Sponsors Link

6 Cara Mencegah Jerawat Pada Kulit Berminyak Paling Ampuh

Sponsors Link

Bagi kita yang tinggal di daerah tropis terdapat beberapa jenis kulit yang wajib kamu ketahuidiantaranya adalah kulit kering, kulit berminyak, dan berbagai jenis kulit lainnya. Kulit dengan tipe yang berminyak seringkali menjadi masalah buat sebagian besar wanita, diantaranya penggunaan make up yang tidak tahan lama, kulit menjadi cepat kusam dan mengkilat hingga munculnya komedo sampai jerawat yang mengganggu. (Baca Juga: Cara Cepat Menghilangkan Komedo , Cara Menghilangkan Komedo Batu)

Sponsors Link

Cara mengenali kulit kamu apakah termasuk kulit yang berminyak atau bukan yakni dengan memperhatikan kondisi kulit kamu. Jika kulit kamu berminyak, kulit akan mempunyai tingkat elastisitas kulit yang tinggi sehingga kulit akan tampak awet muda disaat usia kamu sudah memasuki usia senja, permukaan kulit juga akan terlihat mengkilap dikarenakan produksi kelenjar keringat yang berlebih mulai dari area dagu, dahi hingga hidung akan terlihat mengkilat karena produksi minyak yang berlebih, pori-pori kulit juga akan terlihat lebar dan banyak terdapat komedo, lapisan kulit berbentuk seperti tanduk dan akan sering atau mudah terkelupas. (Baca juga Manfaat BB Cream Untuk Kulit Berjerawat , Kebiasaan Penyebab Jerawat)

Penyebab kulit berminyak bermacam-macam diantaranya adalah karena kesalahan kita dalam memilih kosmetik, kosmetik yang memakai bahan kimia yang berbahaya tentunya akan membuat dampak yang tidak baik bagi tubuh kita, hal itu dapat membuat produksi minyak yang berlebih dan membuat wajah iritasi sehingga wajah akan lebih sensitif, selain itu  kulit berminyak juga disebabkan karena kelenjar sebaceous atau kelenjar minyak dalam wajah yang bekerja secara berlebihan sehingga menimbulkan komedo dan produksi minyak berlebih pada wajah. (Baca juga:  Scrub Alami Untuk Wajah Berjerawat)

Jika wajah anda adalah tipe wajah yang berminyak, anda perlu melakukan perawatan ekstra agar wajah anda tidak mudah timbul komedo yang nantinya menjadi jerawat. Perawatan yang harus anda lakukan yakni

  • Untuk mengecilkan pori-pori wajah yang besar dan sering tersumbat debu atau kotoran yang lain anda bisa mengatasinya dengan masker atau peeling alami. Caranya, ambil beberapa pisang lalu haluskan pisang tersebut, campurkan dengan susu dan madu. Balurkan merata pada wajah selama kurang lebih 30 menit kemudian basuh muka dengan air hangat, bilas kembali dengan air dingin agar segar. Lakukan perawatan ini teratur maksimal 2 kali seminggu untuk hasil yang optimal. (Baca Juga: Cara Mencegah Jerawat Alami , Cara Menghilangkan Jerawat dengan Air Hangat)
  • Untuk mengurangi produksi minyak yang berlebih pada wajah, gunakan air rebusan dari daun seledri. Caranya, ambil daun seledri yang masih segar lalu rebus hingga air seledri matang, diamkan sampai suhu air rebusan dingin, bersihkan dahulu wajah anda lalu basuh wajah dengan air rebusan daun seledri dan biarkan hingga mengering. Lakukan perawatan ini setiap hari atau dua hari sekali untuk hasil optimal. (Baca Juga: Pelembap Wajah untuk Kulit Berminyak , Manfaat Daun Seledri untuk Jerawat)
    Sponsors Link

  • Cara lain agar dapat mengurani produksi minyak yang berlebih adalah dengan menggunakan mentimun. Caranya ambil mentimun sekucupnya lalu haluskan, setelah halus oleskan pada wajah dan gunakan sebagai masker selama kurang lebih 30 menit lalu basuh dengan air. Lakukan perawatan ini maksimal 2 kali seminggu. Selain dihaluskan, iris mentimun setipis mungkin yang anda bisa, lalu tempelkan pada wajah selama kurang lebih 30 menit, agar terasa lebih segar anda bisa menyimpan terlebih dahulu irisan mentimun ini pada air es.
  • Cara lain agar dapat mengurani produksi minyak yang berlebih adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Caranya, peras jeruk nipis secukupnya lalu oleskan pada wajah, gunakan sebagai masker selama kurang lebih 30 menit. Lakukan perawatan ini maksimal 2 kali seminggu. Jika pada saat pemakaian klit terasa perih, kemerahan atau bahkan timbul gejala iritasi segera hentikan pemakaian masker jeruk nipis ini. (Baca Juga: Manfaat Jeruk Nipis untuk Jerawat)
  • Jaga kebersihan wajah. Menjaga keberihan wajah sangat penting apalagi untuk kamu yang berjenis wajah berminyak. Bersihkan wajah kamu dengan menggunakan pembersih wajah yang biasa kamu gunakan untuk wajah berminyak maksimal 2x sehari. (Baca Juga: Pelembab Dan Pembersih Untuk Kulit Berjerawat Dan Berminyak)
  • Perbanyak konsumsi air putih. Untuk menjaga metabolisme tubuh kita memerlukan kurang lebih 2 liter air per hari. Pada saat kegiatan ekstra tubuh akan memerlukan banyak asupan cairan sehingga keringat yang keluar akan lebih sedikit mengandung minyak.
  • Gunakan air hangat. Gunakan air hangat kukuh yang telah dicampur dengan sedikit garam untuk membasuh wajah anda, gunakan handuk kecil lalu celupkan dengan air hangat tersebut. Air hangat yang digunakan akan membuat proi-pori menjadi terbuka dan garam yang dilarutkan akan mengangkat kotoran yang ada pada wajah. (Baca Juga: Manfaat Garam Untuk Jerawat , Cara Menghilangkan Jerawat dengan Garam)
  • Putih telur. Gunakan putih telus ini sebagai masker, caranya pecahkan putih telur lalu pisahkan antar putih telur dan kuning telurnya. setelah itu kocok putih telur hingga berbusa lalu oleskan pada wajah dan biarkan mengering. setelah kering bersihkan dengan air hangat. (Baca juga: Perawatan Wajah Berjerawat dan Berminyak)

Nah, bagi kamu yang wajahnya berminyak namun juga berjerawat, anda harus mulai untuk berkonsultasi dengan dokter kulit anda untuk memulai perawatan yang tepat dan aman selain itu anda juga bisa merawat wajah berminyak anda dengan baik dirumah. Perawatan yang bisa anda lakukan untuk  mencegah wajah berminyak sekaligus berjerawat yang bisa anda lakukan dirumah, berikut ulasannya mengenai Cara Mencegah Jerawat Pada Kulit Berminyak :

1. Menghindari penggunaan kosmetik yang bergonta-ganti

Penggunaan produk kecantikan yang bergonta-ganti akan mengakibatkan timbulnya jerawat pada wajah. Gunakan saja produk kecantikan yang biasa anda pakai yang tentunya sesuai dengan jenis kulit anda.

Baca Juga:

2. Hindari memencet atau memainkan jerawat

Jika wajah adan berjerawat hindari untuk memncet dan memainkan jerawat anda, karena hal ini dapat menyebabkan jerawat bisa menjadi semakin parah dan semakin sulit untuk sembuh.

Sponsors Link

3. Gunakan masker madu

Madu memang kaya akan manfaat terutama untuk menjaga kesehatan tubuh sehingga mencegah munculnya jerawat pada wajah. Gunakan masker madu ini dengan membalurkan madu murni ke seluruh wajah, diamkan dan tunggu selama 15-20 menit. Setelah kering, basuh muka dengan menggunakan air bersih.

Baca Juga:

4. Perbanyak konsumsi air putih

Air putih berkhasiat untuk menghilangkan racun dan kotoran yang ada dalam tubuh. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pada saat kegiatan ekstra tubuh akan memerlukan banyak asupan cairan sehingga keringat yang keluar akan lebih sedikit mengandung minyak.

5. Hindari menggosok wajah anda dengan handuk

Sehabis mencuci muka, hindari untuk menggosokan muka dengan handuk pada saat mengeringkannya. Yang Anda harus lakukan hanyalah dengan menepuk-nepuk ringan kulit wajah dengan handuk yang lembut.

Baca Juga;l

6. Hindari pemakaian bedak padat

Penggunaan bedak padat untuk kegiatan ringan sehari-hari dapat mengakibatkan tertutupnya pori-pori sehingga rentan menimbulkan jerawat terutama mereka yang memiliki jenis kulit berminyak. Untuk kulit wajah berminyak, disarankan menggunakan bedak tabur yang ringan. (Baca juga Manfaat Lemon Untuk Wajah Berjerawat)

ads
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan