanyak 2 sampai dengan 3 kali dalam sehari. Membersihkan wajah bisa di lakukan dengan tujuan menghilangkan minyak, debu dan kotoran yang melekat pada wajah untuk mencegah timbulnya jerawat batu.Wajah yang bersih juga menjadikan anda tampak lebih sehat, segar dan lebih muda dari usia anda sebenarnya. Karena itu banyak orang yang berlomba – lomba untuk tampil lebih cantik dan rapi dalam menjalankan aktivitas harian mereka.

Baca juga : Cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat

2. Perhatikan makanan

Cara untuk mencegah jerawat batu yang kedua adalah faktor makanan. Hampir setiap hari kita membutuhkan makanan sebagai sumber energi untuk melakukan banyak kegiatan. Tapi apakah anda termasuk orang yang mementingkan kesehatan ? Jika iya maka ini merupakan salah satu langkah yang baik karena dan sudah melakukan hal yang benar. Namun jika tidak ada baiknya anda mulai memperhatikan makanan yang di konsumsi. Penuhi gizi tubuh akan vitamin untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya.

Baca juga :

ads

3. Make up yang natural

Make up merupakan salah satu benda pribadi yang tidak boleh tertinggal dan dilupakan oleh kaum wanita. Ini bahkan menjadi salah satu alat yang lebih penting dari pada telepon genggam. Sebelum berangkat kerja misalnya anda pasti akan menghiasi wajah anda dengan make up setiap hari. Namun tahukan anda pemakaian make up yang terlalu tebal justru akan menjadikan kulit susah bernafas karena tertutup dengan foundation dan bedak tebal yang anda gunakan.

Jika itu terjadi setiap hari ini bisa menimbulkan jerawat batu pada kulit wajah. Karena itu banyak ahli yang menyarankan untuk menggunakan riasan wajah yang tidak berlebihan sehingga anda masih tampak natural untuk di pandang. Kemudian selain itu kebersihan dari alat-alat make up juga harus di perhatikan. Alat – alat make up harus di cuci tiga kali seminggu agar tetap bersih dan tidak mengganggu kesehatan kulit wajah.

Baca juga :

4. Perhatikan rambut

Rambut adalah mahkota yang indah dan berwarna hitam berkilau. Namun ada beberapa bagian yang harus anda pastikan untuk mencegah tumbuhnya jerawat batu pada wajah anda. Rambut bisa menjadi salah satu faktor penyebabnya. Karena kadang rambut yang di biarkan terbuka saja saat anda berada di luar ruangan tentu akan di tempeli oleh debu yang bertebaran di luar. Jika anda memiliki rambut yang panjang makan rambut bisa saja jatuh mengenai wajah.

Rambut yang mengenai wajah tersebut menempel debu akibatnya debu menutupi pori-pori wajah dan munculan jerawat batu. Untuk menghindari hal ini maka sebaiknya jika di luar ruangan gunakan penutup kepala seperti topi atau helm. Kemudian ikatlah dengan benar rambut anda agar tidak sampai mengenai wajah.

5. Jangan menyentuh wajah dengan tangan

Kebiasaan yang kadang dilakukan tanpa disadari adalah menyentuh wajah dengan tangan. Entah menyentuh untuk menghilangkan grogi atau menyentuh karena kulit wajah terasa gatal – gatal. Tapi apapun itu alasannya sebaiknya jangan di lakukan apalagi sampai menjadi suatu kebiasaan. Menyentuh wajah dengan tangan dilarang karena tangan mengandung banyak bakteri.

Tangan dilakukan untuk melakukan berbagai kegiatan seperti mengangkat barang, mengetik laporan, menghitung uang tentu sudah tidak terhitung lagi bakteri dan kotoran yang melekat pada tangan. Ini bisa menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat batu. jadi untuk pencegahannya sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu sampai benar – benar bersih baru kemudian dapat menyentuh kulit wajah yang terasa gatal.

Baca juga : Cara mencegah jerawat tumbuh lagi

6. Olahraga

Anda rajin berolahraga ? Jika iya tentu ini merupaka salah satu cara pencegahan munculnya dari jerawat batu pada wajah. Di zaman yang sibuk sekarang orang banyak yang tidak memiliki waktu untuk berolahraga. Padahal olahraga justru menyehatkan tubuh dan melancarkan sirkulasi darah pada tubuh. Sirkulasi darah yang baik menjadikan kulit tampak bercahaya dan anti penuaan dini. Jika anda tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga anda dapat menggunakan fasilitas kecil di sekitar anda untuk berolahraga ringan.

