Sponsors Link

10 Cara Mengatasi Jerawat Batu Secara Alami dan Cepat

Sponsors Link

Tentu anda akan mengalami dampak psikologis akibat jerawat, seperti perasaan stress dan juga menurunnya tingkat kepercayaan diri, jika anda mendapati jerawat di kulit anda, apalagi yang timbul adalah jerawat batu. Memang ada banyak penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal, termasuk jerawat batu, sehingga dibutuhkan perhatikan khusus agar jerawat batu tidak ‘menghiasi’ kulit wajah kita. Namun, apa yang harus kita lakukan jika jerawat batu sudah terlanjur menghiasi kulit kita? Jangan khawatir, karena segala sesuatu tentang jerawat batu dapat disingkirkan dengan berbagai macam cara di bawah ini. Penasaran bagaimana caranya? Baca artikel ini hingga akhir, ya.

Sponsors Link

Penyebab Jerawat Batu

Sebelum anda mengetahui berbagai cara mengatasi jerawat batu, maka ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa saja sih penyebab jerawat batu? Berikut ini beberapa faktor yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat batu.

  • Kulit Sensitif Terhadap Peradangan. Kulit seseorang memiliki tipe yang berbeda-beda, ada yang memiliki kulit sensitif dan ada yang memiliki kulit tidak sensitif. Ketika anda memiliki kulit sensitif, ketika terdapat bakteri penyebab jerawat atau debu menyebabkan jerawat dan kotoran yang menyumbat pori-pori, maka akan terjadi peradangan yang menyebabkan jerawat batu.
  • Faktor Genetis. Jika kita memiliki jerawat batu yang disebabkan oleh faktor genetis, memang tidak ada yang dapat kita lakukan untuk mencegahnya. Kadang kita memiliki keturunan dari orang tua yang membuat kita memiliki kulit yang berminyak, sehingga rentan berinteraksi dengan bakteri dan mudah menimbulkan jerawat batu di kemudian hari.
  • Kurang Menjaga Kebersihan. Nah, ini merupakan salah satu faktor yang paling sering menjadi penyebab timbulnya jerawat batu. Kadang kita lalai dalam menjaga kebersihan wajah dan juga kita tanpa sadar menyentuh kulit kita memencet jerawat dengan tangan kita yang dipenuhi debu dan bakteri. Padahal, bahaya memencet jerawat adalah akan menimbulkan jerawat batu di kemudian hari.
  • Pertumbuhan Sel Yang Tidak Normal. Terkadang ada beberapa orang yang memang memiliki tipe kulit yang tidak bisa melakukan generasi sel secara cepat. Hal ini akan berdampak pada menumpuknya sel kulit mati pada kulit, yang tentu saja akan menyumbat pori-pori dan akan menyebabkan jerawat batu di kemudian hari.

Nah, setelah anda mengetahui berbagai penyebab jerawat batu, sekarang saatnya anda mengetahui berbagai hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat batu. Penasaran dengan caranya? Berikut ini merupakan cara-cara untuk mengatasi berbagai masalah jerawat batu di kulit wajah anda.

1. Campuran Putih Telur dan Madu

Ketika anda memiliki jerawat meradang di kulit anda, termasuk jerawat batu, maka ada baiknya anda menggunakan campuran bahan herbal yang satu ini. Madu dan putih telur merupakan kombinasi yang luar biasa untuk menyembuhkan dan menghilangkan jerawat batu di kulit anda. Berikut ini beberapa manfaat masker madu untuk jerawat dan juga manfaat masker putih telur untuk wajah berjerawat:

  • Putih telur mengandung senyawa albumin yang akan sangat bermanfaat sebagai anti-bakteri dan anti-virus, sehingga tentu saja jerawat batu yang diakibatkan oleh infeksi bakteri akan semakin cepat sembuh.
  • Putih telur juga mengandung ezim bernama Lysozyme yang bermanfaat untuk membunuh berbagai macam bakteri penyebab jerawat.
  • Madu memiliki sifat asam yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat sekaligus dapat mencegah peradangan oleh bakteri penyebab jerawat.
  • Madu dapat menyingkirkan minyak berlebih pada kulit dan juga berperan sebagai pelembab alami kulit.

Cara mengatasi jerawat batu dengan menggunakan campuran putih telur dan madu:

  • Pertama, anda perlu memisahkan kuning telur dengan putih telurnya. Nah, setelah itu anda dapat mencampurkan putih telur dengan 1 sendok teh madu, kemudian aduk hingga merata.
  • Setelah itu, anda dapat mengoleskan campuran putih telur dan madu ini ke area kulit anda yang terdapat jerawat batu, tunggu hingga mengering.
  • Ada baiknya anda menggunakan campuran ini pada malam hari, kemudian biarkan campuran ini meresap semalaman di kulit anda.
  • Pada pagi harinya, segera cuci kulit anda dengan air bersih, kemudian keringkan dengan cara menepuk handuk ke kulit anda yang terkena jerawat batu secara lembut.
  • Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan campuran ini sehari sekali secara rutin.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bopeng Jerawat dengan Madu dan Cara menghilangkan Bekas Jerawat dengan Putih Telur

2. Kentang

Salah satu bahan alami yang sangat mudah untuk anda dapatkan namun memiliki kemampuan yang luar biasa untuk mengobati jerawat batu anda adalah kentang. Nah, penasaran apa sajakah manfaat sumber karbohidrat ini untuk mengatasi masalah jerawat anda? Berikut ini merupakan beberapa manfaat kentang untuk jerawat.

  • Kentang memiliki kandungan Vitamin C yang cukup tinggi. Nah, kandungan Vitamin C ini akan memicu produksi kolagen. Manfaat kolagen untuk jerawat adalah untuk menghaluskan kulit anda secara cepat dan mempercepat proses penyembuhan segala jenis jerawat, termasuk jerawat batu.
  • Kentang memiliki kandungan Vitamin B kompleks dan niacin yang akan snagat bermanfaat untuk meregenerasi sel-sel kulit mati, dan memicu pertumbuhan sel baru, sehingga jerawat pun akan semakin cepat menghilang dari kulit anda dan dapat digunakan sebagai cara mencegah flek hitam wajah secara alami.

Cara mengatasi jerawat batu dengan menggunakan kentang

  • Pertama, anda perlu untuk mengupas kulit kentang, kemudian tumbuk atau blender kentang tersebut dengan blender. Jangan lupa tambahkan sedikit air, sehingga teksturnya nanti cukup layak untuk dijadikan masker.
  • Kemudian anda dapat mengoleskan masker kentang tersebut ke area kulit anda yang terdapat jerawat batu.
  • Diamkan selama kurang lebih 20 menit, kemudian segera cuci kulit anda dengan menggunakan air bersih, dan keringkan dengan cara menepuk kulit anda dengan handuk bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan masker kentang ini sehari sekali secara rutin.

Baca Juga: Manfaat Masker Beras untuk Bekas Jerawat

ads

3. Daun Sirih

Daun sirih termasuk jenis tanaman yang sangat mudah ditemukan di Indonesia, namun memiliki khasiat dan manfaat yang luar biasa untuk mengatasi segala jenis penyakit, termasuk juga jerawat. Daun sirih bahkan juga telah terbukti ampuh dapat menghilangkan jerawat yang tergolong parah, termasuk jerawat batu. Berikut ini beberapa manfaat daun sirih untuk jerawat batu anda dan cara menghilangkan jerawat dengan daun sirih:

  • Daun sirih memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi, sehingga dapat memicu produksi kolagen dan juga dapat juga berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal berbagai peradangan yang diakibatkan infeksi bakteri penyebab jerawat.
  • Daun sirih juga memiliki kandungan betlephenol yang akan berperan sebagai anti-bakteri dan anti-fungal, sehingga dapat secara ampuh membunuh bakteri penyebab jerawat yang dapat menyebabkan peradangan jerawat.

Cara mengatasi jerawat batu dengan menggunakan daun sirih

  • Pertama, anda harus menyiapkan paling tidak 10 helai daun sirih yang telah dicuci bersih. Nah, kemudian tumbuk halus daun sirih tesebut dan tambahkan sedikit air hingga tekstur daun sirihnya cocok untuk dijadikan masker.
  • Setelah itu anda dapat mengoleskan masker daun sirih ini ke area kulit yang terkena jerawat batu.
  • Diamkan masker daun sirih ini di kulit anda hingga mengering, kemudian setelah mengering segera cuci kulit anda dengan menggunakan air bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan tumbukan daun sirih ini sebanyak 3 kali seminggu secara rutin.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Daun Sirih

4. Bawang Putih

Mungkin sebagian besar dari anda mengira bahwa bawang putih hanya bisa digunakan sebagai salah satu bumbu masakan yang akan memperkaya citarasa masakan kita, namun tahukah anda bahwa ternyata bawang putih menyimpan banyak manfaat untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit kita? Bawang putih memiliki manfaat untuk menyembuhkan jerawat yang tergolong parah, termasuk jerawat batu. Berikut ini beberapa manfaat bawang putih untuk jerawat dan cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih.

  • Bawang putih memiliki sifat yang sangat lengkap, mulai dari anti-bakteri, anti-fungal, anti-virus, dan juga berperan sebagai antiseptik alami, sehingga tidak heran jika bawang putih dapat secara ampuh membunuh berbagai macam bakteri penyebab jerawat.
  • Bawang putih memiliki senyawa sulfur bernama thiacremonon, yang dapat berperan sebagai agen pengering yang dapat mengeringkan jerawat batu anda dengan cepat dan hasilnya, jerawat batu pun akan semakin cepat menghilang dari kulit anda.

Cara mengatasi jerawat batu dengan menggunakan bawang putih

  • Pertama, anda perlu menyiapkan 3 siung bawang putih, kemudian tumbuk halus bawang putih tersebut dan campurkan dengan sedikit air, sehingga teksturnya cocok untuk digunakan sebagai masker.
  • Setelah itu, anda dapat mengoleskan bawang putih tadi ke area kulit anda yang terkena jerawat batu.
  • Kemudian diamkan hingga masker bawang putih tersebut mengering di kulit anda. Setelah itu segera cuci dengan menggunakan air bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal, maka anda dapat menggunakan masker bawang putih ini sehari sekali secara rutin.

Baca Juga: Bahaya Menghilangkan Jerawta dengan Bawang Putih

5. Mahkota Dewa

Apakah anda tahu buah mahkota dewa? Buah ini merupakan buah yang dihasilkan oleh tanaman mahkota dewa, tanaman yang berasal dari Papua. Buah mahkota dewa memiliki ciri-ciri bentuknya yang bulat dan kulitnya yang berwarna merah. Bahkan para tetua di Cina telah menganggap mahkota dewa sebagai tanaman yang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, lho. Berikut ini manfaat buah mahkota dewa untuk mengatasi masalah jerawat batu di kulit anda.

  • Buah mahkota dewa memiliki sifat anti-bakteri, yang akan berperan seampuh obat antibiotik untuk menghilangkan dan membunuh bakteri penyebab jerawat yang akan menyebabkan jerawat parah.
  • Buah mahkota dewa memiliki senyawa flavonoid yang merupakan antioksidan alami, dimana antioksidan ini akan membuat membantu dalam menangkal radikal bebas dan mencegah peradangan jerawat di kemudian hari dan menghindarkan anda dari bahaya infeksi jerawat.

Cara mengatasi jerawat batu dengan menggunakan mahkota dewa

  • Pertama-tama, anda perlu menyiapkan 1 buah mahkota dewa, kemudian parut buahnya hingga tipis dan teksturnya menjadi halus.
  • Kemudian anda dapat mengoleskan buah mahkota dewa yang sudah halus tadi ke area kulit anda yang terdapat jerawat batu.
  • Diamkan selama kurang lebih 20 menit, kemudian segera cuci kulit anda dengan menggunakan air bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan masker buah mahkota dewa ini sehari sekali hingga jerawat batu anda mengempis.

Baca Juga: Manfaat Binahong untuk Jerawat

6. Mengkudu

Buah yang satu ini selain sangat lezat untuk dikonsumsi, juga memiliki manfaat yang sangat banyak untuk mengatasi berbagai macam masalah di kulit anda, termasuk jerawat yang membandel. Penasaran dengan manfaat mengkudu untuk mengatasi jerawat batu anda? Berikut ini ulasannya.

  • Mengkudu mengandung Vitamin C yang sangat tinggi. Manfaat Vitamin C untuk bekas jerawat adalah dapat memicu produksi kolagen yang akan mempercepat proses penyembuhan jerawat dan juga dapat menghaluskan kulit secara lebih cepat.
  • Mengkudu memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, dimana hal ini membuat mengkudu memiliki segala manfaat yang diperlukan untuk mencegah peradangan pada jerawat yang dapat menyebabkan jerawat batu.

Cara mengatasi jerawat batu dengan menggunakan mengkudu

  • Pertama, anda perlu menyiapkan 1 buah mengkudu, kemudian haluskan menjadi jus.
  • Setelah itu anda dapat mengoleskan mengkudu yang telah dijadikan jus tersebut ke area kulit anda yang terdapat jerawat batu.
  • Diamkan masker mengkudu tersebut di kulit anda selama 20 menit, kemudian segera cuci kulit anda dengan menggunakan air bersih dan jangan lupa aplikasikan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat.
  • Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan masker buah mengkudu ini sekali sehari secara rutin hingga jerawat batu anda mengempis.

Baca Juga: Manfaat Cengkeh untuk jerawat

7. Mengunakan Obat Antibiotik

Biasanya, jerawat batu banyak disebabkan oleh infeksi yang disebabkan oleh bakteri penyebab jerawat, oleh karena itu akan sangat bermanfaat jika anda menggunakan obat antibiotik untuk menghilangkan jerawat batu. Obat antibiotik ini tentu akan memiliki khasiat untuk menghilangkan jerawat batu dalam waktu yang relatif lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan bahan-bahan herbal.

Pada saat sekarang ini, ada banyak obat antibiotik sebagai obat jerawat batu yang ada di apotik tanpa resep dari dokter. Untuk rekomendasi, pilihlah obat antibiotik yang mengandung asam salisilat dan juga benzoil peroksida. Obat antibiotik yang mengandung asam salisilat dan benzoil peroksida biasanya tidak akan terlalu mengiritasi kulit anda, namun cukup ampuh untuk mengatasi jerawat batu, karena kedua bahan tersebut dapat mencegah peradangan jerawat sekaligus membunuh bakteri penyebab jerawat.

Baca Juga: Bahaya Penggunaan Antibiotik Jerawat

Sponsors Link

8. Menggunakan Obat Retinoid

Jika memang jerawat batu di kulit anda ternyata memiliki resistensi atau kekebalan tehadap obat antibiotik, maka ada baiknya anda mengganti metode pengobatan yang anda lakukan. Menggunakan obat topikal retinoid merupakan salah satu caranya. Obat retinoid ini dapat memberikan kita segala kebaikan dari Vitamin A. Nah, jika anda masih ragu, berikut ini merupakan beberapa manfaat menggunakan obat topikal retinoid untuk mengobati jerawat batu di kulit anda:

  • Obat retinoid mampu menyingkirkan sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit wajah anda, sehingga akan sangat ampuh dalam mempercepat proses penyembuhan jerawat meradang dan juga dapat mempercepat proses penyamaran jerawat, serta dapat digunakan sebagai cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat secara cepat.
  • Obat retinoid merupakan obat yang dapat menghindarkan anda dari penyumbatan pori-pori oleh minyak berlebih atau bakteri penyebab jerawat yang merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya jerawat batu di kulit anda di kemudian hari.

Baca Juga: Manfaat Bioplacenton untuk Jerawat

9. Menggunakan Isotretinoin

Salah satu obat yang juga akan sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat batu anda adalah isotretinoin. Biasanya, obat ini akan digunakan ketika memang jerawat batu anda tidak mengalami perkembangan yang berarti setelah anda menggunakan obat antibiotik atau retinoid diatas. Isotretinoin merupakan obat yang memang dikhususkan untuk jerawat yang parah dan juga meradang, salah satunya jerawat batu sehingga seringkali digunakan sebagai langkah cara mengatasi jerawat meradang. Berikut ini beberapa manfaat isotretinoin untuk jerawat batu anda:

  • Isotretinoin dapat menyingkirkan minyak berlebih dari kulit anda, sehingga dapat menghindarkan anda dari munculnya jerawat batu akibat penyumbatan pori-pori kulit akibat minyak berlebih.
  • Isotretinoin memiliki kemampuan yang sangat ampuh dalam menghambat pertumbuhan bakteri sekaligus dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, sehingga jerawat batu anda akan semakin cepat hilang dari kulit anda.

Baca Juga: Manfaat Obat Jerawat Cindala

10. Membersihkan Wajah Secara Rutin

Sudah bukan rahasia lagi jika salah satu penyebab jerawat batu adalah kurangnya kita menjaga kebersihan di kulit wajah kita, sehingga bakteri maupun kotoran yang menempel dapat membuat bakteri menjadi meradang dan timbulah jerawat batu. Untuk membantu proses menghilangkan jerawat batu dan juga sebagai cara menghindari jerawat batu, maka anda perlu membersihkan wajah anda paling tidak 2 kali dalam sehari.

Selain itu, jangan lupa gunakan pembersih wajah yang memang sesuai dengan tipe kulit anda agar jerawat tidak bertambah parah. Untuk kulit berjerawat, gunakan pelembab dan pembersih untuk kulit berjerawat dan berminyak. Usapkan pembersih jerawat tersebut secara lembut ke kulit wajah anda sehingga tidak menimbulkan luka pada area kulit anda yang terkena jerawat batu. Setelah itu, jangan lupa untuk mengeringkan kulit anda dengan handuk bersih dengan cara menepuk handuk tersebut ke kulit anda dan jangan digosok.

Baca Juga: Manfaat Tje Fuk untuk Wajah Berjerawat

Tips Untuk Mempercepat Proses Penyembuhan Jerawat Batu

Nah, setelah anda mengetahui berbagai cara untuk mengatasi jerawat batu, maka sekarang saatnya anda mengetahui berbagai macam tips untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat batu di kulit anda. Penasaran apa sajakah tipsnya? Berikut ini ulasannya.

  • Hindari Stress Berlebihan. Stress yang berlebihan akan memicu pertumbuhan jenis hormon penyebab jerawat dan menyebabkan ketidakseimbangan hormon, yang tentu saja akan menimbulkan jerawat di kemudian hari. Oleh karena itu, selalu luangkan waktu untuk bersantai dan melakukan hobi anda.
  • Hindari Facial Scrub dan Astringent. Mengaplikasikan produk-produk seperti facial scrub dan astringent disaat anda memiliki jerawat batu justru akan menyebabkan kulit anda menjadi lebih berminyak, yang justru nantinya akan memperparah kondisi jerawat batu di kulit anda.
  • Jangan Sentuh Jerawat Anda. Ketika anda memiliki jerawat batu di kulit anda, pasti anda secara refleks memiliki keinginan untuk menyentuh jerawat batu anda dikarenakan rasa gemas yang timbul. Namun, jangan sentuh jerawat batu anda dengan tangan anda, karena tangan anda biasanya merupakan sumber bakteri yang justru akan membuat anda mengalami efek akibat jerawat dipencet, yaitu memperparah kondisi jerawat batu anda.
  • Istirahat Yang Cukup. Ketika anda mendapati jerawat batu di kulit wajah anda, pastikan anda mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Dengan istirahat yang cukup, maka anda memberikan kesempatan pada bagian-bagian tubuh anda, termasuk kulit anda, untuk melakukan regenerasi sel. Regenerasi sel ini akan membantu mempercepat proses penyembuhan jerawat batu.
  • Memilih Makanan Yang Tepat. Ketika anda memiliki jerawat batu, maka penting untuk anda memperhatikan asupan makanan yang anda makan. Hindari makanan-makanan penyebab jerawat di wajah muncul terus yang berminyak dan juga pedas. Makanlah makanan penghilang jerawat seperti sayur dan buah-buahan. Selain itu, minum air putih yang cukup untuk mendetoksifikasi bahan berbahaya dalam tubuh.

Baca Juga Artikel tentang Jerawat Lainnya:

Nah, sekarang anda sudah mengetahui segala cara untuk mengatasi jerawat batu di kulit anda beserta tips-tips untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat batu. Jangan lupa aplikasikan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

 

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 02nd, July 2016 / 17:14 Oleh :
Kategori : Pengobatan