Sponsors Link

13 Cara Mengatasi Jerawat Berdarah yang Aman

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat yang muncul pada wajah tentu sangat menyebalkan. Belum lagi dengan banyaknya jenis jerawat yang ada. Salah satu jerawat yang paling berbahaya yang bisa muncul di wajah adalah jerawat batu. Salah satu ciri ciri jerawat batu adalah jerawat berisi nanah atau darah. Yang paling mengkhawatirkan, darah di dalam jerawat bisa pecah sewaktu-waktu, termasuk ketika Anda sedang beraktivitas bersama banyak orang. Dampak psikologis akibat jerawat yang seketika itu muncul adalah Anda akan merasa malu dan minder.

Sponsors Link

Sebelum melangkah ke cara mengatasi jerawat berdarah, yuk kita ketahui dulu secara singkat penyebab munculnya jerawat berdarah di wajah. Ini dia penyebabnya:

  • Menggunakan produk kosmetik sembarangan – Agar bisa tampil cantik dan menawan, segala cara akan ditempuh oleh wanita. Termasuk menggunakan kosmetik yang tidak jelas komposisinya untuk memiliki kulit putih dalam waktu yang singkat.
  • Kebiasaan memencet jerawat – Seringkali para wanita berpikir bahwa cara paling cepat menghilangkan jerawat adalah dengan memencetnya. Padahal kondisi jerawat akan semakin parah, salah satunya adalah adanya darah di dalam jerawat.
  • Minyak berlebih pada wajah – Produksi minyak berlebih pada darah dapat menimbulkan jerawat yang berdarah, yang dihasilkan dari akumulasi minyak wajah.

Bagaimana jika jerawat Anda berdarah di waktu yang tak terduga? Tentunya Anda langsung kebingungan dan tidak pede kan? Berikut cara mengatasi jerawat yang mudah untuk dilakukan:

1. Hindari makanan berminyak

Salah satu jenis makanan yang harus dihindari saat jerawat muncul adalah makanan yang berminyak. Gorengan adalah salah satu makanan yang mengandung banyak minyak. Minyak pada makanan secara otomatis akan meningkatkan produksi minyak di wajah. Jika minyak di wajah berlebih, jerawat yang muncul akan beresiko berdarah atau bahkan bernanah.

2. Jaga kebersihan wajah

Jerawat berdarah biasanya hanya menyerang kulit wajah berminyak. Salah satu cara mencegah jerawat pada kulit berminyak adalah dengan selalu menjaga kebersihan wajah. Jerawat adalah hasil penumpukan kotoran pada wajah dan pori-pori kulit yang kemudian meradang. Wajah yang bersih dari kotoran dan debu akan dengan mudah terhindar dari jerawat.

3. Cuci muka 2 kali sehari

Membersihkan wajah setelah beraktivitas adalah hal yang penting. Susu pembersih akan mengangkat semua kotoran yang ada. Untuk menyempurnakannya, cuci wajah Anda setelah dibersihkan. Mencuci wajah akan mengangkat sisa kotoran yang tidak mampu dibersihkan wajah. Gunakan sabun muka untuk kulit berjerawat yang cocok bagi Anda.

4. Jangan menyentuh jerawat

Cara mengatasi jerawat berdarah yang ampuh salah satunya adalah dengan tidak menyentuh jerawat. Jerawat berdarah mulanya hanya jerawat kecil yang sering disentuh dengan tangan. Tangan mengandung banyak bakteri dan kotoran tak terlihat. Semua bakteri ini kemudian berpindah pada jerawat dan membuat jerawat semakin parah dan meradang. Akibatnya, jerawat menjadi berdarah atau bernanah.

5. Gunakan alat kosmetik yang higienis

Jika wajah Anda rentan berjerawat, atau bahkan tidak berjerawat, jaga kebersihan alat kosmetik yang Anda gunakan. Misalnya spons dan kuas, jangan sampai terkena debu atau kotoran. Karena alat ini akan bersentuhan langsung dengan kulit Anda. Ini adalah salah satu cara merawat wajah agar terhindar dari jerawat dan komedo.

Sponsors Link

6. Kompres jerawat dengan es batu

Agar jerawat berdarah tidak semakin parah, kompres jerawat dengan es batu. Suhu dingin es batu akan membekukan bakteri di dalam jerawat dan mencegahnya berkembang lebih parah. Es batu secara efektif mampu mengurangi peradangan pada jerawat berdarah dan menjadi zat anti inflamasi yang baik. Kompreskan es batu pada jerawat berdarah, tahan meskipun dingin. Sebagai langkah pencegahan, kompreskan es batu pada jerawat yang akan tumbuh.

7. Olesi dengan cuka apel

Salah satu manfaat cuka apel untuk jerawat berdarah adalah mengurangi resiko iritasi pada jerawat. Jerawat berdarah dihuni banyak bakteri yang bisa menyebabkan kondisi kulit menjadi sangat parah, terutama pada area di sekitar jerawat. Mengolesi jerawat berdarah dengan cuka apel akan mengurangi peradangan pada jerawat berdarah.

Cara Menghentikan Pendarahan Pada Jerawat Berdarah Jika Pecah

Jerawat berdarah jika sudah matang dan akan sembuh pasti akan pecah. Waktu pecahnya jerawat tidak bisa diduga dan diperkirakan. Berikut langkah cepat yang harus diambil jika jerawat berdarah pecah sewaktu-waktu:

1. Keluarkan darah sepenuhnya

Pendarahan pada jerawat berdarah tidak akan berhenti sebelum seluruh isinya keluar. Cara mengatasi jerawat berdarah yang tepat adalah dengan mengeluarkan seluruh isinya. Tekan lembut daerah sekitar jerawat agar darah keluar. Jangan dipencet terlalu keras.

ads

2. Cuci wajah segera

Setelah semua darah keluar dari jerawat, segera cuci wajah dengan air bersih. Jangan gunakan sabun wajah karena akan terasa perih pada luka jerawat dan bisa menimbulkan iritasi. Aliran air pada jerawat akan sangat efektif untuk menghentikan pendarahan pada jerawat.

3. Bersihkan dengan tisu atau kain bersih

Jika Anda tidak bisa mencuci wajah dengan segera, maka tempelkan saja tisu atau kain yang bersih ke jerawat. Dengan demikian darah akan meresap pada tisu dengan cepat dan pendarahan dapat dihentikan dengan segera.

4. Kompres dengan es batu atau air dingin

Es batu tidak hanya efektif untuk mengatasi jerawat berdarah saja, tetapi juga bisa digunakan sebagai pertolongan pertama untuk jerawat berdarah yang pecah. Es batu dan air dingin secara otomatis akan menghentikan aliran darah dari jerawat.

5. Kompres dengan astringent

Astringent adalah penyegar kulit yang khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat. Astringent sangat baik untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah, juga menghentikan pendarahan pada jerawat yang pecah. Oleskan astringent ke jerawat yang berdarah agar pendarahan dapat segera dihentikan. Ada banyak produk astringent yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko atau supermarket. Astringent yang baik adalah yang terdapat kandungan witch hazel di dalamnya. Tetapi jika tidak ada, gunakan saja cuka apel.

6. Tekan dengan irisan kentang

Kentang adalah bahan alami yang terbukti mampu menghentikan pendarahan pada luka yang tergores. Tidak hanya itu, pendarahan yang terjadi pada jerawat juga bisa disembuhkan oleh irisan kentang. Ini adalah salah satu manfaat kentang untuk jerawat, yaitu membekukan darah pada jerawat yang pecah dengan cepat.

Itulah cara mengatasi jerawat berdarah dengan cepat dan aman, beserta pertolongan pertama yang bisa dilakukan jika jerawat berdarah pecah sewaktu-waktu. Lakukan pencegahan sebisa mungkin agar tidak sampai wajah ditumbuhi jerawat parah hingga berdarah. Jerawat yang berdarah adalah tanda bahwa jerawat sudah ada dalam tahap yang sangat parah. Jangan gegabah memencet jerawat hanya karena Anda tidak sabar dengan rupa jerawat yang membuat malu. Jika Anda salah melangkah, bukan kulit mulus bebas jerawat yang didapatkan, tetapi justru wajah yang bopeng dan berlubang karena jerawat yang dihilangkan secara paksa. 

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan