Sponsors Link

15 Cara Mengatasi Kulit Berminyak dan Berjerawat Paling Tepat

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat memang erat kaitannya dengan tipe kulit yang satu ini: berminyak. Hampir setiap orang yang memiliki kulit berminyak selalu rentan dengan jerawat. Bagaimana tidak, produksi minyak berlebih memang beresiko lebih besar memicu jerawat. Tetapi jangan khawatir, berikut ini solusi tepat cara mengatasi wajah berminyak dan berjerawat:

Sponsors Link

1. Rajin Membersihkan Wajah

Salah satu penyebab jerawat terus bermunculan di wajah dan susah hilang adalah malas membersihkan wajah. Terutama setelah selesai beraktivitas di luar ruangan, membersihkan wajah adalah wajib hukumnya. Jika tidak, bersiaplah untuk diserang sekawanan jerawat. Kotoran yang menempel di wajah akan sangat berbahaya jika sampai menyumbat pori, apalagi bercampur dengan minyak wajah. Tidak lama lagi jerawat batu pasti akan muncul di wajah.

2. Pilih Produk Pembersih yang Tepat

Memilih produk pembersih yang tepat juga menjadi cara mengatasi wajah berminyak dan berjerawat. Pilih produk pembersih untuk kulit berjerawat dan berminyak karena bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak di wajah. Produk untuk kulit berminyak biasanya mengandung ekstrak lemon, jeruk nipis, atau mentimun sehingga tidak menambah minyak di wajah semakin banyak.

3. Menggunakan Toner

Bagi pemilik kulit berminyak dan berjerawat, toner adalah cara mengecilkan pori pori wajah akibat jerawat yang ampuh. Kandungan di dalam toner akan mengembalikan keseimbangan pH alami wajah dan membuatnya tetap lembab tanpa berminyak. Gunakan toner setiap kali selesai mencuci wajah dengan sabun muka.

4. Gunakan Pelembab yang Tepat

Kulit berminyak memang memiliki minyak wajah yang bisa berfungsi sebagai pelembab alami. Namun bukan berarti Anda tidak perlu memakai pelembab lagi. Pelembab akan memberikan nutrisi pada kulit dan membuatnya menjadi lebih sehat. Pilih pelembab yang oil free dan non comedogenic agar tidak semakin menyumbat pori dan menyebabkan munculnya jerawat.

5. Pakai Krim Malam dengan Retinol

Krim malam adalah senjata ampuh para wanita mendapatkan kulit sehat dan cerah. Pilih krim malam yang memiliki kandungan retinol untuk kulit berminyak dan berjerawat Anda. Retinol adalah senyawa turunan vitamin A yang punya banyak manfaat. Antara lain adalah mengecilkan pori pori kulit, mengurangi produksi minyak di wajah, mengurangi kerut halus, mencerahkan dan menghaluskan kulit.

6. Ganti Handuk Wajah Setiap Hari

Buat Anda yang berjerawat, sebaiknya ganti handuk wajah setiap hari. Bakteri dan kuman yang ada di handuk yang lama akan berpindah dan menempel di kulit wajah Anda. Membuat jerawat di wajah semakin merajalela. Tetapi mengganti handuk setiap hari mungkin sedikit merepotkan. Sebagai gantinya, pakai tisu sekali buang atau biarkan air bilasan setelah cuci muka mengering dengan sendirinya.

7. Perbanyak Buah dan Sayur

Berbicara tentang makanan pencegah jerawat, tentu konsumsi buah dan sayur harus diperhatikan. Buah dan sayur kaya akan serat yang baik untuk menjaga kesehatan, terutama kesehatan kulit. Berbagai kandungan di dalamnya seperti vitamin dan mineral juga sangat dibutuhkan kulit untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya.

Sponsors Link

8. Hindari Gorengan

Jika ada makanan yang mencegah jerawat tentu ada pula makanan penyebab jerawat yang harus dihindari. Terutama adalah gorengan dan makanan berlemak lainnya. Gorengan memiliki kandungan minyak yang sangat besar sehingga memicu peningkatan produksi minyak di wajah. Sehingga wajah yang sudah berminyak akan semakin berminyak, kusam, dan banyak jerawat.

9. Tidur yang Cukup

Kalau Anda belum tahu begadang penyebab jerawat, maka hentikan kebiasaan tersebut mulai dari sekarang. Tidur hingga larut malam adalah kebiasaan yang sangat tidak sehat untuk kulit. Saat malam hari adalah waktu kulit untuk melakukan regenerasi. Begadang akan menghambat proses regenerasi tersebut dan menyebabkan hormon di dalam tubuh menjadi tidak seimbang.

10. Perbanyak Minum Air Putih

Manfaat air putih memang tidak perlu diragukan lagi. Air putih membantu mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh, termasuk jerawat. Minum air putih yang cukup membuat kulit lebih sehat dan lembab alami. Sesuai jumlah yang disarankan, minum air putih minimal 2 liter per hari. Anda juga bisa mengganti air putih dengan air kangen untuk mendapatkan manfaat air kangen untuk jerawat.

11. Pakai Sunblock

Paparan sinar UV adalah yang paling berbahaya untuk kulit. Tidak hanya membuat wajah kusam dan berjerawat, sinar matahari bahkan bisa menyebabkan kanker kulit. Memakai sunblock atau tabir surya sangat penting untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Terlalu sering terpapar sinar matahari secara langsung adalah penyebab beruntusan di dahi yang harus dihindari.

Sponsors Link

12. Jangan Menyentuh Wajah dengan Tangan

Ini dia kebiasaan penyebab jerawat yang paling sering dilakukan, terutama oleh wanita. Anda pasti senang duduk dengan menopang dagu, atau menyentuh wajah secara tidak sadar. Padahal ini harus dihindari. Tangan kita adalah sumber dari semua kotoran dan bakteri dan berasal dari berbagai tempat. Jangan menyentuh wajah dengan tangan agar kotoran tidak menempel di kulit wajah Anda.

13. Sering Mengganti Sarung Bantal

Kebersihan sarung bantal juga harus dijaga sebagai cara mengatasi kulit berminyak dan berjerawat. Kotoran yang menempel di sarung bantal akan menjadi penyebab jerawat di pipi dekat telinga sering tumbuh. Kita tidak tahu seberapa banyak bakteri dan kotoran yang menempel di sarung bantal. Sekalipun sarung bantal itu Anda pakai sendiri, ganti sarung bantal minimal seminggu sekali agar kebersihannya tetap terjaga.

14. Jaga Kebersihan Rambut

Jerawat dan minyak di wajah kadang tidak disebabkan oleh kondisi kulit wajah kita sendiri, tetapi karena penyebab yang lain. Rambut yang tidak dijaga kebersihannya, cenderung berminyak dan dipenuhi debu bisa memicu jerawat. Saat rambut menempel di wajah, kotoran daru rambut akan ikut menempel juga. Cuci rambut 2 hari sekali untuk memastikan kebersihannya terjaga, jadi tidak memicu munculnya jerawat di wajah.

15. Kurangi Penggunaan Handphone

Semua orang pasti suka bermain dengan handphone, bahkan bertelepon selama berjam jam tanpa capek. Kebiasaan buruk ini bisa menimbulkan jerawat di wajah dengan sangat mudah. Di layar handphone, sama seperti tangan kita, banyak terdapat bakteri dan kuman yang tidak terlihat. Terlalu lama bertelepon dengan handphone akan menumpuk kotoran di wajah yang berasal dari layar handphone yang kita pakai. Kurangi penggunaan handphone sebisa mungkin, terutama bagi Anda yang hobi bertelepon terlalu lama.

Itulah cara mengatasi wajah berminyak dan berjerawat dengan menerapkan pola hidup yang tepat. Wajah berminyak memang tidak bisa semudah itu lepas dari bayang bayang jerawat. Namun jika tahu bagaimana cara yang tepat untuk merawatnya, resiko terkena jerawat bis ditekan seminimal mungkin.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan