Sponsors Link

10 Cara Mencegah Jerawat di Punggung yang Tepat

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat memang meresahkan. Kemunculan kadang tidak terduga, disertai rasa sakit yang membuat kita menjadi tidak nyaman. Jerawat adalah benjolan kecil yang menonjol pada kulit, benjolan ini kadang berisi cairan berupa darah atau nanah, kadang hanya benjolan tidak berisi. Saat kotoran yang ada di kulit masuk ke dalam pori pori, bersatu dengan minyak dan menyumbat folikel rambut, saat itulah terjadi jerawat.

Sponsors Link

Jerawat bisa muncul di bagian tubuh mana saja. Tidak hanya wajah, bahkan bagian tersembunyi seperti punggung juga bisa berjerawat. Nah, kalau Anda punya jerawat di punggung mungkin bisa sedikit bernapas lega. Bagaimana bisa? Tentu Anda tidak perlu menanggung dampak psikologis akibat jerawat yang mungkin muncul. Buat Anda yang tidak pernah bermasalah dengan jerawat, atau hanya memiliki sedikit jerawat, mungkin tidak pernah merasakan masalah ini. Tetapi untuk seseorang yang mengalami jerawat parah, mereka akan merasa minder dan tidak percaya diri dengan penampilannya.

Namun kali ini akan dibahas mengenai jerawat yang letaknya tersembunyi, yaitu jerawat punggung. Ternyata punya jerawat punggung ini juga menyakitkan. Apalagi kalau jerawat terasa sakit, bisa bisa membuat aktivitas sehari hari menjadi sangat tidak nyaman. Oleh karena itu Anda harus tahu apa saja cara mencegah jerawat di punggung yang tepat. Yuk kita simak berikut ini:

1. Menggunakan Sabun Jerawat Badan

Sabun yang Anda gunakan untuk mandi bisa mempengaruhi pertumbuhan jerawat di punggung lho. Karena bisa saja sabun yang dipakai bukannya membersihkan kulit tetapi malah menyumbat pori pori kulit. Pilih sabun yang mengandung anti bakteri akan kuman yang menempel di kulit dapat dibersihkan. Sebagai langkah pencegahan, gunakan saja sabun jerawat badan meskipun punggung sedang tidak berjerawat.

2. Membilas Punggung dengan Bersih

Tumbuhnya jerawat tidak melulu karena kelebihan minyak di kulit. Hal kecil seperti kurang bersih saat membilas punggung juga bisa memicu tumbuhnya jerawat. Pastikan saat mandi, Anda sudah membilas punggung dengan benar benar bersih dan tidak ada lagi sisa sabun yang masih menempel di kulit. Sisa sabun inilah yang nanti bisa menyumbat pori dan menjadi jerawat. Anda pasti tidak mau kan merasakan efek jerawat di punggung yang membuat tidak nyaman?

3. Memperbanyak Minum Air Putih

Kebiasaan yang Anda lakukan juga bisa mempengaruhi jerawat di punggung lho. Salah satu cara mencegah jerawat di punggung yang tepat adalah dengan meminum banyak air putih. Kulit yang sehat adalah kulit yang terhidrasi dengan baik, sehingga sel sel yang ada di dalamnya akan terus beregenerasi. Kulit yang tidak cukup mendapatkan air putih akan menjadi sangat kering dan mudah ditumbuhi jerawat. Bukan hanya kulit berminyak saja lho yang bisa berjerawat.

4. Memakai Baju yang Menyerap Keringat

Perhatikan pakaian yang Anda pakai sehari hari. Jangan sampai karena salah memilih bahan pakaian, jerawat jadi bermunculan di punggung. Bahan pakaian terbaik adalah yang mampu menyerap keringat, yaitu yang terbuat dari bahan kaus atau katun. Salah satu penyebab jerawat di punggung yang paling sering terjadi adalah karena bahan pakaian. Pakaian yang tidak menyerap keringat akan membuat keringat terjebak dan akhirnya menyumbat pori pori kulit. Pakaian tidak hanya harus cantik, tetapi juga nyaman dipakai.

Sponsors Link

5. Menghindari Makanan Berlemak

Jenis makanan penyebab jerawat meradang yang harus dihindari adalah makanan tinggi kandungan lemak. Gorengan, daging, dan berbagai olahan susu tidak baik buat Anda yang kulitnya rentan berjerawat. Hindari memakan makanan jenis ini secara berlebihan, karena lemak yang ada di dalamnya akan merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi sebum lebih banyak lagi. Boleh saja kalau ingin memakannya sesekali, tetapi ingat jangan berlebihan dan jangan setiap hari ya.

6. Perbanyak Buah dan Sayur

Kalau ada makanan yang harus dihindari, tentu ada makanan yang sangat dianjurkan untuk mencegah jerawat. Yaitu makanan tinggi serat, buah dan sayur. Buah dan sayur memang menyehatkan untuk badan karena bisa melancarkan pencernaan. Tidak hanya itu, buah dan sayur tinggi akan kandungan vitamin yang dibutuhkan sebagai nutrisi untuk kulit. Banyak memakan buah dan sayur akan meningkatkan kesehatan kulit secara alami dan membuat kulit terhindar dari berbagai masalah kulit, termasuk komedo.

7. Hindari Memakai Tas Punggung

Cara mencegah jerawat di punggung yang tepat berikutnya adalah dengan menghindari pemakaian tas punggung. Yang satu ini pasti tidak Anda duga bukan? Tas punggung mungkin lebih nyaman dari tas selempang. Namun jangan kebiasaan menggendong tas terlalu lama. Tas punggung membuat kulit susah bernapas dan bisa meningkatkan produksi keringat di dalamnya. Terbayang kan jika kulit sedang berkeringat banyak namun terhalang oleh tas punggung. Tidak perlu waktu lama jerawat pasti akan bermunculan di sana.

8. Rajin Mengganti Seprai

Jika bantal yang kurang bersih menjadi penyebab jerawat di pipi sulit hilang, maka seprai yang kurang bersih bisa membuat jerawat di punggung bermunculan. Meski sepele, tapi hal ini harus diperhatikan. Ganti seprai sesering Anda mengganti sarung bantal. Kebersihan lingkungan adalah hal utama yang harus diperhatikan untuk mencegah jerawat tumbuh. Terutama kebersihan benda benda yang bersentuhan langsung dengan kulit.

Sponsors Link

9. Menghindari Obat Obatan

Komposisi tertentu dalam obat bisa menyebabkan jerawat punggung tumbuh sangat parah. Obat yang mengandung androgen dan lithium adalah faktor utama yang menyebabkan munculnya jerawat di punggung dan kulit lain di tubuh. Apalagi kalau Anda punya tipe kulit yang mudah berjerawat, konsultasikan dengan dokter tentang kandungan di dalam obat yang diberikan. Jangan sampai karena komposisi obat yang tidak bersahabat dengan kulit jerawat jadi menjamur di punggung Anda.

10. Pakailah Pelembab Badan

Ada orang yang kulitnya sangat kering, bahkan hingga ke punggung. Gunakan pelembab badan atau hand body ke kulit punggung untuk mencegah kekeringan ini. Kulit yang kondisinya sangat kering bisa berjerawat juga lho. Bahkan kondisi ini yang menjadi penyebab jerawat pasir parah di punggung.

Itulah cara mencegah jerawat punggung yang tepat dan harus dilakukan. Meski punggung adalah bagian yang tersembunyi, bukan berarti Anda tidak mempedulikan kesehatan kulitnya. Karena munculnya jerawat, di mana pun itu tempatnya sangat membuat tidak nyaman. Tetapi jangan lupa juga untuk merawat kebersihan kulit yang sering terpapar sinar matahari dan debu, yaitu wajah.

Cara mencegah jerawat tumbuh lagi sebenarnya tidak sulit. Jauhi saja semua kebiasaan penyebab jerawat yang berbahaya seperti malas membersihkan wajah atau suka berganti ganti kosmetik. Kulit yang tidak berjerawat adalah kulit yang sehat dan terawat. Rawat terus kesehatan kulit kita ya!

ads
,
Oleh :
Kategori : Pencegahan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.