Sponsors Link

9 Cara Mengatasi Purging Jerawat dengan Mudah

Sponsors Link

Satu lagi masalah jerawat yang dapat menimbulkan dampak psikologis akibat jerawat, yaitu masalah purging jerawat. Banyak orang yang khawatir bahkan panik ketika mengalami purging jerawat, bahkan kemudian beranggapan bahwa produk yang digunakan tidak cocok dengan kulit. Segala sesuatu tentang jerawat memang perlu pemahaman serta penanganan yang lebih, karena ketika salah mengartikan kondisi jerawat pada kulit maka dapat mengakibatkan pula salah penanganan dan pengobatan. Kondisi tersebut yang justru dapat membuat jerawat di kulit menjadi semakin parah. Oleh sebab itu, dalam kesempatan kali ini akan dibahas mengenai cara mengatasi purging jerawat, namun sebelumnya perlu dibahas terlebih dahulu apa yang sebenarnya di maksud dengan purging jerawat.

Sponsors Link

Purging Jerawat

Purging merupakan suatu istilah yang mengarah pada proses detoksifikasi yang bertujuan untuk mengeluarkan segala macam racun dalam kulit melalui keadaan kulit yang memburuk. Pada kasus yang umum, biasanya purging terjadi ketika seseorang berganti produk perawatan kulit dari produk satu ke produk yang lainnya. Selain itu, purging juga disebabkan karena adanya penggunaan obat berbahan kimia pada kulit, atau juga produk yang mengandung benzoil peroksida, retinoid, asam salisilat, AHA atau Alpha Hydroxy Acid, dan lain sebagainya. Proses purging sendiri biasanya akan memerlukan waktu kurang lebih 6 minggu, atau tergantung pada kondisi dan sifat kulit masing-masing.

Mengapa proses purging dikenal sebagai pruging jerawat, karena proses ini ditandai dengan munculnya jerawat kecil-kecil dalam jumlah yang banyak dan sering memerah, kulit wajah yang terkelupas, pori-pori membesar, hingga wajah yang terlihat kusam. Oleh sebab itu, banyak orang yang terkadang salah mengartikan kondisi kulit yang dialaminya. Ketika proses purging berlangsung setelah penggunaan produk baru, justru akan beranggapan bahwa anda tidak cocok dengan produk tersebut. Padahal proses purging ini juga penting dan baik adanya, agar racun, kotoran, minyak berlebih, hingga tumpukan sel mati dapat terangkat dari kulit, sehingga kulit wajah dapat kembali bersih. Walaupun begitu, tetap diperlukan cara mengatasi purging jerawat yang benar agar tidak menyebabkan masalah yang lebih serius, seperti iritasi pada kulit dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Purging Jerawat

Setelah mengetahui apa yang sebenarnya di maksud dengan purging jerawat beserta ciri-ciri purging jerawat, berikut ini ada beberapa cara mengatasi purging jerawat yang wajib anda perhatikan. Beberapa diantaranya seperti:

  1. Hindari Menggunakan Sabun Wajah yang Keras

Cara mengatasi purging jerawat yang pertama adalah anda perlu menghindari penggunaan sabun wajah yang keras, hal ini dimaksudkan untuk mengurangi atau mencegah kulit wajah semakin kering. Terutama hindari penggunaan sabun wajah yang mengandung bahan detergen atau asam salisilat, karena kedua bahan tersebut dapat membuat kulit semakin kering.

  1. Jangan Melakukan Eksfoliasi

Ketika anda mengalami masalah purging jerawat, maka anda wajib menghindari melakukan eksfoliasi atau scrubbing. Jangan menggunakan scrub atau bahan-bahan yang dapat memicu terkelupas nya kulit, karena kondisi ini justru dapat memperparah kondisi purging jerawat yang anda alami.

  1. Gunakan Pelembab yang Ringan

Cara mengatasi purging jerawat selanjutnya adalah anda dapat menggunakan pelembab yang ringan, dan hindari penggunaan pelembab yang mengandung bahan aktif terlalu banyak atau juga yang mengandung bahan-bahan pemutih kulit.

  1. Perlakukan Wajah dengan Lembut

Kondisi purging jerawat biasanya sudah terlihat kasar di kulit, sehingga perlu perlakukan yang khusus dan lembut pada wajah. Hindari menggosok atau mengeringkan wajah dengan menggunakan handuk, gunakan lah sesuatu yang lembut seperti tisu untuk mengeringkan atau mengusap wajah.

  1. Hindari Paparan Sinar Matahari

Menghindari paparan sinar matahari juga merupakan cara mengatasi purging jerawat yang perlu dilakukan, hal ini karena ketika kulit wajah terkena paparan sinar matahari berlebih maka kulit akan semakin kering dan kusam. Belum lagi paparan sinar matahari dapat memicu produksi keringat berlebih yang dapat memperparah purging jerawat.

  1. Hindari Strees

Ketika anda mengalami purging jerawat memang tidak dapat dipungkiri bahwa stress akan lebih mudah anda alami karena malu atau tidak percaya diri dengan kondisi kulit wajah anda. Walaupun begitu, tetap perlu bagi anda untuk menghindari stress karena dapat memicu kondisi hormon penyebab jerawat tidak stabil didalam tubuh, yang nantinya justru dapat memicu timbulnya jerawat lebih banyak lagi.

  1. Atur Pola Penggunaan Produk

Purging jerawat memang dapat terjadi karena adanya perpindahan penggunaan produk yang berbeda, oleh sebab itu anda dapat mengatasi purging jerawat dengan mengatur pola penggunaan produk tersebut.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih memang memiliki banyak manfaat bagi kondisi tubuh, seperti dapat melembabkan kulit dan menjaga kesehatan kulit dan tubuh. Oleh sebab itu, memperbanyak minum air putih dapat membantu proses mengatasi purging jerawat.

  1. Konsultasi Dokter

Cara mengatasi purging jerawat yang terakhir adalah dengan melakukan konsultasi dengan dokter, sehingga dapat mendapatkan penanganan yang lebih tepat hingga purging jerawat juga dapat lebih cepat hilang.

Itulah beberapa cara mengatasi purging jerawat yang perlu anda perhatikan, semoga dapat bermanfaat.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.