Sponsors Link

11 Cara Mengatasi Jerawat Akibat Alergi Makanan

Sponsors Link

Jerawat yang muncul di wajah dapat diakibatkan oleh banyak hal. Munculnya jerawat pada wajah bukan berarti wajah Anda memang berjerawat. Salah satu penyebab jerawat adalah alergi. Bisa karena alergi terhadap makanan atau alergi terhadap kosmetik. Alergi pada kulit timbul akibat respon terhadap zat tertentu dalam tubuh yang tidak dapat diterima oleh tubuh. Bagaimana Cara Mengatasi Jerawat Akibat Alergi ? Berikut ini solusinya.

Sponsors Link

Baca juga

1. Menghilangkan jerawat dengan bahan alami

Jika kulit Anda tergolong sensitif, ada baiknya menggunakan cara alami untuk mengatasi jerawat alergi. Jika terjadi inflamasi dan wajah Anda mengalami kemerahan, sebaiknya oleskan gel lidah buaya ke wajah Anda. Lakukan cara ini secara teratur untuk meredakan kemerahan di kulit. Anda juga bisa menggunakan kentang untuk membersihkan jerawat alergi dari wajah Anda. Parut kentang secukupnya, kemudian aplikasikan sebagai masker ke wajah Anda. Cara alami ini memang membutuhkan waktu lebih lama, namun hasilnya akan lebih awet dan tidak membahayakan kulit sensitif Anda.

Artikel terkait

2. Meminum antibiotik

Antibiotik akan bekerja dari dalam tubuh Anda sebagai obat jerawat yang membantu untuk meredakan jerawat dari dalam tubuh Anda. Hal ini akan membantu proses penyembuhan jerawat yang disebabkan oleh alergi. namun penggunaan antibiotik ini harus di bawah pengawasan dokter. Jangan membeli antibiotik sembarangan di apotik, karena jika tubuh Anda tidak bisa menerima dengan baik akan memunculkan alergi yang lebih parah lagi.

3. Menggunakan krim anti-alergi

Beberapa orang memilih menggunakan krim khusus untuk menghilangkan jerawat bekas alergi. Krim yang digunakan pun tidak boleh sembarangan. Sebisa mungkin usahakan krim yang Anda gunakan untuk menghilangkan jerawat diresepkan oleh dokter. Dengan demikian penggunaan krim tidak akan memperparah kondisi jerawat Anda. Krim memang menjadi salah satu cara paling ampuh menghilangkan jerawat karena langsung bersentuhan dengan kulit yang berjerawat.

Baca juga:

4. Meminum obat alergi

Obat alergi memiliki fungsi yang sedikit berbeda dengan antibiotik. Jika antibiotik sekedar membantu meredakan jerawat, maka obat alergi ini akan mengobati sisa-sisa alergi yang ada di tubuh Anda. Obat alergi pada setiap orang berbeda, tergantung pula pada jenis alergi yang diderita. Misalnya obat untuk alergi telur sudah pasti berbeda dengan obat untuk alergi makanan laut.

5. Meminum Vitamin E

Vitamin E memiliki nutrisi yang sangat tepat untuk kulit. Vitamin E mampu membantu regenerasi sel kulit, sehingga mempercepat proses penyembuhan jerawat karena alergi. Vitamin E dapat ditemukan dalam berbagai bentuk, mulai dari kapsul hingga minuman. Konsumsi Vitamin E secara teratur hingga kondisi kulit Anda membaik.

Baca Juga:

Sponsors Link

6. Menghentikan Konsumsi Makanan Penyebab Alergi

Cara terbaik mengatasa jerawat karena alergi tentu adalah dengan mencegahnya. Pencegahan dapat dilakukan dengan berhenti mengkonsumsi makanan yang bisa menyebabkan timbulnya alergi. Dengan menghentikan konsumsinya, Anda secara langsung menekan penyebab utama jerawat, sehingga jerawat tidak sering mampir ke wajah Anda.

7. Hindari Penggunaan Kosmetik Berlebihan

Wajah yang berjerawat memang memerlukan perawatan khusus. Salah satunya adalah dengan tidak menggunakan kosmetik secara berlebihan. Wajah berjerawat jika ditumpuk dengan kosmetik berlebihan akan menjadi semakin parah. Pori-pori kulit akan tertutup kosmetik dan menyebabkan jerawat sulit bernafas. Selain itu penyumbatan pori-pori juga bisa menimbulkan jerawat baru.

Artikel terkait

8. Menjaga Kebersihan Kulit

Sama seperti jerawat lainnya, jerawat alergi juga mengandung banyak bakteri yang menyumbat pori-pori kulit. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menjaga kebersihan kulit. Cara menajag kebersihan kulit dapat dilakukan dengan membersihkan wajah secara teratur, terutama setelah keluar rumah dan sebelum tidur. Jangan lupa juga untuk mencuci muka dan menggunakan krim anti jerawat sebelum tidur.

9. Mengompres Kulit dengan Alkohol

Alkohol dapat melunakkan jerawat dan mempercepat proses pematangannya. Gunakan alkohol dengan kadar rendah yang bisa dibeli di apotik. Cukup dua sampai tiga tetes saja, tekan lembut jerawat dengan menggunakan kapas yang dibasahi alkohol. Lakukan ini secara teratur, terutama setelah cuci muka menjelang tidur.

Baca juga

10. Mengkompres dengan Air Lemon

Lemon merupakan obat anti jerawat alami yang paling manjur. Vitamin C yang banyak terkandung dalam lemon memberikan nutrisi pada kulit dan bisa mempercepat proses penyembuhan jerawat. Ambil satu sendok makan perasan air lemon segar, kompreskan pada jerawat dengan menggunakan kapas. Anda mungkin akan merasa sedikit perih pada kulit, itu pertanda bahwa air lemon sedang bereaksi terhadap jerawat. Namun jika rasa perih tidak kunjung reda, hentikan kompresan dan segera basuh wajah dengan air dingin. Rasa perih berkepanjangan mungkin disebabkan kulit Anda yang terlalu sensitif.

11. Mengkompres dengan Air Hangat

Mengkompres kulit dengan air hangat juga bisa melunakkan jerawat pada kulit dan mempercepat proses penyembuhannya. Namun setelah mengkompres jangan lupa membasuh wajah dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori kulit.

Baca juga

Cara-cara mengatasi dan mencegah jerawat alergi telah kita bahas di atas. Namun sebenarnya apa saja yang menyebabkan munculnya jerawat karena alergi ini? Alergi pada tubuh dapat disebabkan beberapa hal. Di antaranya adalah:

Sponsors Link

1. Makanan

Alergi pada makanan dampaknya langsung terlihat pada kulit. Biasanya kulit akan mengalami kemerahan dan gatal-gatal, serta yang paling parah tentu adalah munculnya alergi yang disebabkan jerawat. Alergi makanan pada setiap orang tentu berbeda. Namun kasus alergi yang paling banyak disebabkan oleh makanan adalah alergi pada telur, unggas, dan makanan laut. Langkah yang disarankan jika mengalami alergi karena makanan adalah dengan memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.  (Baca Juga: Bakteri Penyebab Jerawat , Bahaya Penyedot Komedo)

2. Alergi karena Obat

Konsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan munculnya alergi. Alergi muncul sebagai salah satu efek samping akibat konsumsi obat. Tubuh tidak dapat mencerna dengan baik zat yang terkandung dalam obat sehinga menghasilkan alergi pada kulit. (Baca Juga: Manfaat BB Cream untuk Kulit Berjerawat  , Manfaat Lemon untuk Wajah Berjerawat)

3. Alergi karena Kosmetik

Alergi terhadap kosmetik timbul sebagai reaksi yang dimunculkan kulit karena tidak cocok menggunakan kosmetik tertentu. Jika penggunaan kosmetik tidak dihentikan, reaksi alergi akan terus muncul dan membuat kondisi kulit semakin parah.

Artikel terkait Concealer untuk wajah berjerawat – Produk untuk menghilangkan kulit berjerawat

Jerawat memang bisa muncul disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah karena alergi. Sebelum memulai langkah pencegahan dan pengobatannya, ada baiknya jika Anda memahami lebih lanjut apa penyebab alergi pada kulit Anda. Semoga bermanfaat!

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan