Sponsors Link

Cara Mengatasi Jerawat di dalam Lubang Hidung Paling Mudah dan Efektif

Sponsors Link

Jerawat adalah salah satu permasalahan kulit yang bisa muncul dibagian tubuh mana saja, termasuk lubang hidung. Penyebab jerawat di dalam hidung adalah terjadinya penyumbatan pori-pori rongga hidung dan pertumbuhan bakteri. Penyunbatan pori-pori terjadi karena faktor makanan tidak sehat yaitu yang mengandung banyak minyak, sehingga produksi minyak berlebih pada kulit membuat pori-pori tersumbat. Jerawat ini bisa muncul karena infeksi bakteri pada sumbatan dalam rongga hidung tersebut.

Sponsors Link

Menurut para ahli, ada dua infeksi yang bisa dirasakan dalam lubang hidung yaitu nasal vestibulitis yang berbentuk jerawat berwarna putih atau kemerahan, dan nasal furuncles terlihat seperti bisul karena ukurannya lebih besar. Apabila yang terlihat di dalam rongga hidung adalah infeksi nasal furuncles yang bentuknya seperti bisul ukuran lebih besar dari jerawat, maka perlu dilakukan tindakan lebih lanjut sehingga perlu diperikasakan ke dokter ahli. Namun, apabila infeksi yang terlihat seperti jerawat maka cara mengatasinya cukup mudah. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi jerawat di dalam lubang hidung:

1. Masker Lemon

Tak hanya nikmat dikonsumsi, lemon juga berkhasiat untuk mengatasi jerawat selain itu juga menjadi cara menghilangkan bekas jerawat dengan lemon. Cara menggunakannnya pun sangatlah mudah, yaitu dengan menjadikan lemon sebagai masker. Potonglah lemon menjadi dua bagian lalu oleskan ke seluruh wajah terutama di area hidung dan lubang hidung yang berjerawat. Lalu diamkan atau tunggu selama sepuluh menit, kemudian bilas dengan menggunakan air bersih.

2. Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bumbu yang kerap digunakan untuk masakan, namun siapa sangka bahwa khasiat bawang putih untuk jerawat juga sangatlah ampuh. Cara menggunakanannya pun cukup mudah, yaitu pilihlah bawang putih bersiung kecil lalu kupas dan cuci bersih. Haluskan dengan menggunakan blender kemudian oleskan ke seluruh wajah terutama pada area hidung atau bagian dalam hidung yang berjerawat. Diamkan selama sepuluh menit lalu bilas dengan air bersih. Cara mengatasi jerawat di dalam lubang hidung dengan menggunakan bawang putih ini sangat efektif lho, jadi tak ada salahnya jika dicoba.

3. Kompres Es Batu

Cara mengatasi jerawat di dalam lubang hidung yang mudah dan efektif selanjutnya adalah dengan menggunakan es batu. Cukup dengan mengambil potongan es batu lalu bungkus dengan kain dan oleskan ke seluruh wajah terutama area hidung. Hal ini bertujuan untuk mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan dari jerawat di dalam hidung. Oleskan pelan-pelan saja di area hidung berjerawat karena bahaya memencet jerawat di hidung adalah dapat menyebabkan semakin sakit dan terjadi infeksi.

4. Larutan Pencuci Mulut

Larutan pencuci mulut (Mouthwash) juga bermanfaat sebagai cara mengatasi jerawat di dalam lubang hidung dengan efektif. Pilihlah larutan pencuci mulut yang asli atau original dengan bau yang tidak menyengat, karena bau yang menyengat bisanya mengandung banyak zat kimia yang bisa saja justru memperparah jerawat. Cara menggunakannya sangatlah mudah, yaitu ambil kapas dan celupkan ke dalam larutan pencuci mulut. Kemudian, letakkan di bagian atas jerawat di dalam hidung dan diamkan beberapa saat lalu bilas.

5. Uap Air Hangat (Steaming)

Mencuci wajah dengan menggunakan air hangat dapat membuat wajah menjadi kering dan kusam, namun berbeda halnya dengan uap air hangat. Proses perawatan wajah dengan menggunakan air hangat ini disebut juga dengan steaming. Tak perlu ke salon untuk melakukannya, karena Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Caranya yaitu rebus air hingga mendidih lalu angkat dan letakkan ke dalam sebuah mangkuk atau piring dan letakkan wajah di atas uap tersebut. Uap air hangat ini menjadi cara mengatasi jerawat di dalam lubang hidung yang cukup efektif karena mampu mengangkat kotoran dengan sempurna.

6. Pilih Makanan Sehat

Cara mengatasi jerawat di dalam lubang hidung yang mudah dan efektif juga adalah dengan memilih makanan yang sehat. Misalnya saja dengan konsumsi buah dan sayur, karena banyak mengandung nutrisi untuk tubuh dan kulit. Buah pencegah jerawat di antaranya pisang, jeruk, semangka, dan buah berry. Sedangkan sayur yang baik dikonsumsi untukatasi jerawat diantaranya adalah tomat, wortel, timun, daun seledri, dan bawang putih.

ads
,
Oleh :
Kategori : Pengobatan