Sponsors Link

14 Cara Mengatasi Jerawat Berair Secara Alami dan Medis

Sponsors Link

Mengalami problem jerawat tentu adalah hal yang kurang menyenangkan. Terlebih, jika jerawat tersebut adalah jerawat yang gatal dan berair. Jerawat seperti ini menyebabkan ketidaknyamanan pada kulit. Anda akan tergerak secara spontan untuk menggaruk jerawat tersebut, atau memencetnya hingga pecah.

Sponsors Link

Sebenarnya cara seperti ini sangat tidak dianjurkan untuk mengatasi problem jerawat berair. Aktivitas menggaruk kulit atau memencet jerawat akan menimbulkan luka yang menyebabkan masuknya bakteri ke dalam pori-pori. Akibatnya, jerawat berair bisa semakin parah dari dari hari ke hari.

Artikel terkait:

Maka dari itu, untuk mengatasi problem jerawat berair, berikut ini kami telah merangkumkan cara mengatasi jerawat berair yang perlu Anda ketahui.

  1. Rajin Membersihkan Kulit dan Menjaganya Tetap Kering

Membersihkan kulit adalah sebuah cara terbaik untuk menjaga kulit tetap sehat dan terhindar dari problem jerawat berair. Selain menggunkan facial foam, usahakan jika Anda secara rutin juga membersihkan wajah dengan menggunakan milk cleanser dan toner.

Setelah membersihkan wajah, keringkan wajah secara optimal dengan menggunakan handuk steril. Selain itu, biasakan untuk tidak membiarkan wajah tetap basah oleh keringat. Wajah yang lembab adalah tempat perkembangan bakteri. Jerawat berair dapat semakin parah jika dibiarkan muncul pada wajah yang jarang dibersihkan.

  1. Lidah Buaya

Salah satu zat astrigen yang juga anti bakteri adalah lidah buaya. Lidah buaya atau Aloe vera ini dapat Anda gunakan untuk mengatasi jerawat berair. Cara penggunaannya cukup mudah. Anda tinggal memotong batang lidah buaya, kemudian mengoleskan airnya yang kental pada jerawat berair. Selain dapat berfungsi sebagai zat anti bakteri, lidah buaya juga dapat mengurangi peradangan akibat jerawat berair.

  1. Menguapi Wajah

Cara yang satu ini berguna apabila Anda ingin mengeluarkan bakteri dan kotoran di dalam kulit wajah secara tuntas. Anda dapat menguapi wajah dengan cara mendidihkan air dan menguapi wajah Anda di atas kepulan uapnya. Cara ini terbukti efektif untuk mengeluarkan semua kotoran di wajah dan menenangkan wajah yang mengalami problem jerawat berair.

Sponsors Link

Artikel terkait:

  1. Menggunakan Madu

Sebagai obat dari berbagai penyakit, madu akan sangat ampuh untuk digunakan sebagai obat memberantas jerawat berair. Pilih madu murni yang dengan mudah dapat Anda temukan di toko atau apotek, kemudian oleskan madu tersebut di bagian wajah yang mengalami problem jerawat berair.

  1. Menggunakan Obat Asam Salisilat

Obat asam salisilat merupakan formula untuk membunuh bakteri penyebab jerawat berair, sekaligus dapat mengurangi sel kulit mati yang menyumbat pori. Biasanya, obat asam salisilat tersedia dalam bentuk salep. Anda dapat mengaplikasikan obat ini pada jerawat berair secara rutin sesuai dosis yang tertera di kemasannya, atau sesuai petunjuk dokter.

ads
  1. Cuka Apel

Selain sedap untuk dikonsumsi, cuka apel ternyata dapat digunakan untuk mengobati problem jerawat berair. Cuka apel memiliki khasiat untuk dapat menyeimbangkan pH kulit. Efeknya kulit menjadi terlindung dari bakteri-bakteri merugikan yang akan memperparah problem jerawat berair.

  1. Baking Soda

Tidak hanya berguna untuk membuat kue, baking soda ternyata juga cukup ampuh untuk dapat menyembuhkan problem jerawat berair. Aplikasikan baking soda secara rutin di kulit Anda yang mengalami jerawat berair, kemudian lihatlah hasilnya dalam beberapa hari.

  1. Bawang Putih

Sebagai salah satu zat anti bakteri yang paling ampuh di alam, bawang putih ternyata juga memiliki khasiat untuk mengurangi gatal-gatal akibat jerawat berair.

Jika Anda mengalami problem jerawat berair, potonglah satu siung bawang putih. Tekan siung bawang putih yang telah Anda potong tersebut perlahan hingga airnya keluar, kemudian oleskan pada jerawat berair yang mengganggu.

Baca juga:

  1. Lemon

Salah satu obat jerawat alami yang dikenal sangat ampuh adalah lemon. Air perasan lemon akan membuat jerawat berair berkurang peradangannya, sekaligus membuat rasa gatal yang mengganggu, hilang dalam waktu cepat. Jika Anda mengalami problem jerawat berair, Anda dapat mengoleskan air lemon pada jerawat Anda. Hati-hati saat mengoleskannya, jangan sampai pengolesan air lemon ini membuat jerawat berair Anda pecah. Aplikasikan air perasan lemon ke jerawat secara rutin, kemudian lihat perubahan yang akan terjadi secara signifikan.

  1. Kayu Manis

Selain berguna sebagai perisa untuk membuat kue atau minuman, kayu manis ternyata juga berkhasiat untuk dapat menyembuhkan jerawat berair.

Hancurkan kayu manis sampai lembut dan campurkan bubuk kayu manis tersebut hingga membentuk pasta. Aplikasikan pasta kayu manis yang telah Anda buat pada jerawat berair. Sifat antibakteri yang dimiliki oleh kayu manis cukup ampuh untuk meredakan jerawat berair yang muncul di wajah, juga mampu melembutkan kulit yang kering.

  1. Putih Telur

Salah satu protein hewani yang sangat baik untuk memulihkan kulit yang sakit adalah dengan putih telur. Jangan memandang sebelah mata khasiat putih telur untuk menyembuhkan jerawat berair. Oleskan putih telur pada kulit yang mengalami problem jerawat berair, kemudian tunggu hingga putih telur tersebut mengering. Setelah kering, cuci wajah Anda dengan sabun pencuci muka, kemudian keringkan dengan handuk yang bersih.

Sponsors Link

  1. Kulit Pisang

Jika Anda mengalami problem jerawat berair, Anda dapat memanfaatkan kulit pisang untuk menyembuhkannya. Meskipun seringkali kulit pisang justru dibuang ke tempat sampah, ketika mengalami problem jerawat berair, jangan buang kulit pisang tersebut dan gosokkan ke wajah Anda dengan hati-hati. Kulit pisang memiliko zat lutein yang dapat meredakan jerawat berair. Selain itu, kulit pisang juga dapat mendinginkan dan melembabkan kulit Anda.

Baca juga:

  1. Oatmeal

Selain baik dikonsumsi setiap hari untuk menambah energi dan menjaga kesehatan jantung, oatmeal juga berguna untuk mengurangi problem jerawat berair. Cara untuk mengaplikasikannya sangat mudah. Anda hanya perlu untuk menyeduh oatmeal dengan air panas seperti biasa dan mengaduknya hingga larut seperti bubur. Jika sudah mendingin, Anda tinggal mengaplikasikannya di jerawat yang berair.

  1. Antibiotik

Cara ini adalah cara terakhir jika problem jerawat Anda tak kunjung sembuh. Jika problem jerawat berair semakin parah, gatal dan mengganggu, segera konsultasikan kondisi kulit Anda pada dokter. Pemeriksaan medis dapat menunjukkan apakah Anda benar-benar sedang mengalami jerawat berair, atau justru mengalami alergi hingga muncul bintil mirip jerawat berair.

Bisa juga jerawat yang berair tersebut terjadi karena infeksi virus atau bakteri. Dokter akan meresepkan obat antibiotik jika memang terjadi infeksi kulit yang tak bisa disembuhkan hanya dengan cara alami.

Demikian 14 cara untuk mengobati jerawat berair yang perlu untuk Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 08th, August 2017 / 05:39 Oleh :
Kategori : Pengobatan