Contohnya kantor anda memiliki lantai 2 maka gunakanlah tangga untuk menuju lantai dua ketimbang anda memilih menggunakan lift. Naik tangga selama beberapa menit sudah membantu anda bergerak dan berolahraga ringan setiap hari. Kalau itu belum cukup coba sesekali gunakan waktu akhir pekan untuk berolahraga di gesung fitness. Inipun di lakukan untuk menjaga kesehatan anda sampai tua nanti.

Baca juga : Cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat

7. Kendalikan stres

Stres sudah menjadi kebiasaan pekerja kantoran. Namun menurut beberapa ahli stres yang tidak diklola dengan baik akan menimbulkan jerawat. Coba untuk mengendalikan stres untuk mencegah timbulnya jerawat batu pada wajah. Cobalah untuk tenang dan hirup nafas dalam – dalam kemudian keluarkan secara perlahan – alahan. Jalani aktifitas anda seperti biasa tanpa beban, karena semua tugas yang anda lakukan akan selesai juga dalam waktu yang cepat ataupun lambat. Ingat untuk jangan pernah stres demi kecantikan kulit anda sendiri.

Baca juga : Pola hidup sederhana yang dapat atasi jerawat

8. Istirahat

Berikut ini cara mencegah jerawat batu yaitu istirahat yang ckup. Setelah seharian beraktifitas kini saatnya tubuh untuk melakukan istirahatnya. Gunakan malam hari untuk benar – benar beristirahat tanpa memikirkan beban apapun termasuk mengecek notifikasi pesan yang masuk. Istirahat penting anda lakukan karena dengan beristirahat dapat membangkitkan energi adan kembali untuk keesokan harinya. Usahakan untuk jangan pernah begadang dalam al apapun. Tugas anda dilakukan dari batas waktu pagi hingga sore hari. Tubuh butuh istirahat dan tidak bisa dipaksa bekerja terus – menerus.

Baca juga : Cara menghindari jerawat

Sponsors Link

9. Minum yang cukup

Banyak penelitian yang menganjurkan untuk minum delapan gelas sehari sebagai cara mencegah jerawat batu. Air minum berfungsi untuk melancarkan metoblisme dalam tubuh dan juga membantu melancarkan sistem pencernaan. Minum yang cukup juga memberikan kelembapan alami bagi kulit sehingga kulit tidak menjadi kering dan bersisik. Jika anda kurang minum air tubuh akan mengalami dehidrasi sehingga kinerja organ menjadi terganggu. Jika dalam jangka panjang tentu tidak baik dilakukan dan akan membawa efek yang buruk bagi kesehatan anda. Karena itu cobalah untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh dengan minum dan cegah dehidrasi pada tubuh.

10. Menggunakan pelembap

Di negara dengan iklim tropis sekalipun anda memerlukan pelembap untuk mencegah kulit mengalmi kekeringan. Karena saat kulit kering kelenjar minyak pada wajah akan memproduksi minyak lebih banyak untuk menjadikan wajah lembap. Jika anda memiliki kulit yang sangat sensitif kondisi ini justru akan menimbulkan jerawat batu dengan ukuran yang besar-besar. Karena itu dianjurkan setelah melakukan pembersihan wajah jangan lupa menggunakan pelembap.

Dalam menggunakan pelembap juga harus diperhatikan. Gunakan pelembap yang memang cocok untuk jenis kulit anda. Jika kulit anda kering gunakan pelembap yang khusus kulit kering sehingga kulit menjadi lebih lembap dari sebelumnya. Kalau kulit anda sudah berminyak dari sananya maka pilih pelembap yang kandungannya tertulis oil free. Ini menandakan pelembap tersebut bebas dari minyak. Sehingga kulit anda yang sebelumnya berminyak tidak jadi lebih berminyak setelah melakukan aplikasin terhadap wajah.

Baca juga :

Nah, jadi itulah beberapa tip cara pencegahan jerawat batu pada wajah. Alangkah baiknya anda segera sadar sebagai langkah pertama dalam upaya pencegahan jerawat batu.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan